Mengenal Fitur ISC Pada Mobil Toyota Dan Fungsinya

05/03/2021

Semakin kesini zaman terus berkembang dan juga tambah canggih. Sistem yang digunakan sudah Electronik Fuel Injection yang mengandalkan Idle Speed Control atau dikenal dengan Sistem ISC pada mobil Toyota. Fitur ini mempunyai peranan yang besar pada kendaraan.

Sistem ISC pada mobil Toyota merupakan pengatur elektronik yang ditujukan supaya RPM idle dapat ditentukan atau langsam. Selain itu, peranannya juga cukup besar pada mesin kendaraan. Berikut informasi terkait ISC pada kendaraan.

Pengertian Mengenai ISC

ISC ( Idle Speed Control) merupakan sebuah rangkaian elektronik yang mempunyai tanggung jawab terhadap jumlah udara yang diatur melewati idle port pada saat katup gas dalam kondisi tertutup. Untuk penggunaan sistem ini diperuntukkan pada mobil yang menggunakan mesin EFI. Yang mana untuk produk Toyota diberikan pada Toyota Yaris dan Innova. Untuk sistem ini merupakan pengganti dari sekrup idle speed yang diberikan pada mobil zaman dahulu yang pengaturannya masih mengandalkan manual. Jadi pengaturan idle mesin tidak perlu diatur lagi.

Gambar ini menunjukkan komponen ISC pada mobil

Sistem ISC merupakan bagian penting pada mesin dengan teknologi EFI

>>> Toyota Rush Terbaru Punya Tombol Fitur TRC Off, Ini Fungsi Dan Penggunaannya

Sistem ISC mempunyai valve atau katup yang memiliki tanggung jawab dalam menutup dan membuka saluran idle. Hal tersebut bertujuan supaya udara yang masuk menuju ke bagian intake bisa dilakukan pengontrolan untuk jumlahnya. Jadi ECU mengatur kinerja sistem ISC dengan perhitungan sistematis yang dilakukan yang melalui sensor-sensor yang berhubungan dengan sistem tersebut. Dengan begitu untuk pembukaan katup ISC merupakan sesuatu yang dapat diprediksi, mengingat kinerjanya mengandalkan ECU dalam melakukan perhitungan.

Fungsi SIstem ISC Pada Mobil Toyota

Berbicara tentang ISC terdapat beberapa fungsi pada bagian mesin. Adapun fungsinya yaitu untuk mengatur udara yang menuju ke bagian intake manifold berhubungan dengan jumlahnya. Hal tersebut dilakukan pada saat katup throttle menutup atau pedal gas sedang tidak ditekan. Fungsi selanjutnya adalah untuk mengatur kecepatan langsam pada mesin mobil ketika AC sedang hidup dan juga ketika sedang mati.

Masih ada fungsi lain dari ISC yakni pengaturan bagian idle up mesin mobil yang mempunyai hubungan secara langsung pada kestabilan. Jika salah dalam mengaturnya maka getaran akan terjadi pada mesin mobil karena beban yang bertambah. Selanjutnya, pada saat beban elektrik bertambah maka putaran mesin akan ditingkatkan oleh ISC.

Adapun contohnya dalam hal ini adalah pada saat menyalakan lampu sorot atau menyalakan kaca pemanas. Sementara fungsinya yang terakhir adalah mempengaruhi putaran mesin dalam bekerja lambat ataupun cepat. Untuk contohnya yaitu putaran mesin meningkat pada saat katup ISC terbuka yang diperintah oleh ECU. Jadi pada saat mesin dingin maka kondisi tersebut akan terjadi.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan Toyota Yaris tampak samping dan belakang

Mobil toyota yang menggunakan ISC adalah Innova dan Yaris

>>> Baca Juga, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Toyota Yaris Bekas

Beberapa Komponen Pada Sistem ISC Pada Mobil Toyota

ISC sendiri mempunyai bentuk yang tergolong kecil. Meskipun begitu, terdapat banyak sensor yang diberikan di dalamnya. Jika dilakukan pembongkaran maka akan terdapat beberapa komponen di bawah ini:

1. ISC Valve, yang merupakan aktuator dengan tugas untuk membuka serta menutup saluran idle dengan mengandalkan perintah dari ECU setelah melakukan perhitungan.

2. Idle Air Controller, merupakan sebuah komponen yang mempunyai fungsi untuk mengontrol perhitungan yang dilakukan oleh beragam data sensor.

3. AC Refrigerant Pressure Sensor, merupakan sebuah sensor yang bertugas dalam melakukan pengukuran tekanan pada freon AC sehingga mesin tetap dalam kondisi hidup walaupun terdapat beban yang berasal dari kompresor.

4. ECT Sensor, merupakan sebuah bagian yang bisa mendeteksi suhu air pada mesin pendingin supaya diketahui tingkat derajat yang dimiliki.

5. Barometric Pressure Sensor, merupakan sebuah kompoenen yang bertugas untuk mengetahui tekanan udara yang terdapat pada suhu dan juga ketinggian mobil.

6. TPS Sensor, merupakan sebuah sensor yang bertugas untuk mengetahui posisi dari katup gas sehingga sudut pembukaan bisa ditentukan.

7. CKP Sensor, merupakan bagian dari ISC yang mempunyai tugas sebagai pengukur RPM pada mesin mobil. Untuk info yang didapatkan bisa menjadi feedback dari ISC saat melakukan kinerjanya.

8. MAF Sensor, merupakan sebuah komponen yang bertugas untuk mengirimkan data massa udara yang disesuaikan dengan aliran yang sedang terjadi.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen pada Sistem ISC

Terdapat beragam komponen pada ISC

Jadi fungsi sistem ISC pada mobil Toyota sangatlah penting. Sehingga bila kondisinya tidak prima maka kinerja mesin juga akan terganggu. Biasanya saat bagian ini mengalami masalah maka putaran RPM tidak akan stabil atau naik turun. Contohnya adalah RPM yang turun ketika mobil sedang melaju dengan pelan atau ketika putaran idling mesin mobil tiba-tiba mati.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International