Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

14/01/2020

Jangan asal punya mobil, Anda juga harus memikirkan garasinya saat berencana membeli mobil baru agar tidak jadi masalah di kemudian hari buat masyarakat umum.

Foto menunjukkan seorang customer sedang dilayani sales diler Toyota

Banyak yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil

Ada banyak alasan orang membutuhkan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Mulai dari mendukung kegiatan ekonomi, sarana transportasi keluarga, atau sekadar menaikkan prestise. Dilihat dari sisi kenyamanan, mobil lebih banyak keunggulannya dibanding sepeda motor. Selain bisa melindungi dari teriknya matahari dan kehujanan, mobil bisa membawa lebih banyak penumpang dan barang.

Namun konsekuensinya, membeli mobil memerlukan biaya besar. Terlebih untuk mobil baru, harganya bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Karenanya banyak yang harus dipertimbangkan saat Anda memutuskan untuk membeli mobil baik baru maupun bekas.

  • Pertama; cari yang sesuai kebutuhan agar mobil benar-benar berfungsi maksimal, bukan sekadar pengisi garasi rumah. Alasannya simpel, mobil digunakan atau tidak digunakan sama-sama butuh perawatan dan biaya operasional. Termasuk wajib dipajaki tiap tahun yang nilainya tidak kecil.
  • Kedua; sesuaikan dengan budget. Tidak perlu memaksakan diri membeli mobil baru atau mobil berharga mahal jika anggaran minim. atau di luar batas kemampuan untuk membayar angsuran jika pembelian dilakukan secara kredit.
  • Ketiga pikirkan garasinya. Ini yang tidak kalah penting, jangan asal bisa membeli mobil, Anda juga harus memikirkan garasi tempat mobil akan disimpan. Jangan sampai Anda memiliki mobil tapi kerepotan untuk menyimpan dan akhirnya mobil diparkir di pinggir jalan depan rumah, atau di tempat fasilitas umum. Selain tidak elok, hal itu bisa mengganggu kenyamanan orang lain.

>>> Ingat! Mobil Jarang Dipakai Juga Butuh Perawatan

Foto menunjukkan mobil berada di dalam garasi

Membeli mobil, Anda wajib punya garasi penyimpanan

Wajib punya garasi bagi pemilik mobil

Menyimpan mobil di tempat umum yang tidak sesuai peruntukannya juga melanggar aturan. Contoh regulasi yaitu Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran. Pada Pasal 140 Perda tersebut disebutkan :

(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan Kendaraan Bermotor di ruang milik jalan.
(3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Contoh lain, pada 8 Januari 2020 lalu DPRD Kota Depok mengesahkan regulasi wajib punya garasi bagi pemilik mobil. Meski aturan ini baru diberlakukan mulai 8 Januari 2022, ancaman sanksinya sudah dijelaskan. Bagi yang melanggar bisa kena denda maksimum Rp 2 juta. Selain itu mobil yang diparkir sembarangan berpotensi ditertibkan petugas berwajib dengan cara diderek.

Jadi, sekali lagi buat Anda Toyota lover's yang berencana membeli mobil baru siapkan dulu garasinya. Bisa di lokasi milik sendiri, atau menyewa tempat milik orang lain.

>>> Tak Perlu Terburu-buru, Berikut Tips Membeli Mobil Baru Dari Auto2000

Foto menunjukkan Toyota Avanza diderek petugas DisHub karena parkir sembarangan

Jangan parkir sembarangan kalau tidak ingin diderek

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca