Mau Modifikasi Pelek Toyota Calya? Ikuti Dulu Langkah Berikut Ini

31/07/2019

Jika Anda sedang berencana memodifikasi mobil Toyota Calya Anda, mengganti pelek bisa jadi salah satu solusi menarik yang bisa dicoba. Tapi apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan modifikasi pelek Toyota Calya?

Toyota Calya merupakan salah satu mobil yang menarik untuk dimodifikasi. Salah satu trik paling mudah untuk membuat tampilan Toyota Calya berubah adalah penggantian pelek dengan pilihan desain sesuai selera.

Meski demikian, perlu diperhatikan agar pergantian pelek agar tak sampai menimbulkan persoalan baru atau mengganggu fungsinya sebagai 7-seater. Perhatikan juga syarat-syarat yang dipenuhi agar kenyamanan dan keamanan berkendara tetap terjaga.

Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Perhatikan Gaya Desain Pelek

Toko Pelek aftermarket memiliki ragam pilihan desain dan ukuran pelek yang pas untuk Anda

Berkunjung ke toko pelek aftermarket bisa menambah inspirasi desain pelek apa yang cocok untuk Toyota Calya

Sebagai salah satu mobil keluarga, mobil Toyota Calya modifikasi pelek biasanya berfokus pada gaya elegan dengan desian multispoke. Meski demikian, pelek model sporty juga bisa saja sebenarnya digunakan pada mobil keluarga ini, asal padu padan dengan konsep modifikasi di sisi eksterior agar bisa pas dengan desain pelek. Agar tidak pusing, Anda bisa berkunjung ke toko pelek aftermarket dan berkonsultasi gaya desain pelek apa yang kira-kira pas untuk Toyota Calya Anda.

>>> Baca juga: Ingin Modifikasi Pelek Mobil Toyota Namun Dana Terbatas? Membeli Pelek Bekas Bisa Jadi Solusi

2. Perhatikan Ukuran Pelek dan Ban

Foto Toyota Calya dengan Pelek Original

Pelek standar Toyota Calya memiliki ukuran 14 inci dengan PCD 4x100

Toyota Calya memiliki pelek standar berukuran 14 inci dengan PCD 4x100 dan ban 175/65R14. Jika ingin mengganti pelek Toyota Calya dengan ukuran lebih besar, direkomendasikan naik maksimal 2 inci ke ukuran 16 inci. Selain itu, perhatikan pula offset dari pelek agar berada di range 20 sampai 40. Jika offset 20 pas dikhawatirkan pelek akan seolah keluar bodi, dan jika offset 40 maka bibir pelek paling dalam akan berpotensi menyentuh arm suspensi belakang. 

>>> Review mobil Toyota terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

3. Tentukan Budget atau Opsi Lain

Bisa dikatakan untuk memilih pelek tergantung gaya itu lebih mudah, karena bisa konsultasi dengan teknisi di toko pelek aftermarket terdekat. Tapi kalau bicara budget, nah ini yang perlu diperhatikan.

Untuk mempermudah, ada tiga jenis pelek substitusi yang bisa dipilih. Pelek pertama ialah pelek OEM dengan ukuran PCD serupa, semisal menggunakan pelek OEM dari Toyota Yaris yang memiliki PCD serupa dengan ring lebih besar daripada Toyota Calya. Biasanya untuk pelek OEM memiliki banderol sekitar Rp4-6 juta per set. 

Foto Toyota Calya dengan Pelek replika enkei

Pelek standar Toyota Calya memiliki ukuran 14 inci dengan PCD 4x100

Untuk pelek dengan harga lebih ekonomis tapi memiliki desain lebih menarik adalah pelek jenis replika. Biasanya pelek ini mereplika desain pelek aftermarket yang original, seperti produksi Vorsteiner, Vossen, Enkei, BBS, dan lain lain. Harga pelek jenis ini berkisar di angka Rp3-6 juta per set.

Beda lagi kalau memang Anda mengincar pelek original aftermarket yang memang secara kondisi jauh lebih aman dibandingkan pelek aftermarket. Untuk pelek jenis ini bisa beragam opsi, dari beragam brand pelek aftermarket, selama ukuran PCD dan ring pelek tetap sesuai rekomendasi. Untuk menebus pelek original aftermarket, biasanya diperlukan biaya Rp20 juta ke atas untuk 1 set ban

>>> Jangan lupa untuk menyimak terus tips dari konsultan mobil hanya di situs HargaToyota.com 

Hafizh Fauzan
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International