Ketahui Tips Berkendara Dengan Efisien Supaya Tidak Khawatir Saat Harga BBM Naik

06/11/2018

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) di SPBU kadang mengalami kenaikan ataupun penurunan. Namun yang paling sering adalah harganya naik, oleh sebab itu pengemudi harus berkendara dengan efisien supaya konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

Ketika seseorang berkendara dengan efisien tentu akan memiliki perbedaan dengan yang tidak. Memang dari pihak produsen kendaraan telah menyematkan teknologi dan inovasi sedemikian rupa yang cukup canggih supaya produknya memiliki konsumsi bahan bakar lebih irit. Meskipun begitu, tentunya pengendara juga harus ikut ambil bagian dalam hal ini.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang mengendarai mobil di jalanan lurus

Perilaku berkendara juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar

Jadi pada saat mobil berjalan akan membutuhkan campuran bahan bakar dan udara yang tepat supaya bahan bakar lebih efisien. Oleh sebab itu saat menginjak pedal gas haruslah dilakukan secara pas dan tidak secara membabi buta. Maksud dalam hal ini adalah pedal gas ditekan secara perlahan sesuai kebutuhan selama perjalanan.

Biasanya untuk mencapai kecepatan 30 km/jam untuk kendaraan akan memakan waktu sekitar 5 detik. Bahkan beberapa pabrikan mobil telah memberikan fitur pada produknya untuk bisa memberikan informasi bahwa pengendara sudah berkendara dengan efisien. Fitur tersebut adalah ECO Indicator yang tentunya sangat bermanfaat.

Selain mengatur injakan pada pedal gas, selanjutnya supaya lebih efisien dalam berkendara adalah dengan memperhatikan dalam melakukan pengereman. Jadi setiap pengendara diharapkan untuk dapat mengatur pola pengeremannya dengan cara memberikan jarak terhadap pengendara di depan dengan catatan dalam kondisi normal atau tidak mendadak. Untuk jarak yang diatur di Indonesia apabila dengan kecepatan 30 km/jam biasanya adalah minimal 15 meter dan untuk jarak amannya adalah 30 meter.

>>> Pusing Dengan Bau Bensin Dalam Mobil Toyota, Begini Menghilangkannya

Dengan menggunakan jarak yang aman tentu dalam segi pengereman akan lebih maksimal dan tidak membahayakan baik pengendara itu sendiri ataupun pengendara lainnya. Selain itu bisa juga efisiensi meningkat dalam hal perawatan komponen ban dan juga rem mobil.

Gambar ini menunjukkan indikator bahan bakar dengan jarum merah serta tulisan E dan F

Bahan bakar lebih hemat memiliki jarak tempuh lebih jauh

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Untuk menjaga efisiensi bahan bakar, tahapan selanjutnya adalah dengan menjaga putaran mesin tetap stabil. Jika melakukan hal tersebut perkiraan bahan bakar dapat lebih hemat sekitar 20%. Bahkan terdapat fitur pada beberapa mobil supaya dapat menjadikan laju mobil tetap stabil. Dengan begitu efisiensi bahan bakar menjadi lebih maksimal. Fitur tersebut adalah cruise control.

Adapun yang terakhir dalam tips berkendara dengan efisien adalah dengan menjaga kecepatan kendaraan tetap stabil. Apabila laju kendaraan dikombinasikan dengan kecepatan yang tepat tentu akan lebih baik. Jika sudah begitu maka pengaruh baik yang didapat adalah meningkatnya akselerasi, efisiensi bahan bakar, kewaspadaan dan juga sistem pengereman.

Dalam mengatur kecepatan sebaiknya memahami dahulu jalan yang dilintasi. Untuk di Indonesia masalah regulasi kecepatan telah dibatasi oleh pihak pemerintah. Yang mana pada beberapa jalanan di beberapa wilayah dibatasi minimal laju kendaraan adalah 20 km/ jam dan maksimalnya adalah 100 km/jam.

>>> Lihat juga, Hati-hati, Gonta Ganti BBM Saat Mengisi Bahan Bakar di SPBU Berbahaya

Gambar ini menunjukkan speedometer pada mobil dengan jarum menunjukkan angka 60

Kecepatan yang stabil dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar

Bagi beberapa orang memang tidak menghiraukan masalah tersebut. Mungkin karena sudah terbiasa dalam berkendara sehingga hal tersebut bisa mengikuti dengan sendirinya tanpa harus dilakukan. Namun bagi sobat yang kadang masih berpikir untuk lebih menghemat bahan bakar, maka dapat melakukan beberapa tips berkendara dengan efisien seperti yang telah disebutkan di atas.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Padli Nurdin

    Sebagai salah satu komponen paling disukai di daerah perkotaan seperti Jakarta yang panasnya seringkali mendidih, AC mobil adalah kebutuhan paling penting bagi sebagian besar orang. Namun jika kesejukan mobil berkurang, bisa jadi freon AC mobil Toyota Anda mulai menipis.

  • Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Fatchur Sag

    Mobil bekas memang tak sempurna seperti mobil baru. Meski demikian Anda tak perlu risau sebab Anda masih bisa mendapatkan mobil-mobil bekas berkualitas baik dari penjual individu maupun di diler. Berbicara soal kelebihan dan kekurangan sudah pasti ada, yang penting harus berhati-hati saat menentukan pilihan. Lalu apa kelebihan membeli mobil bekas di diler?

  • Ternyata Merawat AC Mobil Toyota Bisa Buat Bahan Bakar Lebih Hemat

    Ternyata Merawat AC Mobil Toyota Bisa Buat Bahan Bakar Lebih Hemat

    Abdul

    Mempunyai kendaraan yang hemat bahan bakar tentu banyak diinginkan banyak orang. Namun dalam hal ini pihak produsen telah memperhitungkannya sehingga sudah sesuai dengan yang diatur. Akan tetapi dari pihak pemilik bisa membuat lebih hemat bahan bakar dengan melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan perilaku berkendara. Salah satunya adalah dengan merawat AC mobil.