Langkah Membuka Kap Mesin Toyota Agya Dengan Baik, Berguna Untuk Cek Mesin

01/04/2021

Toyota Agya merupakan salah satu mobil yang masuk dalam segmen LCGC. Desain kompak dan harganya yang terjangkau membuat mobil ini cukup diminati. Bahkan konsumsi BBM yang dimiliki juga irit sehingga membuat pemilik lebih sedikit melakukan pengeluaran setiap harinya untuk membeli bahan bakar. Dalam pembahasan kali ini terkait cara membuka kap mesin Toyota Agya.

Toyota Agya mempunyai ukuran yang tergolong kecil. Dengan begitu dalam membuka kap mesin Toyota Agya seharusnya mudah untuk dilakukan. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena jika sampai sembarangan bisa berpotensi membuat kap mesin malah rusak. Oleh sebab itulah proses pembukaan perlu dilakukan dengan baik dan benar.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Agya putih tampak depan

Mobil LCGC siap temani pengendara di jalan perkotaan

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang perlu dilakukan saat membuka kap mesin pada mobil Toyota Agya.

1. Memarkirkan Mobil Di Tempat Yang Aman

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum membuka kap mesin adalah memarkirkan kendaraan di tempat yang aman. Jadi parkirkan di tempat yang teduh dan bisa bergerak bebas dalam membuka kap serta pengecekan mesin atau hal lainnya.

>>> Fitur Keselamatan Toyota Agya Lebih Lengkap Dibanding Pesaingnya, Apa Saja?

2. Menunggu Mesin Suhunya Turun

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah suhu mesin mobil. Ketika mobil digunakan berkendara dan akan melakukan pengecekan mesin sebaiknya menunggu sampai suhu turun terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan ujung kap akan terasa panas saat mobil baru dikendarai cukup lama yang membuat tangan kepanasan. Apabila terpaksa ingin membukanya gunakan alas supaya tidak terlalu panas seperti kein atau benda lain.

Gambar ini menunjukkan kenop untuk membuka kap mesin mobil Toyota Agya

Membuka kap mesin dimulai dengan menarik kenop di interior

>>> Baca Juga, Salah Satu LCGC Terpopuler Tanah Air, Berapa Biaya Perawatan Toyota Agya?

3. Menarik Kenop

Setelah semuanya siap, dalam membuka kap mesin Toyota Agya dilanjutkan dengan menarik tuas atau kenop yang berada di bagian interior dekat dengan pengemudi mobil. Lakukan penarikan tuas sampai ada suara yang muncul dari arah depan yakni ruang mesin mobil.

4. Melepaskan Pengait

Apabila tuas atau kenop sudah ditarik dilanjutkan dengan berdiri depan kendaraan. Masukkanlah jari ke sisi tengah kap mesin yang sudah terangkat sedikit karena tuas sudah ditarik. Setelah itu cari tuas pengaitnya dan langsung ditekan agar pengaitnya terlepas.

5. Mengangkat Kap Mesin Mobil

Setelah pengaitnya terlepas dilanjutkan dengan mengangkat kap mesin mobil Toyota Agya. Dalam proses ini tidak membutuhkan tenaga yang besar karena kap mesinnya mempunyai ukuran yang cukup kecil.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan besi penyangga kap mesin mobil Toyota Agya

Gunakan besi penyangga di sebelah kiri saat buka kap mesin mobil

6. Memasangkan Penyangganya

Langkah terakhir dalam membuka kap mesin mobil Toyota Agya adalah dengan memasangkan penyangganya. Untuk melakukannya mengandalkan besi yang posisinya berada di sebelah kiri. Besi diangkat dari penjepitnya kemudian memasukkannya ke lubang pada kap mesin mobil.

Membuka kap mesin Toyota Agya menjadi salah satu langkah yang perlu diketahui oleh pemilik Agya. Dengan begitu saat ada masalah atau hanya ingin mengecek mesin mobil dapat dilakukan dengan baik dan benar tanpa menimbulkan masalah.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International