Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

14/08/2020

Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

Toyota adalah perusahaan otomotif asal Jepang yang menghadirkan mobil Vellfire dan Alphard. Kehadirannya dengan berbagai perbedaan dan segmentasinya masing-masing. Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard secara detail, Toyota Vellfire didesain terkesan modern, cool dan high tech dengan kesan gagah. Sedangkan Toyota Alphard memiliki kesan formal dan nuansa dinamis untuk kalangan pejabat negara.

Vellfire dan Alphard menunjang nyaris semua hal yang diinginkan konsumen kelas atas misalnya dengan kabin yang luas dan berbagai fitur yang sangat memanjakan. Selain pada desain eksterior, fitur yang disematkan pada Vellfire tidak berbeda jauh dengan Alphard.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Alphard dan Vellfire

Meskipun sama dalam kelas premium tentu ada perbedaan antara keduanya

>>> Baca Juga, Perhatikan Hal Ini, 4 Tips Membeli Toyota Alphard Bekas

Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

1. Alphard Formal, Vellfire Cool

Toyota Alphard dirancang untuk memiliki kesan formalitas sebagai Luxury MPV. Di sisi lain Vellfire terkesan cool, high tech dan modern. Alphard menyasar segmentasi kelas formal dan lebih cocok digunakan oleh kelas atas yang ingin memiliki ruang lapang bergaya ekslusif. Sementara Vellfire didesain untuk kelas mapan yang lebih mudah dan terkesan sporty serta mewah nan agresif. Oleh karena itu Vellfire lebih banyak digunakan oleh kalangan muda yang ingin tampil beda dan memiliki pengalaman unik dalam kendaraan.

2. Alphard Lebih Panjang Dari Vellfire

Meski sekilas memiliki dimensi yang sama, namun kedua mobil ini memiliki panjang yang berbeda. Alphard mempunyai panjang 4.945 mm dan Vellfire mempunyai panjang 4.935 mm. Untuk bagian lainnya, keduanya memiliki sama panjang dengan lebar 1.850 mm, tinggi 1.895 mm, dan wheelbase 3.000 mm.

Begitu juga ruangan kabin, semuanya hampir sama, yang membedakannya hanya pada bagian material ornamen kayu. Vellfire mengadopsi ornamen interior metal wood dengan dominasi warna hitam. Sedangkan Alphard mengadopsi ornamen kayu metal brown wood, baik itu pada tipe G dan tipe X dengan dominasi warna beige cerah. Dan pada Alphard 3.5 Q, kelas yang lebih premium ditunjang dengan kelir jok hitam dan burl wood grain.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Alphard hitam tampak samping dan depan

Alphard memiliki panjang yang lebih dibandingkan vellfire

>>> Ingin Memperbaiki Motor Pintu Geser Toyota Alphard 2004, Ini Penjelasannya

3. Eksterior Dominan Vs Agresif

Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard selanjutnya adalah eksteriornya. Pada Vellfire, memakai gril dengan ornamen bilah horizontal yang kokoh serta agresif. Sementara  Alphard menampilkan bagian depan yang dominan dengan gril ekstra besar serta futuristis. Tidak hanya gril, perbedaan paling kentara dari kedua mobil ini berada di area logo yang ada di tengah gril keduanya yang mirip perisai di mana Vellfire memakai lambang Toyota, sedangkan Alphard memakai logo khusus sesuai pengertian dari namanya.

Lampu utama juga jadi pembeda. Vellfire dibekali dengan dua pasang rumah lampu utama yang diletakkan melintang dengan posisi terpisah di atas dan di bawah. Sedangkan Alphard hanya menggunakan satu rumah lampu.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Vellfire warna putih tampak depan dan samping kanan

Vellfire mempunyai kesan cool high tech dan juga modern

4. Mesin

Untuk masalah mesin Alphard bisa dibilang unggul. Alphard dibekali dengan dua opsi mesin. Yang pertama yaitu berkode 2AR-FXE yang memiliki muatan 2.494 cc 4 silinder Dual VVT-i. Mesin ini mempunyai dua pasang motor listrik yang berada di roda depan dan belakang dengan label Electric – 4WD (E-Four).

Sedangkan yang kedua digunakan pada kelas lebih mewah, tipe 3.5 Q yang didukung oleh mesin 3.456 cc V6 Dual VVT-i yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga a 300 PS di 6.200 rpm dan torsi 36,8 kgm pada 4.700 rpm.

Sementara Vellfire hanya menggunakan satu mesin dengan kode 2AR-FE bervolume 2.494 cc 4 silinder Dual VVT-i untuk tipe 2.5 G. Tenaga yang dihasilkan bisa menempuh 180 PS pada 6.000 rpm dan torsi 23,9 kgm pada 4.100 rpm.  Tenaga memproses ke roda bagian depan lewat transmisi CVT.

Itulah perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard. Meski keduanya didesain hampir mirip, ada beberapa yang membedakannya seperti lampu, eksterior hingga bagian mesin. Lalu, kamu lebih minat yang mana?

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International