Ketahui Mobil Bekas Banjir Dengan Cek Bagian Interior

05/11/2018

Membeli mobil bekas banyak diminati oleh sebagian orang. Alasannya bervariasi, ada yang karena mobil yang disukai sudah tidak diproduksi, harganya terjangkau, tidak ribet dalam pengurusan surat dan hal lainnya. Namun kalau boleh menyarankan sebaiknya lebih teliti, kalau bisa jangan membeli mobil bekas banjir.

Pada saat musim penghujan di beberapa daerah kadang tergenang banjir. Sehingga terdapat beberapa mobil menerobosnya untuk cepat sampai tujuan. Namun saat banjir terlalu dalam maka mobil akan terhenti dan kendaraan pun kemasukan air. Tidak hanya itu saja, kadang saat parkir di tempat yang salah seperti kondisinya cekung dan sedikit saluran air serta turun hujan lebat berakibat mobil tergenang air.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna putih dalam kondisi terdendam banjir

Mobil bekas terendam banjir sulit dalam hal penjualannya

Jika sudah begitu kebanyakan pemilik mobil akan menjualnya sehingga menjadi mobil bekas banjir. Namun kadang ada penjual yang menyembunyikan masalah tersebut dengan membersihkan sisa-sisa habis terkena banjir yang membuatnya tidak terlihat. Dengan begitu calon pembeli akan sulit mendeteksinya apabila kurang teliti dan tidak paham masalah mobil yang habis terendam banjir.

>>> Lihat juga, Ingat, Menaati Peraturan Lalu Lintas Di Jalan Sangat Diperlukan!

Jadi kebanyakan penjual menutup fakta mengenai mobil yang dijualnya, entah habis terendam banjir atau masalah lain yang dapat membuat harga mobil turun drastis.

Supaya sobat tidak mendapatkan mobil bekas banjir, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat diperhatikan.

Adapun tips yang pertama adalah dengan memperhatikan bagian interior pada mobil yang diincar. Jadi mobil yang terendam banjir tentu akan meninggalkan bekas yang bisa diketahui jika diperhatikan dengan lebih teliti.

“Periksa bagian karpet dasar, console box, door trim board maupun bagian-bagian kompartemen yang memungkinkan ada endapan lumpur atau kotoran,” ujar Parman, kepala bengkel Plaza Toyota Tendean, Jaksel.

Gambar ini menunjukkan sebuah jok pada interior mobil dan karpet dalam kondisi basah habis terendam banjir

Mobil bekas terendam banjir akan meninggalkan beberapa tanda atau bau pada interior mobil

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Selain itu, hal kedua yang perlu diperhatikan masih pada interiornya, yakni bau yang dihasilkan dan juga kelembaban di dalam kabin. Dengan memperhatikan dan merasakannya bisa diketahui kondisi mobil sebenarnya. Jangan sampai karena terlalu bersemangat akan mobil yang diincar sehingga melupakan ketelitian dalam proses pemeriksaan.

“Jika kena banjir pasti ada aroma bau yang kurang sedap seperti bagian karpet yang tidak kering dan jadi lembab sehingga menimbulkan bau tak sedap atau bau basah,” tambahnya.

Tentunya untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas diperlukan ketelitian dalam pengecekan setiap bagian pada kendaraan. Tujuannya adalah agar tidak kecewa di kemudian hari setelah dilakukan pemakaian beberapa hari dan terjadi masalah.

>>> Baca juga, Jangan Nekat, Tetap Waspada Saat Berkendara Di Jalan Tergenang!

Jadi ketika dirasa sobat mencium aroma tidak sedap dari bagian interior saat melakukan pengecekan, maka patut timbul rasa curiga. Tanyakan langsung kepada pihak penjual mengenai masalah tersebut.

Gambar ini menunjukkan 2 orang pria berdiri di depan mobil warna silver

Membeli mobil bekas harus teliti agar mendapatkan yang berkualitas

Saran lainnya mengenai masalah mobil bekas yang pernah terendam banjir, dari pihak  Richard dari gerai Car Care Sleek, Bintaro Jaya, Tangerang juga memberikan saran. Apabila calon pembeli merasa curiga terhadap kendaraan yang diincarnya, maka diharapkan untuk membongkar dashboard mobil. Pada umumnya setelah mobil terendam banjir, penjual akan malas membongkar bagian dashboard.

“Biasanya setelah terkena banjir, pemilik mobil jarang yang mau membongkar dasbornya untuk membersihkan kotoran di balik dasbor,” tuturnya.

Dengan mengetahui tips untuk menghindari mobil bekas banjir saat membeli kendaraan dengan melakukan pemeriksaan di bagian interior, diharapkan supaya konsumen mendapatkan yang terbaik. Yang dikhawatirkan adalah penjual menutupi masalah di dalam mobil yang dijual sehingga dapat merugikan pembeli di kemudian hari.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca

  • Penyebab Indikator 4WD Toyota Hilux Menyala Berkedip-Kedip

    Penyebab Indikator 4WD Toyota Hilux Menyala Berkedip-Kedip

    Abdul

    Setiap kendaraan pastinya pernah menemui masalah dari mulai yang kecil ataupun yang besar. Jika tidak berarti pemilik selalu melakukan perawatan secara rutin dan mengetahui tanda awal kerusakan sehingga dapat segera ditangani. Salah satu masalah yang perlu diperhatikan adalah indikator 4WD Toyota Hilux Menyala Berkedip-kedip.

  • Ini Fitur Toyota C-HR Yang Membuatnya Tampak Mewah Saat Malam Hari

    Ini Fitur Toyota C-HR Yang Membuatnya Tampak Mewah Saat Malam Hari

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu produsen ternama asal Jepang yang memasarkan produknya di seluruh dunia salah satunya adalah di Indonesia. Mobil besutannya yang masuk dalam segmen medium crossover SUV serta menjadi penantang Chevrolet Trax dan Honda HR-V adalah Toyota C-HR. Namun yang lebih menarik adalah Fitur Toyota C-HR yang terlihat mewah ketika di malam hari.

  • Mengenal Fitur Auto Headlamp Pada All New Toyota Rush Dan Cara Kerjanya

    Mengenal Fitur Auto Headlamp Pada All New Toyota Rush Dan Cara Kerjanya

    Abdul

    Beberapa waktu lalu salah satu produk Toyota yakni Toyota Rush generasi kedua diperkenalkan. Di dalamnya disematkan berbagai fitur modern untuk memaksimalkan keselamatan dan juga keamanan berkendara. Begitu juga fitur auto headlamp juga ikut diberikan pada All New Toyota Rush.