Mengatur Rencana Keuangan, Tips Memasukkan Asuransi Mobil Di Dalamnya

12/03/2020

Kebutuhan sehari-hari kadang menuntut kita untuk mengeluarkan setiap harinya. Hal tersebut terbilang wajar karena memang kebutuhan haruslah didahulukan. Namun yang perlu jadi pertimbangan adalah pengeluaran lain selain kebutuhan ekonomi keluarga. Jadi sebuah keluarga perlu mempunyai rencana keuangan supaya dapat teratur dan cukup untuk semua kebutuhan.

Rencana keuangan perlu dilakukan secara bijaksana. Pada saat semuanya sudah tertata dengan tepat maka kehidupan keseharian terasa damai dan juga lebih tenang. Namun saat dihadapkan dengan rencana baru maka perlu memasukkannya ke dalam rencana supaya ikut terhandle. Dalam hal ini masuk pembahasan yakni memasukkan asuransi mobil.

Gambar ini menunjukkan uang 50 ribuan dan kalkulator serta tangan memegang bolpen

Keuangan  perlu ada rencana agar semuanya dapat berjalan dengan baik

>>> Baca Juga, Beberapa Alasan Mempunyai Asuransi Mobil Bisa Dijadikan Pertimbangan

Salah faktor yang membuat pengaturan keuangan perlu dilakukan adalah kemandirian secara finansial. Sehingga penyusunan soal keuangan perlu dilakukan, begitupun saat memasukkan asuransi mobil ke perencanaan keuangan keluarga atau diri sendiri jika masih single.

Berikut ini merupakan beberapa cara dalam memasukkan asuransi mobil dalam rencana keuangan supaya dapat tertata dengan baik.

1. Membagi Beberapa Pos Keuangan

Pada tahap awal, perencanaan yang bisa dilakukan adalah dengan membagi pengeluaran dan pemasukan dalam beberapa pos. Setelah itu tentukanlah limit pada masing-masing pos dengan tujuan supaya tidak besar pengeluaran daripada pemasukan. Dengan melakukannya juga bisa menjadi gambaran akan kemampuan finansial yang dimiliki.

Selain itu, pengaturan keuangan juga bisa membuat seseorang tepat dalam mengalokasikan jumlah uang yang akan disimpan. Uang simpanan atau tabungan sangat diperlukan untuk menangani kebutuhan mendadak yang bisa saja terjadi tanpa diketahui waktunya.

Setelah itu berlanjut ke level selanjutnya dalam mengatur keuangan yakni menambah beberapa upaya preventif. Tujuannya adalah supaya dapat tercipta kesehatan dalam perputaran uang yang dimiliki.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sebuah nmobil putih di atas tangan

Asuransi kendaraan memberikan perlindungan pada mobil saat terjadi kecelakaan dan lainnya

>>> Baca Juga, Ini Mobil Yang Ditolak Asuransi! Tenang Ada Solusinya

2. Memasukkan Asuransi Mobil Dalam Rencana Keuangan

Asuransi merupakan salah satu hal yang dilakukan untuk melindungi kendaraan jika terjadi masalah di jalan seperti kecelakaan. Dengan mempunyai asuransi maka pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan karena ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Selain itu, asuransi sendiri mulai dinilai merupakan sebuah bentuk upaya preventif yang cukup menguntungkan. Hal tersebut dikarenakan bisa menghindari pengeluaran yang tidak terduga berhubungan dengan kendaraan yang dimiliki. Bahkan saat terjadi masalah bisa menyebabkan seseorang mengeluarkan biaya yang cukup besar sehingga bisa membuat keuangan jadi kacau meskipun sebelumnya telah disusun dengan baik.

Untuk contoh yang dapat diambil adalah terjadi kecelakaan mobil atau dicuri. Apabila melihat dari angka kecelakaan di jalan raya yang cukup tinggi, asuransi menjadi salah satu hal yang sekarang sedang dilirik oleh para pemilik kendaraan. Apalagi kebutuhan mobilitas keseharian yang cukup tinggi.

Selain itu kerugian yang ditanggung saat terjadi kecelakaan di jalan raya terbilang tinggi. Sehingga mengasuransikan mobil menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh pemilik kendaraan. Ditambah lagi adanya benefit tambahan yang ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi yang menguntungkan seperti layanan darurat 24 jam dan lainnya.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang melihat kerusakan pada mobil

Dengan asuransi maka tidak merusak perencanaan keuangan saat mobil bermasalah

Selain itu, saat ini beberapa perusahaan asuransi menawarkan layanan jemput bola, sehingga konsumen akan lebih dimudahkan dalam melakukan pengurusan. Ditambah lagi biaya premi asuransi yang perlu dikeluarkan oleh pemilik hanya setahun sekali. Hasilnya pengeluaran mudah dikontrol dan tidak mengganggu keuangan.

Demikianlah informasi mengenai memasukkan asuransi dalam rencana keuangan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ini Dia Komponen Kaki-Kaki Mobil Toyota Perlu Diperiksa Berkala

    Ini Dia Komponen Kaki-Kaki Mobil Toyota Perlu Diperiksa Berkala

    Abdul

    Mobil terdiri dari banyak komponen yang mempunyai peran masing-masing. Memang semuanya membutuhkan perhatian, namun yang kami bahas kali ini adalah kaki-kaki mobil Toyota. Jadi terdapat beberapa komponen yang perlu diperiksa secara berkala.

  • Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

    Hati-Hati Saat Beli Aki, Berikut Perbedaan Aki Baru Dan Rekondisi

    Abdul

    Aki menjadi salah satu bagian pada mobil yang menjadi sumber kelistrikan. Fungsinya tergolong penting sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Bahkan saat terjadi masalah seperti tekor atau soak maka perlu penggantian. Namun perhatikan saat membeli aki, ketahui perbedaan aki baru dan rekondisi agar tidak tertipu.

  • Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota menjadi salah satu produsen mobil yang cukup ternama di Indonesia. Beragam fitur diberikan pada mobilnya untuk mendukung kenyamanan berkendara. Setiap bagian pada mobil mempunyai fungsi masing-masing. Untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai fungsi kaca spion mobil.

International