Langkah Untuk Mengecek Koil Mobil Injeksi Toyota Dengan Mudah

24/01/2021

Mobil perlu dilakukan pengecekan dan perawatan pada komponennya dengan melakukan servis berkala. Namun sobat juga bisa melakukan pengecekan sendiri di rumah seperti di bagian mesinnya. Pada mobil Injeksi pengecekan juga perlu dilakukan seperti pada bagian koil. Lantas bagaimana cara mengecek koil mobil injeksi Toyota?

Berikut ini merupakan beberapa cara dalam mengecek koil mobil injeksi Toyota yang dapat dilakukan dengan langkah mudah.

1. Menyiapkan Peralatan

Adapun hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan alat yang dibutuhkan. Untuk melakukan pengecekan pada koil busi membutuhkan kunci inggris, kunci socket dan kunci pas. Dengan mengandalkan alat tersebut pengecekan dapat dilakukan dengan mudah.

Gambar ini menunjukkan koil busi mobil injeksi sedang dipegang

Koil busi bermasalah dapat mengganggu performa kendaraan

>>> Lihat Juga, Ingin Ruang Mesin Toyota Kijang Anda Bersih? Ikuti Tips Dari Pecinta Kijang Ini

2. Menyiapkan Busi Pengganti

Jika ditemukan gejala koil mobil injeksi mengalami kerusakan maka sebaiknya menyiapkan busi pengganti terlebih dahulu. Jadi ketika dicek nantinya dapat diketahui apakah kondisi koil masih bagus atau tidak. Atau malah koil bagus namun busi yang sudah tidak baik kondisinya.

3. Meminta Bantuan

Satu orang dengan 2 orang tentu lebih baik 2 orang. Dengan meminta bantuan orang lain maka dapat melakukan pengecekan dengan lebih mudah cepat. Apalagi orang yang dimintai bantuan sudah paham soal pengecekan koil, maka dapat lebih cepat selesai.

4. Memarkirkan Kendaraan Di Tempat Aman Dan Membuka Kap Mobil

Jika peralatan telah disiapkan dan ada orang yang memberikan bantuan, langkah selanjutnya adalah menempatkan mobil di tempat aman. Dengan begitu mengecek koil mobil injeksi Toyota dapat dilakukan dengan lancar tanpa gangguan.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan pengendoran baut untuk mengecek koil busi mobil

Lepas soket terlebih dahulu untuk keamanan

>>> Baca Juga, Merawat Mesin Diesel Modern Toyota Tidak Rumit, Begini Tipsnya

5. Melepaskan Kabel Injektor

Langkah selanjutnya adalah dengan mencari soket injector yang berada pada mesin mobil. Apabila telah ditemukan bisa melepaskan semua soket injector begitu juga dengan relay nya dari induknya. Adapun tujuan melepaskannya adalah supaya bahan bakar tidak menyembur ketika sedang melakukan pengecekan.

6. Melepas Koil

Langkah selanjutnya adalah melepas koil dengan menggunakan kunci 10 atau kunci pas yang sesuai. Setelah kendor lepaskan koil semuanya tidak termasuk kabelnya.

7. Cek Kondisi Koil Dan Hidupkan Mesin

Untuk melakukan pengecekan kondisi koil bisa mencoba dengan memasangkan koil yang sudah disiapkan. Dengan melakukannya nantinya akan diketahui apakah koil masih bagus atau tidak. Langkah terakhir yang perlu dilakukan dalam mengecek koil mobil injeksi Toyota adalah menyalakan mesin mobil. Sobat dapat menyuruh orang yang membantu Sobat untuk melakukannya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan pengetesan koil mobil

Pengecekan bisa dilakukan dengan memasang busi dan menempelkan di besi serta menyalakan mesin

Setelah itu tempelkanlah ujung busi yang dipasangkan pada koil busi  ke bagian mobil yang berbahan besi seperti baut. Apabila muncul percikan api maka menandakan kondisinya masih baik. Akan tetapi jika tidak maka koil perlu dilakukan penggantian.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Beli Vios Karena Diskon PPn BM Besar, Lihat Dulu Keunggulan Toyota Vios

    Abdul

    Toyota memiliki beragam produk yang ditawarkan, salah satunya adalah Vios. Mobil ini masuk dalam segmen sedan yang mempunyai keunggulan dan ketangguhan. Menariknya lagi, Toyota Vios mendapatkan diskon PPn BM paling besar untuk produk Toyota. Nah bagi Sobat yang berniat membelinya karena melihat hal tersebut, berikut kami berikan keunggulan Toyota Vios.

  • Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Toyota Corolla Altis Bensin dan Hybrid, Ini Beda Konsumsi BBM nya?

    Abdul

    Segmen mobil sedan cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Dari segi tampilan memang sangat menarik dan juga sporty. Salah satu dalam segmen ini adalah mobil Toyota Corolla Altis. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin yakni mesin bensin dan hybrid. Nah kali ini kami akan membahas konsumsi BBM kedua varian mesin tersebut?

  • Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Beberapa Komponen Fitur Spion Elektrik Pada Mobil Toyota Dan Cara Kerjanya

    Abdul

    Penggunaan teknologi yang canggih membuat pengendara dapat merasakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu pengoperasian juga dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adanya fitur spion elektrik pada mobil Toyota atau disebut juga dengan elektrik mirror. Kali ini kami akan membahas mengenai komponen di dalamnya.

International