Mencuci Kolong Mobil Saat #DiRumahAja, Jangan Lewatkan Bagian-Bagian Ini

19/05/2020

Selama pandemi corona masih berlangsung, masyarakat diminta untuk mengurangi segala aktivitasnya. Selain itu, diharapkan tetap #DiRumahAja untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Salah satu hal yang dapat dilakukan ketika di rumah adalah mencuci kolong mobil.

Kolong mobil adalah bagian bawah kendaraan yang sulit dilihat tanpa usaha, seperti dengan menengok ke bawah mobil. Bagian Ini rawan terkena kotoran sehingga membuat tidak enak dipandang dan juga berpotensi menjadi tempat tumbuh karat. Oleh sebab itu mencuci kolong mobil diperlukan.

Mungkin pada hari biasa bisa membawanya ke  salon mobil dan memakai alat hidrolik sehingga pembersihan dilakukan dengan seksama serta lebih mudah. Namun dalam masa pandemi saat ini, Sobat bisa melakukan pembersihan di rumah untuk mengisi waktu luang.

gambar ini menunjukkan penyemprotan pada bagian kolong mobil

Kolong mobil merupakan bagian yang mudah kotor

>>> Baca Juga, Tips Bersihkan Panel Di Kabin Mobil Bahan Kayu, Logam Dan Plastik

Berikut ini merupakan beberapa bagian yang perlu dibersihkan saat mencuci kolong mobil yang dilansir dari laman resmi Toyota Connect:

1. Spakbor

Ketika melakukan pembersihan kolong mobil jangan lupa untuk melakukan pembersihan bagian spakbor. Memang bagian ini sangat mudah dijangkau, namun kadang malah terlupakan dan kebersihannya kurang diperhatikan. Apabila ada bekas lumpur pada bagian ini bisa dilakukan penyemprotan dengan air bertekanan.

2. Radiator dan Kondensor AC

Pada bagian radiator beserta kondensor AC mobil juga membutuhkan perhatian ketika mencuci bagian bawah mobil. Untuk posisinya dibalik grille depan dan juga bumper. Jika terdapat kotoran pada bagian ini maka bisa membuatnya tampak seperti daun-daun dan berpotensi menjadi sarang serangga.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan pembersihan kolong mobil

Beberapa bagian di sekitar kolong mobil juga perlu dibersihkan

>>> Lihat Juga, Pagi Hari Jangan Lupa Memeriksa Kondisi Kolong Mobil, Ini Alasannya

3. Bumper Depan Dan belakang

Dalam mencuci kolong mobil, bagian bumper tidak boleh ditinggalkan terutama bagian dalam. Memang saat kondisi biasa sulit untuk melakukan pembersihan, namun ketika mobil diangkat maka bisa menjadi satu kesempatan bagian dalam bumper dilakukan pembersihan.

Untuk penyemprotan menggunakan air bertekanan supaya kotoran bisa mudah lepas. Dilanjutkan dengan membersihkan kotoran yang masih membandel dengan menggunakan sikat nilon.

4. Kaki-Kaki Kendaraan

Pada saat masa pandemi virus corona dan tetap #DiRumahAja menjadi kesempatan untuk memanjakan mobilnya. Ketika mencuci bagian kolong kendaraan, maka bisa juga dengan membersihkan bagian kaki-kaki seperti as roda, suspensi dan lengan ayun. Namun untuk membersihkan bagian tersebut sebaiknya menyiapkan tambahan bahan pembersih. Hal tersebut dikarenakan bagian-bagian tersebut biasanya terdapat kotoran yang mempunyai kandungan minyak seperti misalnya oli tercampur dalam kotoran.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan penyemprotan pelek mobil

Pelek dan suspensi serta bagian kaki-kaki lain juga perlu dibersihkan

5. Pelek Mobil

Jangan lupakan bagian pelek mobil, karena bagian ini juga bisa memperkuat tampilan mobil lebih menarik jika dalam kondisi bersih.

Setelah semuanya selesai dibersihkan, maka langkah terakhir dalam mencuci kolong mobil adalah dengan menyemprotkan air bersih guna menjaga karet-karet yang terdapat pada kaki-kaki mobil tetap dalam kondisi yang baik dan dapat bekerja dengan semestinya

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca