Mengenal Jenis Freon AC Mobil Yang Penting pada Sistem Pendinginan Kabin Mobil

16/07/2018

Mempunyai sebuah kendaraan roda 4 tentunya suatu kebanggaan tersendiri. Dengan begitu saat bepergian bersama keluarga akan lebih menyenangkan. Salah satu pendukung kenyamanan dalam perjalanan adalah AC Mobil, apalagi saat musim panas yang kerap membuat gerah sekujur tubuh. Oleh sebab itu penggunaan AC yang maksimal sangat diperlukan. Dalam hal ini terdapat freon AC Mobil yang juga memiliki peran dalam kinerja sistem pendingin tersebut.

AC membutuhkan bantuan freon dalam melakukan pendinginan kabin Mobil. Terdapat perbedaan mengenai freon pada AC Mobil dan juga AC rumah. Seperti yang dikatakan oleh Iyen Santoso yang merupakan pemilik Sejuk Abadi, Jl. Raya Ragunan, Jakarta Selatan.

"Jenis freon AC mobil beda dengan AC rumah, AC mobil cuma 1 jenis freonnya yaitu R134a atau HFC134," jelas Iyen Santoso.

Bahkan ada beberapa Mobil yang menggunakan jenis freon AC Mobil yang berbeda. Seperti misalnya pada Mobil keluaran tahun 1994, yang mana untuk jenisnya menggunakan R134a. Sedangkan Mobil keluaran dibawah tahun 1994 mesin jenis freon yang digunakan adalah R12. Namun untuk saat ini jenis R12 sudah tidak diproduksi lagi karena telah diberhentikan.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang freon ac dalam tabung warna putih sedang diisikan

Freon sangat dibutuhkan dalam melakukan pendinginan pada kabin Mobil

Adapun alasan mengapa freon AC Mobil jenis R12 diberhentikan karena terdapat kandungan zat HFC. Yang mana zat tersebut dapat berakibat pada lapisan ozon di bumi menjadi rusak.

Apabila ingin melihat jenis freon dapat dilakukan dengan melihat dinding pada ruang mesin, yang mana jenis tersebut sesuai standar pabrikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate info tentang konsultan Mobil Toyota Lainnya

"Namun, di pasaran banyak yang jual bermacam-macam freon R134a dengan kandungan yang belum jelas atau murni," tambah Iyen Santoso.

Untuk freon R134a mempunyai keunggulan yang tentunya menguntungkan pengendara. Jadi untuk freon jenis ini 100 persen murni dengan tidak adanya bahan campuran lain sehingga dapat memberikan pendinginan yang bagus di dalam kabin Mobil.

Akan tetapi jika bicara soal harga memang lebih mahal.

"Harga untuk 1 tabung freon murni atau R134a dikisaran Rp 1,9 juta, mahal karena kandungannya yang murni dan sangat bagus itu," lanjut Iyen.

>>> Baca juga, Cara Mudah untuk Perbaikan dan Merawat Sistem Pendingin Mobil yang diulas oleh Cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan Freon ac jens R-134a dengan tutup biru dan terdapat selang pengisian

Freon ini sebagai cairan utama pada sistem AC yang dapat mengubah gas melalui evaporator

Pada saat Mobil dilakukan servis AC, maka freon merupakan salah satu bagian yang tidak akan luput dari perhatian. Dalam memilih bengkel servis sebaiknya melakukan pemilihan yang tepat. Seperti yang dikatakan oleh Ferry dari Rotary Bintaro Auto Air Conditioning Specialist, Bintaro, Tangerang Selatan.

“Ketika servis AC, sebaiknya pilih bengkel spesialis yang benar-benar kompeten,” ujar Ferry.

Tujuan pemilihan bengkel yang tepat adalah untuk mendapatkan hasil yang optimal. Mengingat AC yang kelebihan freon dapat menjadikan kerusakan pada kompresor. Sedangkan jika kurang atau terlalu sedikit, maka menjadikan lebih kerasnya kompresor dalam melakukan kerjanya saat memompa freon.

Dalam melakukan pengecekan jumlah freon bisa dilakukan dengan cara mengintip pada bagian kaca saluran tekanan tinggi yang letaknya di atas dryer. “Saat AC dihidupkan, buih freon harus terlihat mengalir, dan saat putaran mesin naik hingga 2.000 rpm buih seharusnya menghilang,” jelas Rudy.

Akan tetapi apabila saat buih ternyata masih ada, maka hal tersebut menandakan bahwa freon AC Mobil berkurang. “Selain itu, cara paling tepat melihat jumlah freon dengan melihat tekanan pada saluran AC menggunakan alat pengukur tekanan khusus,” tutur Ferry.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Perawatan Ringan Toyota Yaris Yang Dapat Dilakukan Dengan Mudah

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tabung freon yang sedang diisikan pada kendaraan

Jika kehabisan freon maka ada kebocoran pada bagian pipa saluran, evaporator atau juga kompresor

Apabila tidak ingin repot dalam masalah tersebut, bisa membawanya ke bengkel AC Mobil terpercaya atau langganan. Karena apabila freon pada AC kehabisan bisa jadi ada kebocoran pada sistem pendingin pada kendaraan kesayangan. Yang mana seperti kebocoran pada pipa saluran, evaporator atau juga kompresor.

“Sebaiknya, kebocoran tersebut sudah diketahui dan diperbaiki lebih dahulu sebelum melakukan pengisian ulang Freon,” saran Ferry.

Oleh sebab itu jangan lupa melakukan servis pada AC Mobil agar kondisinya tetap terjaga dan freon AC Mobil dapat diganti dengan semestinya dan sesuai dengan takeran.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli Cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Abdul

    Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah mobil edisi terbatas pada 9 April 2021. Dimana kehadirannya untuk merayakan Toyota Indonesia yang sudah setengah abad. Melihat usianya tersebut, mobil Toyota Kijang Innova Limited Edition hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja.

  • Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Abdul

    Toyota Agya masuk dalam segmen Hatchback LCGC. Dimana mobil ini terbilang cukup banyak peminat dan siap digunakan untuk menemani aktivitas keseharian bersama keluarga tercinta. Memang kapasitasnya hanya untuk 5 orang penumpang saja, sehingga ditujukan untuk keluarga dengan anggota 5 orang ke bawah. Disamping hal tersebut, perawatan juga diperlukan seperti mengganti oli mesin Toyota Agya.

  • Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Abdul

    Tukar tambah dikenal juga dengan nama trade-in. Dimana hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan mobil baru dengan melepas mobil lama yang dimiliki. Di Auto2000 juga terdapat layanan tersebut, sehingga bagi konsumen mobil Toyota bisa mempunyai mobil lama dengan menukar mobil lama yang dimiliki. Apalagi terdapat keuntungan tukar tambah melalui Auto2000 Digiroom.

International