Mengenal Fitur Downhill Assist Control Mobil Toyota, Libas Turunan Dengan Nyaman

08/03/2021

Toyota mempunyai fitur menarik pada produknya yakni Downhill Assist Control atau DAC. Fitur ini memiliki peranan besar untuk membantu dalam mengendalikan laju dari sebuah mobil. Untuk fitur ini biasanya diberikan pada mobil SUV yang kerap melintasi jalanan yang cukup menantang seperti turunan di jalur perbukitan.

Salah satu segmen yang perlu memiliki kapabilitas memadai adalah SUV. Hal tersebut juga ditujukan pada saat digunakan untuk melaju di jalur perbukitan yang menurun. Untuk fitur yang bisa mendukung hal tersebut adalah Downhill Assist Control. Salah satu mobil yang mempunyai fitur tersebut adalah Toyota Land Cruiser.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota putih melewati jalanan menurun

Fitur DAC melintasi jalanan menurun jadi lebih mudah

>>> Baca Juga, Mengenal Fitur ISC Pada Mobil Toyota Dan Fungsinya

Fitur Downhill Assist Control Pada Mobil Toyota

Bagi para petualang yang kerap melintasi jalur perbukitan bisa lebih tenang. Hal tersebut karena pemberian fitur DAC di dalamnya. Untuk tugas yang dilakukan sebenarnya sangat sederhana namun terbilang cukup efektif. Jadi pada kecepatan tertentu akan dikunci sehingga walaupun pedal rem tidak tekan mobil tidak akan meluncur.

Dengan kecepatan yang telah ditentukan mobil tidak akan meluncur meskipun jalanan yang dilewati kondisi jalanannya juga curam. Oleh sebab itu pengemudi hanya perlu fokus dalam mencari trek aman dengan mengendalikan kemudi mobil.

Soal kinerja dari fitur DAC mendapatkan bantuan dari rem ABS, kontrol traksi dan kontrol stabilitas. Jadi pada saat melintasi medan yang terjal maka tidak akan meluncur karena secara otomatis kecepatan kendaraan akan diatur pada kecepatan tertentu.

Jadi pada saat ban menggelinding dengan dalam kondisi bebas maka informasi akan diberikan oleh sensor kepada sistem pengereman. Dengan begitu tekanan akan diberikan oleh sistem pengereman supaya laju ban dikurangi. Kontrol traksi dan sensor ABS dilibatkan dalam pengaturan kecepatan kendaraan yang dilakukan simultan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan tombol untuk aktifkan fitur DAC dan tombol lainnya pada mobil

Fitur DAC bisa diaktifkan dan nonaktifkan

>>> Toyota Rush Terbaru Punya Tombol Fitur TRC Off, Ini Fungsi Dan Penggunaannya

Perlu diketahui, bahwa pada fitur DAC ini untuk yang paling sederhana hanya bisa membuat laju kendaraan tetap terjaga pada kecepatan tertentu saja, contohnya adalah 10 km per jam. Sementara itu, untuk fitur DAC yang lebih canggih diberikan pilihan kecepatan atau mode. Dengan begitu maka memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan dengan lintasan jalan yang dilewati melalui pemilihan mode.

Kelebihan Fitur Downhill Assist Control

Fitur DAC dapat memberikan efek seperti pada mobil manual saat berada di gigi transmisi 1. Memang untuk target dari pemberian fitur ini adalah daya cengkeram mobil tidak hilang dan untuk memastikan bahwa kendaraan tidak akan tergelincir saat berada di jalan. Keuntungan yang didapatkan adalah pengendara tidak perlu repot untuk menginjak pedal gas karena kecepatan mobil sudah otomatis. Ketika melintasi turunan maka otomatis dapat merayap turun sehingga traksi tidak hilang dan pengendalian mobil jadi lebih mudah.

Kelebihan lain yang dimiliki fitur DAC adalah kecepatan mobil akan tetap dipertahankan secara konstan walaupun terdapat gravitasi yang menyebabkan gaya dorong. Dengan begitu saat melewati jalanan dengan kemiringan yang berubah kecepatannya akan bertahan. Namun disarankan untuk tetap berada pada pedal rem kaki si pengemudi. Hal tersebut disebabkan fitur modern ini hanya ditujukan untuk membuat kecepatan tetap bertahan bukan untuk menghentikan kendaraan.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan penggunaan fitur DAC dan tidak

Kecepatan akan konstan sesuai yang ditentukan pabrikan saat fitur DAC diaktifkan

Jadi saat ingin berhenti maka pengemudi perlu menginjak pedal rem. Fitur Downhill Assist Control tidak hanya dapat dipakai di medan offroad saja. Namun saat melintasi turunan bisa mengandalkan fitur ini. Apalagi fitur DAC bisa dilakukan pengaktifan dan mematikannya hanya dengan menekan tombol saja. Sangat mudah bukan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Abdul

    Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah mobil edisi terbatas pada 9 April 2021. Dimana kehadirannya untuk merayakan Toyota Indonesia yang sudah setengah abad. Melihat usianya tersebut, mobil Toyota Kijang Innova Limited Edition hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja.

  • Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Abdul

    Toyota Agya masuk dalam segmen Hatchback LCGC. Dimana mobil ini terbilang cukup banyak peminat dan siap digunakan untuk menemani aktivitas keseharian bersama keluarga tercinta. Memang kapasitasnya hanya untuk 5 orang penumpang saja, sehingga ditujukan untuk keluarga dengan anggota 5 orang ke bawah. Disamping hal tersebut, perawatan juga diperlukan seperti mengganti oli mesin Toyota Agya.

  • Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Abdul

    Tukar tambah dikenal juga dengan nama trade-in. Dimana hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan mobil baru dengan melepas mobil lama yang dimiliki. Di Auto2000 juga terdapat layanan tersebut, sehingga bagi konsumen mobil Toyota bisa mempunyai mobil lama dengan menukar mobil lama yang dimiliki. Apalagi terdapat keuntungan tukar tambah melalui Auto2000 Digiroom.

International