Ketahui 5 Jenis Oli Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diperhatikan

04/06/2018

Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produknya ke berbagai negara dan salah satunya di Indonesia. Setiap Mobil membutuhkan oli atau pelumas untuk menjaga kondisi dan memperlancar kinerja dari tiap komponen. Terdapat beberapa jenis oli pada Mobil Toyota yang perlu diketahui.

Fungsi oli sendiri adalah untuk melumasi komponen agar tidak terjadi gesekan langsung. Karena saat tidak ada oli yang melumasi maka bisa terjadi gesekan langsung yang dapat merusak komponen. Oleh sebab itu perlu memperhatikan beberapa jenis oli pada Toyota seperti melakukan pergantian secara berkala dan jangan sampai telat.

Berikut ini merupakan 5 jenis oli pada Mobil Toyota yang mempunyai fungsi sangat penting dan membutuhkan perhatian yang dilansir dari Toyota connect.

1. Oli Mesin

Untuk yang pertama adalah oli mesin yang dibagi menjadi 3 jenis yakni semi sintetik, full sintetik dan juga mineral.

Adapun oli mineral terbuat dari bahan minyak bumi atau based oli. Sedangkan yang semi sintetik terbuat dari bahan yang terkombinasi antara mineral dan sintetik. Untuk yang terakhir adalah full sintetik yang bahannya murni oli sisntetik kemudian dikembangkan dengan tujuan pemakaiannya lebih lama.

Gambar ini menunjukkan oli mesin mobil sedang dituangkan

Oli mesin dapat menjaga komponen Mobil tetap bekerja dengan maksimal

Berbicara kekentalan oli telah diukur oleh SAE, sedangkan melakukan pergantian biasanya berdasarkan kilometer yang telah ditempuh. Di Indonesia sendiri penggunaan oli mineral dapat mencapai 7.000 kilometer, sedangkan untuk oli sintetik dapat digunakan mencapai 10.000 kilometer.

Untuk menjaga kondisi mesin Mobil tetap prima, alangkah baiknya saat melakukan pergantian atau waktunya mengikuti rekomendasi dari pihak pabrikan.

Perlu diketahui, bahwa dengan melakukan pergantian sesuai rekomendasi dan tidak telat maka bisa memperpanjang usia pakai pada mesin kendaraan. Untuk melakukan pengecekan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya mencabut tongkat untuk memeriksa dan melihat ketinggian olinya atau dipstick. Lantas apa saja sih yang perlu diperhatikan saat memeriksa kondisi oli mesin?

>>> Baca juga, Tips Jitu Memilih Oli yang Tepat untuk Kendaraan Kesayangan Anda yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Apabila warna oli mesin tidak jauh berbeda pada saat mengisinya, berarti kondisinya masih terbilang bagus. Anda tinggal menyalakan mesin dan membawa Mobil kemanapun Anda suka. Akan tetapi jika warnanya hitam maka tandanya sudah waktunya untuk mengganti oli. Untuk pergantian terdapat 2 pilihan yaitu menggantinya sendiri atau membawanya ke bengkel.

2. Oli transmisi

Untuk jenis oli pada Mobil Toyota selanjutnya adalah oli transmisi. yang mana terbagi menjadi 2 yakni oli transmisi manual dan matic. Dalam penggunaannya, kedua jenis oli ini tidaklah sama. Untuk penggunaan oli transmisi manual dapat mencapai 10.000 kilometer baru dilakukan pergantian. Sangat berbeda dengan oli transmisi matic yang lebih pendek yakni diantara 40.000 kilometer sampai 60.000 kilometer.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi sebuah transmisi sedang dipelumasi oli

Oli pada transmisi manual bekerja sebagai pelumas yang memuluskan kerja komponen pada sistem transmisi

>>> Klik di sini jika berniat membeli Mobil Toyota Innova bekas dengan harga menarik

3. Oli garden

Dalam melakukan pergantian oli garden biasanya mengikuti pada oli transmisi. biasanya dilakukan setelah menempuh jarak 20.000 kilometer dengan kekentalan sesuai yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan. Untuk fungsinya adalah menghaluskan kinerja dari komponen transmisi yang saling bergesekan. Apabila garden mengalami kerusakan dapat ditandai dengan munculnya suara berisik.

Gambar ini menuhnjukkan sebuah tangan memegang oli garden dan dituangkanpada corong

Gunakan oli yang direkomendasikan supaya umur komponen menjadi lebih panjang

>>> Klik di sini untuk membandingkan Mobil dengan sesama segmen

4. Oli rem

Jenis oli pada Mobil Toyota selanjutnya adalah minyak rem. Sama halnya dengan oli mesin, minyak rem juga mempunyai grade yang ditunjukkan dalam nilai DOT. Jadi DOT merupakan nilai daripada titik didih yang mampu meredam panas yang dihasilkan oleh pengereman. Jadi apabila nilai DOT-nya rendah maka kemampuan dalam meredam panas juga kecil. Biasanya untuk kendaraan harian menggunakan minyak rem dengan DOT3 sedangkan untuk kebutuhan lebih seperti racing menggunakan DOT5.

gambar ini menunjukkan wadah minyak rem dan komponen lain pada mesin mobil

Sistem pengereman sangat penting untuk keselamatan berkendara

>>> Mungkin tertarik, Tips Memilih Oli Mesin Mobil Toyota Avanza Yang Sesuai

5. Oli power steering Mobil Toyota

Komponen selanjutnya yang membutuhkan oli adalah power steering. Yang mana fungsinya untuk meringankan pengendara saat memutar kemudi pada Mobil. Jadi nantinya oli akan dimasukkan untuk membantu kinerja dari pompa hidrolik. Untuk pergantiannya bisa dilakukan setiap 25.000 kilometer atau dalam jangka 2 tahun.

Gambar ini menunjukkan oli power steering sedang dituangkan ke tempatnya pada mobil

Power steering yang terjaga menjadikan pengendalian kemudi Mobil lebih stabil

Demikianlah informasi mengenai 5 jenis oli pada Mobil Toyota yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca