Melirik Fitur Keselamatan Toyota Yaris Terbaru Yang Lebih Lengkap

27/12/2018

Toyota Yaris merupakan salah satu kendaraan yang terbilang sangat nyaman. Masuk dalam segmen mobil hatchback siap untuk bersaing dengan para rivalnya dalam kelas yang sama. Pada awal tahun 2018 ini Toyota Yaris terbaru sudah dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan lebih. Bahkan digadang-gadang fitur keselamatan Toyota Yaris Terbaru ini terbilang cukup lengkap.

Mungkin pandangan orang dengan fitur keselamatan Toyota Yaris terbaru yang lebih lengkap harganya akan melambung tinggi. Namun ternyata dalam hal ini banderol yang dipasang tidak terpaut terlalu jauh dengan versi sebelumnya. Yang mana dari pihak Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT TAM (Toyota Astra Motor) mengatakan, bahwasanya dari segi harga, untuk Toyota Yaris terbaru ini terpaut hanya Rp. 1,5 jutaan saja. Meskipun dari fitur keselamatan lebih lengkap dibandingkan versi lawasnya.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur Anti-lock Bracking System pada mobil Toyota

Beberapa fitur yang ditambahkan pada Toyota Yaris terbaru bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada konsumennya

Apabila melihat dari data pada spesifikasi, akan diketahui adanya beberapa fitur untuk menunjang keselamatan selama berkendara pada Toyota Yaris terbaru. Yang mana sama halnya dengan kebanyakan mobil keluaran masa kini, Yaris terbaru telah diberikan fitur ABS (Anti-lock Bracking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic-force Distribution). Jadi ketiga fitur tersebut merupakan fitur standar untuk kendaraan jaman sekarang.

Tidak hanya itu saja, terdapat pula fitur lain seperti VSC (Vehicle Stability Control) yang dapat membantu mengontrol stabilitas kendaraan. Jadi keseimbangan mobil dapat dimaksimalkan ketika akan melakukan akselerasi dan juga menikung dalam waktu bersamaan.

>>> Baca juga, Inilah Beberapa Pilihan Ban Yang Cocok Untuk Toyota Yaris

Adapun fitur keselamatan Toyota Yaris terbaru selanjutnya adalah Hill Start Assist (HSA) yang dapat menghindari kendaraan berjalan mundur saat akan melakukan akselerasi di jalan yang menanjak. Jadi dengan menggunakan fitur ini maka sistem akan mendeteksi apabila kendaraan akan bergerak mundur. Untuk prosesnya yakni sistem pengereman akan ditingkatkan pada keempat rodanya sehingga mobil berjalan mundur dapat dicegah. Jadi sistem nantinya akan melepaskan tekanan pada sistem pengereman ketika pedal gas diinjak oleh pengemudi, dengan begitu mobil akan berjalan di tanjakan lebih halus.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris warna kuning tampak bagian belakang dengan lampu menyala

Dengan beberapa fitur baru diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Untuk fitur keselamatan Toyota Yaris terbaru selanjutnya tergolong pasif. Yang mana mobil ini telah diberikan 7 buah airbags yang dipasangkan pada beberapa bagian kendaraan seperti pilar, depan, samping dan juga pada bagian lutut tepatnya di sisi dashboard pengemudi. Sehingga dapat memberikan keamanan yang lebih kepada pengendara mobil besutan Toyota tersebut.

Toyota Yaris terbaru juga telah diberikan fitur lainnya seperti kursi ISOFIX untuk model globalnya. Yang mana fitur tersebut memiliki tether anchor yang dijadikan sebagai tempat untuk menempatkan kursi bayi di bagian baris belakang kendaraan. Dengan adanya fitur ini maka kursi bayi rigid akan lebih maksimal dan tidak bergoyang selama perjalanan menggunakan Yaris terbaru.

Fitur keselamatan Toyota Yaris terbaru selanjutnya yang dihadirkan adalah WIL (Whiplash Injury Lessening). Yang mana fitur ini mencegah resiko cedera parah di bagian kepala belakang dan juga leher sampai ke punggung. Adapun untuk cara kerjanya sendiri dengan gerakan head resistant yang membuat jarak benturan kepala menjadi sempit. Hal tersebut juga berlaku pada jok mobil yang berfungsi untuk menghindari punggung terbentur terlalu keras.

>>> Baca Juga, Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Yaris terbaru tampak belakang sedang melaju di jalanan

Harga Toyota Yaris terbaru dengan model sebelumnya tidak terpaut terlalu tinggi

Tidak lupa pula sabuk keselamatan dengan 2 titik yang telah memakai pretensioner dan juga force limiter. Dengan memanfaatkan fitur tersebut dapat menghindari cedera parah pada bagian dada ketika mobil mengalami benturan. Untuk cara kerjanya adalah pada pretensioner untuk membuat sabuk pengaman lebih tegang ketika dipakai dan force limiter merubah sabuk pengaman lebih lentur ketika mobil mengalami benturan.

Bahkan di bagian struktur bodi dan rangkanya menggunakan material dengan kualitas tinggi dan sangat kuat. Sehingga saat terjadi benturan maka kerusakan akan diredam sehingga tidak mencapai ke bagian kabin mobil. Dengan begitu cedera parah dapat dihindari. Toyota Yaris terbaru juga telah dilengkapi dengan penggunaan seatbelt reminder yang diperuntukkan untuk penumpang bagian depan dan belakang. Tidak hanya itu saja, ada pula fitur keselamatan Toyota Yaris terbaru lainnya seperti EBS (Emergency Brake Signal). Yang mana fitur ini memungkinkan lampu hazard menyala secara otomatis saat melakukan pengereman mendadak.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca