Memilih Mobil Bekas Rasa Baru, Apakah Bisa? Begini Tipsnya

04/09/2018

Memiliki sebuah Mobil kadang membuat sebagian orang mengumpulkan uang berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Hal tersebut dikarenakan jika mempunyai kendaraan roda empat tersebut akan terhindar dari sinar matahari langsung dan juga guyuran hujan yang kadang merepotkan. Untuk mendapatkannya bisa memilih Mobil bekas rasa baru.

Kok bisa bro?

Jadi untuk mendapatkan Mobil bekas rasa baru harus jeli dalam melakukan pemilihan. Jangan terburu-buru dan bersabar serta tidak terpaku di satu tempat saja. Berbicara soal harga, tentunya namanya Mobil bekas tidak akan sama seperti barunya.

Dalam memilih Mobil bekas terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan Mobil bekas rasa baru adalah tahun keluaran. Jika ingin mendapatkannya jangan yang memiliki umur tua, namun masih dalam tahun ini ataupun terpaut satu tahun. Biasanya dalam rentan waktu tersebut Mobil masih jreng dan kondisinya terjaga sehingga tunggangannya masih sangat nyaman.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan Mobil bekas dengan tunggangan yang masih nyaman dan terasa seperti Mobil baru.

1. Mencari informasi

Gambar ini menunjukkan 3 orang wanita sedang melakukan pembicaraan dan yang satu duduk di atas meja

Teman dan saudara bisa menjadi ladang informasi saat ingin membeli Mobil bekas

Sebelum memutuskan membeli Mobil sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu informasi mengenai tempat menjual Mobil bekas. Sobat juga bisa melihat di media sosial yang sekarang sudah banyak digunakan sebagai sarana untuk menjual Mobil. Selain itu bisa juga melihat di website jual beli yang juga telah banyak beredar.

Jika boleh membeli saran, kalau bisa membeli Mobil bekas di penjual pertama dan langsung ke orangnya. Karena jika mendapatkannya bisanya Mobil masih dalam kondisi yang bagus dan harganya cukup murah. Berbeda jika di tempat mobkas yang sudah mengambil untung. Namun kelebihan yang dimiliki di jual beli mobkas adalah bisa membelinya dengan sistem kredit. Jika membeli di tempat jual beli sebaiknya memastikan bahwa telah terpercaya dan pelayanannya baik.

2. Melakukan pengecekan eksterior

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang menyentuh ban mobil dengan bodi warna merah

Jika ingin Mobil bekas tampak baru bagian eksterior harus mulus tanpa goresan

Setelah menemukan tempat untuk membeli Mobil bekas ataupun orang yang menjual mobilnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeriksaan. Cek bagian eksterior Mobil apakah ada goresan atau tidak. Selain itu cek bagian lampu apakah masih menyala dengan sempurna atau tidak.

Jangan lupa pula untuk melakukan pengecekan pada ban Mobil, apakah sudah aus atau retak dan sebagainya. Periksa juga kondisi kolong Mobil, apakah ada yang karatan ataupun keropos. Perlu diingat, jika ingin mendapatkannya yang seperti baru pastinya jangan sampai ada cedera yang terlihat.

>>> Baca juga, Tips Mencuci Mobil Toyota Bagian Luar Dengan Langkah Mudah

3. Cek performa dan kondisi mesin Mobil

Gambar ini menunjukkan mesin Mobil dengan beberapa komponen di dalamnya

Mesin merupakan bagian yang perlu dilakukan pengecekan pada Mobil bekas

Bagian ini yang paling penting!

Apabila mesin dalam kondisi yang baik tentunya performa yang dimiliki akan maksimal dan kenyamanan dapat didapatkan. Selain itu tidak perlu khawatir akan terjadi masalah di jalan, meskipun kita tidak tahu kapan dan dimana akan terjadi masalah.

Cek suara mesin apakah masih halus atau sudah kasar, selain itu mesin juga mudah di starter. Tidak hanya itu, jangan lupa melakukan test drive dan rasakan kondisi serta kenyamanannya. Jangan lupa memeriksa bagian fiturnya, apakah bekerja dengan baik atau tidak.

>>> Banyak tips dan trik berguna untuk pengemudi Toyota, jangan abaikannya

4. Cek interior Mobil

Gambar ini menunjukkan interior Mobil bagian depan dan terlihat kemudi Mobil dan juga dashboard

Interior yang terawat akan terasa nyaman dan awet

Untuk mendapatkan Mobil bekas rasa baru, bagian interior juga perlu dilakukan pengecekan. Memeriksa bagian interior seperti jok Mobil, plafon dan juga aksesoris di dalamnya. Bagian lain juga perlu diperiksa seperti karpet, kondisi Ac dan juga bagian dashboard jangan sampai ketinggalan.

Oh ya! Cobalah kinerja wiper dan juga fungsi kaca Mobil. Pintu Mobil juga di cek, jika menggunakan pintu geser bisa dicoba. Nyalakan radio atau musik serta fasilitas audio lainnya, dengan begitu akan didapat kenyamanan di dalam kendaraan. Cobalah beberapa panel seperti lampu sein, hazard, rem dan lainnya.

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Ciri-Ciri Kebocoran Saluran AC Mobil Untuk Langkah Waspada

5. Kelengkapan surat

Gambar ini menunjukkan beberapa BPKB kendaraan dan juga STNK nya

Kelengkapan surat memberikan rasa tenang selama perjalanan

Memiliki Mobil bekas rasa baru tapi tanpa surat juga percuma, karena tidak akan dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu kelengkapan surat sangat diperlukan. Pastikan semuanya lengkap dan sesuai dengan kendaraannya, seperti cek nomor plat dan mesin.

>>> Jangan abaikan daftar mobil Toyota dijual yang ditawarkan di sini

6. History asuransi

Gambar ini menunjukkan sebuah kertas bertuliskan AUTOMOBILE INSURANCE POLICY dan bolpoin di atasnya

Catatan asuransi yang tidak pernah bermasalah bisa menjadi acuan saat membeli Mobil bekas

Saat semuanya sudah cek dan dirasa cocok serta kondisinya terasa baru, selanjutnya tanyakan buku servis dan juga histori asuransi. Untuk buku servis dibutuhkan guna mengetahui jadwal servis dan apakah tertib atau tidak. Selanjutnya adalah asuransi Mobil, biasanya di daftar asuransi ini dapat diketahui kondisi Mobil. Apakah pernah terjadi masalah atau tidak, karena jika pernah mengalami masalah besar bisa saja ada gangguan di kemudian harinya.

Bagi pembeli tetap tenang, asuransi kendaraan bisa dilakukan balik nama. Sehingga sobat tinggal melanjutkannya saja tidak perlu membuat baru.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih Mobil bekas rasa baru. Jika dirasa kurang mampu dalam melakukan pengecekan, maka bisa mengajak teman atau saudara yang lebih paham soal kendaraan. Sobat juga bisa menggunakan jasa inspeksi kendaraan bekas yang sudah banyak didirikan. Semoga bermanfaat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International