Kredit Mobil Baru Macet! Jangan Panik, Ini Solusinya

12/09/2018

Banyak konsumen yang melakukan kredit Mobil baru dibandingkan membayarnya secara tunai saat membeli. Hal tersebut dikarenakan tidak membutuhkan dana hingga ratusan juta untuk dapat memiliki Mobil baru dalam waktu singkat. Saat membeli Mobil dengan sistem kredit hanya perlu membayar DP, selanjutnya pembayaran dilakukan setiap bulannya.

Mempunyai sebuah Mobil impian bisa jadi satu kebanggaan tersendiri bagi seseorang ataupun keluarga. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membeli dengan sistem kredit. Memang bisa lebih ringan dalam pembayaran, namun saat seseorang kehilangan pekerjaan dan masih mempunyai tanggungan cicilan bulanan akan bikin pusing kepala.

Saat terjadi masalah yang telah disebutkan tersebut, tentu bisa membuat kredit Mobil baru macet. Jangankan untuk membayar cicilan bulanan, kadangkala untuk kebutuhan sehari-hari saja terbilang kurang.

Terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan jika kredit Mobil baru macet, dengan begitu sobat bisa lebih ringan dalam hal cicilan bulanannya.

1. Restrukturisasi

Untuk sistem ini bisa dibilang sebuah penyusunan ulang. Pihak konsumen bisa melakukan penyusunan ulang terhadap sistem kredit yang telah disetujui sebelumnya pada awal pembelian. Dalam hal ini, pengubahan yang dilakukan terkait dengan suku bunga, fasilitas dan juga waktu pembayarannya.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memegang kepalanya dan seorang wanita di belakangnya

Restrukturisasi merupakan penyusunan ulang sistem suku bunga, waktu perpanjangan dan fasilitas saat kredit

Dengan menggunakan sistem ini, dari pihak konsumen dapat meminta kreditor untuk dapat menurunkan suku bunga yang diberikan. Tujuannya adalah supaya pembayarannya lebih ringan. Tidak hanya itu, waktu pembayaran bulanannya juga diperpanjang, dengan begitu cicilan bulanannya berkurang dan lebih ringan. Jadi konsumen akan lebih ringan dalam membayar biaya bulanannya.

Meskipun begitu, jika sistem restrukturisasi disetujui maka dari pihak konsumen juga harus kooperatif. Berkata jujur terhadap pihak bank mengenai permasalahan sobat secara mendetail. Dengan begitu pihak bank juga dapat membantu dan memberikan solusi yang tepat.

>>> Mungkin tertarik, Ingin Membeli Mobil Bekas Rental! Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

2. Refinancing

Apabila menggunakan poin pertama terbilang kurang efektif, sobat juga dapat menggunakan sistem refinancing. Mungkin hal ini dikarenakan keadaan ekonomi yang dirasa memang benar-benar sulit. Dengan begitu sobat bisa mengajukan refinancing atau sering orang menyebutnya dengan memulai kredit baru.

Gambar ini menunjukkan 3 orang satu wanita dan dua pria sedang tertawa dan memegang bolpoin

Dengan sistem Refinancing saat kredit maka cicilan akan dihitung ulang

Sistem ini memang berbeda dengan sebelumnya yang telah dijelaskan pada poin pertama. Jadi cicilan bulanan yang ditanggung akan diperhitungkan kembali yang nantinya akan dibuat seringan mungkin dan juga lebih kecil. Tidak hanya itu, bahkan konsumen juga bisa mendapat dana sebesar 80% dari harga pasaran kendaraan. Dengan adanya dana tersebut dapat dimanfaatkan kembali untuk membuka usaha.

Dengan menggunakan sistem refinancing, maka pihak konsumen akan terbebas dari daftar blacklist dari pihak Bank Indonesia. Yang mana bagi seseorang yang kredit Mobil baru macet atau tidak membayarnya maka akan dimasukkan dalam daftar blacklist. Sehingga saat ingin melakukan kredit Mobil tidak bisa atau dipersulit.

Akan tetapi, sistem refinancing mempunyai kekurangan. Yang mana jika mengajukannya maka suku bunga menjadi lebih besar. Selain itu terdapat biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh pihak konsumen ketika melakukan pengajuan. Tidak hanya itu saja, dalam membayar cicilan bulanan juga haruslah konsisten. Apabila sampai macet, maka denda yang harus dibayarkan bisa jadi 2 x lipat dari denda sebelumnya.

>>> Banyak tips dan trik berguna untuk pengemudi Toyota, jangan abaikannya

3. Over kredit

Apabila kredit Mobil baru macet dan sudah tidak menemukan jalan lagi mau gimana, bahkan dengan 2 sistem di atas juga dirasa tidak mampu. Maka solusi terakhir adalah dengan melakukan over kredit. Cara ini banyak digunakan oleh sebagian orang yang merasa sudah tidak mampu membayar cicilan.

Gambar ini menunjukkan 3 orang 2 pria satu wanita berdiri di samping Mobil warna hitam

Over kredit adalah mencari orang yang mau membeli Mobil dan meneruskan cicilan tiap bulannya

Over kredit adalah meminta orang lain untuk meneruskan cicilan kredit bulanan. Selain itu biasanya pihak penerus kredit juga harus membayar sedikit untuk mengganti rugi DP tergantung kesepakatan. Apakah setengah dari DP atau tiga perempatnya, bahkan bisa lebih atau kurang tergantung kesepakatan. Perlu diingat, cara ini tidak untuk mengambil keuntungan supaya mendapatkan hasil. Karena pada umumnya Mobil yang masih dalam cicilan mempunyai harga yang lebih murah.

Jadi hal yang harus diprioritaskan adalah mencari seseorang supaya mau membeli Mobil dan dapat meneruskan biaya cicilan bulanan kendaraan. Dengan begitu sobat bisa mendapat uang untuk mencukupi kebutuhan ataupun memulai usaha baru. Yang terpenting adalah dapat keluar dari masalah finansial yang masih menghantui.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Hindari Hal Ini Saat Membersihkan Spion Mobil

    Hindari Hal Ini Saat Membersihkan Spion Mobil

    Abdul

    Mobil adalah salah satu tunggangan yang nyaman untuk menempuh perjalanan baik dekat ataupun jauh. Disamping hal tersebut merawat setiap bagian dan komponen Mobil sangatlah diperlukan. Salah satunya adalah dengan membersihkan spion Mobil.

  • Waspada! Mengemudi Mobil Di Jalan Yang Sempit Tidak Boleh Ugal-Ugalan

    Waspada! Mengemudi Mobil Di Jalan Yang Sempit Tidak Boleh Ugal-Ugalan

    Abdul

    Berkendara menggunakan Mobil tidak hanya berada di jalan raya saja, akan tetapi kadang kita menemui jalanan yang sempit di pedesaan. Mengemudi Mobil di jalan yang sempit justru membutuhkan kewaspadaaan yang lebih. Apalagi harus bertemu dengan pengendara lain, sepeda motor dan pejalan kaki.

  • Ingat! Ini Alasan Harus Servis Secara Berkala Pada Mobil Toyota

    Ingat! Ini Alasan Harus Servis Secara Berkala Pada Mobil Toyota

    Abdul

    Mobil merupakan salah satu barang yang bisa dijadikan kebutuhan. Harganya juga terbilang cukup mahal, sehingga saat tidak dilakukan perawatan akan sangat disayangkan. Tidak hanya itu, Mobil juga mempunyai nilai jual yang baik saat dilakukan servis secara berkala.