Malas Servis Berkala Pada Mobil Toyota Kesayangan, Pertimbangkan Akibat Yang Bisa Dirasakan

19/02/2021

Mempunyai mobil tidak hanya untuk dibiarkan begitu saja, akan tetapi perawatan juga diperlukan supaya kondisinya tetap prima. Bahkan masalah bisa saja timbul saat malas servis berkala. Dalam perawatan atau servis dapat dilakukan di bengkel resmi Toyota.

Seseorang saat merasa malas servis berkala akan mempunyai beragam alasan yang diberikan. Namun hal tersebut terserah pemiliknya, karena mau dirawat atau tidak resikonya ditanggung sendiri. Hanya saja kami memberikan saran untuk melakukan perawatan berkala. Karena terdapat beberapa akibat yang bisa saja terjadi saat tidak melakukannya.

Beberapa Akibat Malas Servis Berkala

1. Terjadi Penurunan Kualitas Mesin Mobil

Jadi ketika tidak melakukan servis maka terdapat beberapa komponen yang mengalami penurunan kualitas. Adapun contohnya adalah air radiator yang lama-kelamaan bisa mengering. Bagian ini mempunyai peranan untuk menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas. Apabila suhunya terlalu panas maka dapat beresiko mengalami overheat.

Gambar ini menunjukkan tanda bahwa ada mobil mogok

Resiko paling parah saat tisak servis berkala adalah mobil momgok di jalan

Contoh lainnya adalah oli mesin, saat servis berkala akan dilakukan penggantian oli. Fungsinya adalah sebagai pelapis permukaan komponen yang saling bergesekan dan membantu mendinginkan mesin karena panas yang diakibatkan oleh pembakaran yang terjadi. Untuk fungsi lainnya adalah untuk menjaga kebersihan mesin dan memeliharanya supaya tetap bekerja dengan optimal.

>>> Ingin Tidak Antre Di Bengkel Mobil? Perhatikan Hal Berikut Ini

2. Terjadi Masalah Pada Sistem Kelistrikan

Tidak hanya bagian mesin saja, bila seseorang malas servis berkala pada kendaraan yang dimiliki maka bisa beresiko sistem kelistrikan mengalami masalah. Salah satu bagian yang beresiko mengalami gangguan adalah dinamo ampere atau alternator. Tugas dari alternator terbilang berat pada sistem kelistrikan yaitu menyuplai komponen kendaraan dengan arus listrik bagi yang membutuhkan. Komponen-komponen tersebut seperti lampu, power window, audio, wiper dan lainnya.

Dengan mengandalkan alternator maka tenaga kinetis dapat dirubahnya menjadi tenaga listrik. Apabila kondisinya tidak maksimal maka bisa membuat aki mobil umurnya lebih pendek. Hal tersebut karena semua komponen yang butuh tenaga listrik hanya disuplai dari aki saja. Akibat yang bisa dirasakan pengendara adalah mesin yang tidak menyala, saat distarter susah dan resiko paling parah adalah mobil mogok tidak bisa digunakan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan alternator pada mobil

Alternator membuat tenaga kinetis jadi tenaga listrik

3. Performa Mesin Menurun Dan Boros Dalam Sistem Pembakaran

Saat seseorang tidak melakukan servis maka lama-kelamaan mobil akan terasa loyo dan mengalami penurunan mesin. Hal tersebut karena mobil Toyota yang dimiliki sistem pembakarannya boros. Salah satu komponen yang berhubungan adalah busi. Yang mana kondisinya perlu diperhatikan, karena saat kondisinya lemah bahkan mati maka dapat membuat performa mesin mengalami penurunan.

Jadi hal tersebut penyebabnya adalah percikan api dari busi tidak optimal sehingga berdampak pada sistem pembakaran yang tidak stabil. Bila mengalaminya solusinya bisa dilakukan penggantian busi.

>>> Mengenal Perbedaan Tune Up Dan Servis Berkala & Biaya Tune Up Toyota Avanza

4. Suspensi Dan Sistem Kemudi Bermasalah

Hal terakhir yang bisa dialami mobil Toyota yang Sobat miliki jika malas servis berkala adalah beresiko suspensi dan sistem kemudi bermasalah. Jadi dalam servis ada yang namanya spooring dan balancing untuk roda mobil. Tujuannya supaya kondisi roda tetap terjaga sudut keselarasannya dan ban bisa bekerja dengan optimal. Selain itu, pada saat servis shock absorber juga akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan dapat meredam dengan baik dan kondisinya optimal.

Begitupun pada bagian sistem kemudi mobil, tie rod dan ball joint akan dilakukan pemeriksaan sehingga saat melaju di jalan mobil dapat dikendalikan dengan baik. Komponen lain yang diperiksa adalah power steering dan komponen lain yang berhubungan. Apabila tidak melakukan perawatan rutin, tentunya bagian tersebut akan terlewat dan tidak tahu kondisinya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan roda sedang dilakukan spooring

Mobil juga butuh spooring dan balancing

Tidak dipungkiri bahwa setiap komponen pada kendaraan membutuhkan perawatan. Jika malas servis berkala pada kendaraan Toyota yang dimiliki maka saat ada masalah kecil tiodak diketahui, bila dibiarkan lama-kelamaan bisa menjadi besar. Apabila sudah begitu biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan tentunya lebih besar juga.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Abdul

    Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

  • Beberapa Keunggulan Toyota Corolla Altis Hybrid Bisa Jadi Referensi

    Beberapa Keunggulan Toyota Corolla Altis Hybrid Bisa Jadi Referensi

    Abdul

    Mobil Hybrid menjadi salah satu idaman sebagian orang karena beragam keunggulan yang ditawarkan. Salah satu produk mobil dari Toyota dalam segmen ini adalah Toyota Corolla Altis Hybrid. Untuk Corolla Altis sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Lantas apa keunggulan Toyota Corolla Altis Hybrid?

  • Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Abdul

    Penggunaan teknologi yang canggih membuat pengendara dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu pengoperasian juga dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adanya fitur spion elektrik pada mobil Toyota atau disebut juga dengan elektrik mirror. Kali ini kami akan membahas mengenai komponen di dalamnya.

International