Masalah Yang Sering Terjadi Pada Radiator Mobil

02/06/2020

Bagi yang akrab dengan otomotif pasti mengenal dengan yang namanya radiator mobil. Salah satu komponen yang terdapat di mobil ini memiliki fungsi sebagai pendingin mesin mobil. Komponen yang juga berbentuk kotak ini tetap menjaga suhu dalam mesin agar tetap stabil dan terhindar dari panas berlebih (​overheat).

Sebagai komponen yang krusial, sudah menjadi hal yang penting untuk tetap menjaga radiator bekerja secara baik dan maksimal. Namun, terkadang tidak selamanya radiator mobil mampu menjaga suhu mesin karena mengalami beberapa masalah.

Gambar ini menunjukkan radiator mobil disenderkan di tembol

Radiator mobil menjadi salah satu bagian penting berhubungan dengan mesin mobil

>>> Baca Juga, Begini Cara Mengisi Air Radiator Mobil Toyota Avanza

Jika radiator mengalami masalah, alih-alih untuk menjaga mesin tetap awet malah akan merusak mesin, salah satunya karena ​overheat. Jika mesin sudah ​overheat, tentu akan menurun performa mesin mobil tersebut. Oleh sebab itu, disarankan rutin melakukan pengecekan pada radiator setiap 40.000 km sekali. Selain itu, radiator biasanya membutuhkan servis setiap enam bulan.

Untuk mengenal lebih jauh tentang masalah-masalah yang sering terjadi pada radiator, berikut kami ulas seperti dikutip dari berbagai sumber.

Masalah yang Sering Terjadi pada Radiator Mobil

1. Terjadi Kebocoran 

Radiator yang sudah lama digunakan biasanya rawan terjadi kebocoran. Radiator yang seperti ini fisiknya yang sudah keropos. Jika tidak terlalu parah, bahan yang berasal dari kuningan bisa ditambal dengan pengelasan kuningan, sedangkan yang menggunakan bahan alumunium, cukup ditambal pake plastik steel. Apabila kondisi kebocoran dinilai terlalu parah, disarankan untuk melakukan penggantian dengan yang baru.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

gambar ini menunjukkan sebuah tangan melepas tutup radiator mobil

Cairan mobil perlu dicek jangan sampai kehabisan

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mencegah Kebocoran Radiator Pada Mobil

2. Terjadi Penyumbatan

Selain karena bocor, masalah lain yaitu terjadi penyumbatan oleh kerak pada pipa kapiler. Munculnya kerak ini terjadi karena cairan atau air yang ada di dalam komponen radiator mengandung mineral yang tinggi. Sehingga ketika air dalam radiator mendidih akan menghasilkan ampas kerak dan menyumbat pada pipa radiatornya.

3. Terjadi Benturan

Masalah radiator mobil selanjutnya yaitu ketika terjadinya benturan. Biasanya fisik radiator akan mengalami bengkok dan tidak bekerja maksimal. Jika benturannya tidak terlalu parah, disarankan untuk diperbaiki saja. Sedangkan mengalami tabrakan, sebaiknya diganti dengan produk yang baru.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan mengangkat radiator mobil

Saat terjadi masalah pada radiator perlu segera ditangani

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada Radiator Mobil. Jika kamu mengalami gejala-gejala seperti di atas disarankan untuk segera menghubungi bengkel untuk perbaikan lebih lanjut.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International