Melirik Kelebihan Fitur Sliding Door Mobil Toyota Bikin Tambah Nyaman Penumpang

06/05/2019

Mobil kelas MPV di wilayah biasanya dibuat dengan bodi agak mengkotak. Hal tersebut dikarenakan untuk memberikan kenyamanan lebih dan juga kemudahan bagi pengemudi dan penumpang di dalamnya. Selain itu, umumnya mobil MPV yang dibuat boxy telah diberikan pintu geser seperti pada fitur Sliding Door mobil Toyota Sienta.

Dengan menggunakan fitur Sliding Door membuat penumpang lebih mudah untuk akses keluar masuk mobil. Apalagi kalau sudah menggunakan sistem full elektrik, tentunya akan lebih mudah dan juga tambah nyaman. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh fitur Sliding Door mobil Toyota.

1. Akses Buka Tutup Lebih Mudah

Gambar ini menunjukkan Toyota Sienta dengan pintu geser terbuka

Pintu geser sangat berguna terutama ketika parkir di tempat sempit

>>> Ini cara mudah merawat pintu geser Toyota Sienta

Pada pintu geser jaman sekarang sudah menggunakan material pintu yang ringan dan juga memakai sistem penggerak lebih modern. Alhasil proses pembukaan dan penutupan pintu lebih ringan dan juga mekanisme  pengunci ketika sudah sampai di di ujung tidak terasa berat bagi seseorang yang mengoperasikannya.

2. Lebih Aman Saat Berada Di Sudut Sempit

Seperti yang kita tahu, bahwa mobil di daerah perkotaan sering digunakan untuk pergi ke perkantoran atau mall. Jadi saat berada di tempat tersebut biasanya tempat parkirnya memiliki jarak yang rapat antar mobil. Sehingga akan sangat sulit pintu konvensional dibuka karena terkena kendaraan lain. Dengan mengandalkan pintu geser, maka hal tersebut tidak jadi masalah. Bahkan dengan pintu geser dapat mereduksi potensi pintu tersenggol trotoar saat sedang parkir di pinggir jalan.

3. Menggunakan Full Elektrik

Walaupun tidak semua ada, namun salah satu kelebihan yang dimiliki oleh fitur Sliding Door mobil Toyota adalah  sudah menggunakan sistem elektrik pada proses membuka dan menutup. Hasilnya penumpang akan dimanjakan saat keluar masuk kendaraan dengan hanya mengandalkan remote ataupun panel kabin.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang remote untuk membuka pintu geser

Pintu geser elektrik akan lebih mempermudah akses keluar masuk kendaraan

>>> Baca Juga, Hati-Hati, Ada Beberapa Peringatan Saat Mengoperasikan Pintu Bagasi Mobil Toyota!

4. Memiliki Fitur Child Lock

Sama halnya dengan pintu konvensional, pintu geser mobil MPV milik Toyota juga mempunyai fitur child lock. Dengan adanya fitur ini akan membuat tuas pintu tidak dapat dibuka. Sehingga saat mengajak anak kecil dan menempatkannya di dekat pintu tidak perlu khawatir akan membuka pintu mobil. Umumnya fitur ini terdapat pada pintu penumpang karena biasanya anak kecil berada di belakang.

5. Memiliki Fitur Easy Closer

Pada pintu geser zaman dahulu memang terasa berat saat dioperasikan untuk menutup dengan rapat. Namun untuk jaman sekarang sudah terdapat fitur easy closer yang membuatnya jadi ringan ketika akan menutup rapat pintu geser. Sehingga saat membuka atau menutup jadi lebih mudah, apalagi yang sudah memakai sistem elektrik tentu lebih mudah lagi. Pada mobil Toyota Sienta mengandalkan pintu geser dengan pengoperasiannya cukup menutup pintu sampai pada titik terujung pilar B. Dengan begitu pintu akan otomatis ter-vacuum berkat adanya fitur Easy Closer.

>>> Baca Juga, Ini Alasan Pintu Geser Toyota Sienta Bisa Menutup Sendiri

6. Memiliki Fitur Anti-Jam

Gambar ini menunjukkan cara kerja pintu geser Toyota Sienta

Saat ada obyek pada jalur maka pintu geser akan mundur 10 cm

Kelebihan fitur sliding door mobil Toyota yang terakhir adalah adanya fitur Anti-Jam. Fungsinya adalah membuat pintu geser akan menutup dan membuka dengan waktu beberapa saat. Sebagai contoh adalah saat proses penutupan dan ternyata ada penghalangnya seperti anak yang sedang keluar. Maka secara otomatis pintu akan kembali mundur sejauh 10 cm. Jika keadaan telah aman barulah pintu akan menutup kembali.

>>> Simak juga tips dan trik seputar mobil hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca