Mengenal Beberapa Jenis Valve Pada Mesin Mobil

12/07/2021

Mobil memiliki mesin yang bertugas untuk mendukung kinerjanya supaya bisa berjalan dan mengantarkan pemiliknya ke tempat tujuan. Di dalam mesin terdapat sistem perpipaan yang berguna sebagai penampung aliran fluida. Oleh sebab itulah di dalam mesin mobil diterapkan valve. Terdapat beberapa jenis valve pada mesin mobil dengan prosedurnya sendiri-sendiri.

Apa Fungsi Valve Pada Mesin Mobil

Valve atau katup terdapat di bagian mesin mobil yang mempunyai fungsi untuk mengatur aliran fluida. Tugas dari mekanisme valve adalah untuk mengatur waktu buka dan tutup valve supaya bisa sesuai dengan kebutuhan. Silinder menjadi salah satu komponen yang mengandalkan valve. Pada setiap silinder terdapat valve, sehingga aliran fluida dapat dikontrolnya.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota 16 Valve

Terdapat beberapa jenis Valve pada mesin mobil

>>> Lihat Juga, Bagi Yang Belum Paham, Begini Menyambungkan Audio Toyota Raize Dengan Smartphone

Jenis Valve Pada Mesin Mobil

Mobil mempunyai mesin yang memiliki valve beragam, hal tersebut karena setiap komponen di rangkaian mesin memiliki perbedaan fungsi. Berikut ini merupakan beberapa jenis valve yang terbilang umum dipakai pada mesin kendaraan.

1. OHV (Overhead Valve)

Untuk katup OHV umumnya pemasangan dilakukan pada bagian kepala silinder. Kemudian untuk camshaft pemasangannya terdapat di bagian blok silinder mesin. Dari segi prosedur tergolong rumit karena terdapat komponen dalam jumlah banyak dalam proses penggerakan katup.

Jadi ketika telah mencapai camshaft tekanan fluidanya maka komponen akan bergerak sampai ke rocker arm dan menyentuh bagian push rod. Setelah itu valve lifter didorong oleh gerakan push rod sehingga valve akan bergerak membuka.

Gambar ini menunjukkan mesin OHV pada m obil

Mesin OHV memiliki camshaft di blok silinder

>>> Baca Juga, Mudah Dilakukan, Begini Membuka Kap Mesin Toyota Kijang Innova

2. OHC (Overhead Camshaft)

Jenis valve pada mesin mobil lainnya adalah OHC. Posisi camshaft untuk jenis valve ini adalah pada bagian kepala silinder. Pada jenis OHC masih terbagi lagi menjadi 2 jenis yakni DOHC dan SOHC. Pastinya Sobat kerap mendengar tentang 2 istilah tersebut.

SOHC (Single overhead camshaft)

Pada jenis ini menggunakan camshaft tunggal yang pemasangannya diberikan pada kepala silinder. Dimana posisinya terdapat pada sebelah intake valve dan juga exhaust valve. Kemudian pada setiap silinder yang terdapat SOHC mempunyai intake valve yang mempunyai tugas untuk menghisap  bahan bakar dan campuran udara. Setelah dihisap kemudian akan dilanjutkan ke bagian ruang bakar. Sisa pembakaran yang terjadi di ruang bakar yang berupa gas buang akan dikeluarkan dengan mengandalkan exhaust valve.

Gambar ini menunjukkan mesin 3 silinder Toyota Raize

Untuk OHC terdapat SOHC dan DOHC dengan camshaft di kepala silinder

DOHC (Double overhead camshaft)

DOHC mengandalkan 2 buah camshaft yang bertugas untuk dijadikan saluran intake valve dan satunya lagi untuk saluran exhaust valve. Valve yang terdapat pada tiap silinder bisa dilakukan penambahan karena terdapat tambahan camshaft. Hasilnya produksi tenaga di mesin mobil menjadi meningkat karena adanya tambahan tersebut. Oleh sebab itu performa yang dihasilkan oleh mesin jadi lebih baik lagi. Biasanya terdapat 4 buah valve untuk mesin mobil yang memakai DOHC yakni 2 buah exhaust valve dan 2 buah intake valve.

Demikianlah informasi tentang jenis valve pada mesin mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa merawat kondisi mobil tetap baik dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Rekomendasi Mobil Toyota Untuk Wanita Pemula

    Abdul

    Saat ini mobil sudah banyak digunakan untuk menjalankan segala aktivitas keseharian. Selain itu, bagi yang tidak memiliki mobil ketika ingin bepergian cukup jauh maka akan menyewa mobil supaya lebih nyaman. Mobil Toyota sendiri menjadi salah satu kendaraan yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, begitupun oleh para wanita.

  • Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Punya Rp 250 jutaan lebih baik membeli Vios 5 kursi atau Avanza 7 kursi?

    Doris Elisa

    Toyota adalah merek mobil yang tidak asing lagi di pasar otomotif Indonesia. Khususnya dalam kisaran harga Rp 250 jutaan, pengguna dapat memilih satu dari 2 varian dari Toyota itulah Toyota Vios 5 kursi dan Toyota Avanza 7 kursi . Itulah keunggulan yang membuat mereknya bisa pesaing dengan kompetitornya.

  • Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Toyota Yaris Generasi Pertama

    Abdul

    Toyota Yaris diperkenalkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Model tersebut menjadi generasi pertama dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kala itu di Tanah Air, kendaraan dalam segmen yang sama yakni Hatchback didominasi oleh Honda Jazz. Lantas apa kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris generasi pertama.

International