Mengenal Cara Kerja Dan Fungsi Evaporator AC Mobil Toyota

27/04/2021

Evaporator AC mobil Toyota merupakan salah satu bagian penting pada AC mobil. Dimana untuk letaknya berada diantara kompresor AC dan katup ekspansi. Nantinya freon yang sudah dikabutkan akan menuju ke bagian evaporator pada AC. Lantas apa fungsi dan bagaimana cara kerjanya?

Jadi dalam AC terdapat beragam komponen yang saling mendukung kinerjanya sehingga bisa memberikan kenyamanan selama di dalam kabin mobil Toyota. Pastinya semuanya sudah tahu bahwa saat ini AC mobil menjadi fitur standar kendaraan. Untuk evaporator AC mobil Toyota merupakan kebalikan dari kondensor. Dimana fungsinya adalah untuk menyerap panas dari udara kemudian akan disalurkan ke bagian freon.

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil di bagian atap

AC mobil menjadi fitur standar dalam mobil

Adapun penjelasan mudahnya adalah panas yang dibawa oleh udara akan diserap evaporator. Setelah melewatinya akan berubah menjadi dingin, yang mana dalam hal ini mengandalkan blower supaya udara bisa berhembus ke bagian evaporator.

>>> Baca Juga, Mengenal Jenis Freon AC Mobil Yang Penting pada Sistem Pendinginan Kabin Mobil

Cara Kerja Evaporator AC Mobil Toyota

Saatnya membahas mengenai cara kerjanya, dimana untuk bahan yang digunakan untuk komponen ini umumnya adalah alumunium. Bahkan pada beberapa tipe yang dilihat dari konstruksinya juga ada beberapa yakni tipe drawn cup, serpentine fin dan plate fin. Tidak dipungkiri bahwa konstruksinya sederhana, walaupun begitu pada AC mempunyai peranan yang penting.

Gambar ini menunjukkan kondensor AC mobil kotor

Evaporator AC mengalami gangguan bisa membuat AC bermasalah

Adapun jumlah panas pada udara yang dilakukan pembuangan oleh kondensor AC mobil akan sama dengan evaporator yang menyerap udara. Nah apabila tidak sama antara keduanya maka menunjukkan bahwa ada gangguan pada AC mobil Toyota. Untuk peletakkan evaporator pada AC mobil yaitu saat operasi suhu rendah sehingga fin evaporator sering mengalami pembekuan.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Nantinya udara hangat akan menyentuh bagian sirip evaporator kemudian akan berubah menjadi dingin mencapai di bawah temperatur pengembunan. Nah udara akan membawa uap air yang akan mengalami pengembunan dan akhirnya di bagian evaporator akan menempel. Ketika temperatur sirip evaporator di bawah 0 derajat celcius maka akan terjadi perubahan menjadi es untuk embun yang tertempel pada bagian tersebut.

Gambar ini menunjukkan kondensr AC mobil

Udara yang diserap evaporator sama dengan udara yang dihembuskan kondensor

Terjadinya Gangguan Pada Evaporator AC Mobil

Jadi terjadinya gangguan pada evaporator AC mobil Toyota ini dikarenakan proses pemindahan panas yang menuju ke evaporator dari udara terganggu karena siripnya terdapat es. Selain itu, masalah lainnya adalah sirip evaporator yang kotor dan membuat terjadinya gangguan pada aliran udara yang menjadikan tidak optimalnya sistem pendingin. Tidak hanya itu saja, udara yang melewatinya bisa menjadi bau dan mengganggu kenyamanan di dalam kabin mobil.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Fungsi Dan Penggunaan Tombol Perseneling Mobil Matic

    Abdul

    Mobil transmisi otomatis mempunyai banyak penggemar karena kemudahan yang ditawarkan. Dimana dalam perpindahan transmisi tidak perlu menggunakan pedal kopling dan juga hal lainnya. Bila dibandingkan dengan transmisi manual tentunya terdapat perbedaan dalam pengoperasian. Pada mobil transmisi otomatis terdapat tombol perseneling mobil matic yang tentunya mempunyai fungsi sendiri pada kendaraan.

  • Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Beberapa Keuntungan Mobil Kapasitas Kecil Menggunakan Mesin Turbo Mini

    Abdul

    Pada sejumlah kendaraan akan ditemui mesin turbo mini. Jadi untuk saat ini mesin turbo tidak hanya ditujukan untuk kendaraan dengan mobil yang memiliki kapasitas besar ataupun performa tinggi. Dengan menggunakan perangkat turbo dapat membuat efisiensi bahan bakar bisa meningkat dan performanya disetarakan.

  • Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota

    Abdul

    Mobil SUV siap menerjang segala medan dengan membawa kesan gagah dan juga tangguh. Selain itu, penggunaan transmisi CVT menjadi keuntungan tersendiri yang dirasakan oleh pemiliknya. Jadi terdapat beberapa Kelebihan Transmisi CVT Di Mobil SUV Toyota yang bisa didapatkan.

International