Kenapa Dinamai Kunci Inggris? Berikut Penjelasannya

06/10/2018

Berbagai macam tool atau kunci pada kendaraan yang berfungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan baut serta mur. Ada juga kunci khusus komponen tertentu yang dibuat untuk tidak digunakan pada sembarangan. Selain itu, ada juga kunci pas yang dapat diatur lebar kecilnya yang dinamai dengan kunci inggris. Sehingga banyak juga orang yang menyebutnya kunci serbaguna.

Pastinya banyak orang yang bertanya mengenai masalah kunci Inggris. Mengapa namanya begitu, kok tidak dinamai kunci Indonesia padahal digunakan di Tanah air.

Pada awalnya kunci serbaguna tersebut ditemukan di tahun 1842 oleh Richard Clyburn. Bahkan ternyata tidak hanya di Indonesia saja, banyak negara di bagian Eropa seperti Perancis, Jerman, Italia, belanda dan Spanyol menyebut kunci tersebut dengan nama English key.

Gambar ini menunjukkan 2 buah kunci Inggris yang satu ukuran besar dan satu kecil

Kunci Inggris banyak digunakan di bengkel ataupun tempat proyek

Di jaman dahulu ketika masa penjajahan oleh Belanda banyak pekerja di tanah air mendengar nam tersebut. Jadi mereka kerap menyebutnya English key sehingga para pekerja terbiasa mendengarnya dan mengikutinya dengan menyebutnya sebagai kunci inggris. Memang kunci baut model ini serbaguna, dari pembuka baut atau mur dengan ukuran paling kecil sampai paling besar dapat dibuka atau kencangkan tergantung ukuran maksimal kunci.

Akan tetapi tidak semua negara menyebutnya begitu, di negara lain seperti Israel, Denmark dan Polandia menyebut kunci serbaguna tersebut dengan nama Swedish key. Mengapa begitu? Kok tidak sama sih. Hal tersebut terjadi dikarenakan penyempurnaannya dilakukan oleh Johan Petter Johansson yang berasal Swedia, walaupun yang menemukan adalah Richard.

>>> Lihat juga, Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Mengenai Pintu Bagasi Mobil

Apabila dilihat dari kegunaan, kunci inggris yang diklaim serbaguna ternyata kerap digunakan untuk melepas baut ataupun mur yang bersifat opsional. Hal tersebut dikarenakan pembukaan baut atau mur menggunakan kunci tersebut sangat tidak dianjurkan. Alasannya adalah jika dalam mengencangkan atau mengendorkan menggunakan kunci serbaguna dapat membuat baut atau mur menjadi aus. Jadi jika menggunakannya maka titik cengkram yang dimiliki tidaklah presisi sehingga kurang maksimal dalam mencengkram.

Gambar ini menunjukkan kunci pipa dengan warna merah dan hitam

Kunci pipa banyak digunakan oleh tukang ledeng

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Apabila ingin melepas atau mengencangkan baut sangat disarankan untuk menggunakan kunci ring. Yang mana dengan kunci ini dapat lebih presisi karena mempunyai ukuran yang sama dengan baut. Bahkan resiko baut atau mur aus dan terjadi kerusakan sangatlah minim. Jadi saat tidak ada kunci ring karena tertinggal atau belum membelinya, maka alternatifnya adalah dengan kunci inggris.

Perlu diingat, bahwa penggunaan kunci ini sifatnya opsional, jadi jangan gunakan terus menerus. Sediakan juga kunci ring agar kondisi baut tetap presisi dan tidak aus. Karena banyak kasus yang terjadi, penggunaan kunci serbaguna terus menerus membuat baut atau mur menjadi rusak. Selain itu, lama kelamaan bisa berubah menjadi bundar. Jika sudah begitu akan kesulitan dalam melepaskannya dan jika sudah terlepas harus diganti dengan yang baru.

Berbicara masalah kunci, saat bepergian diharapkan membawa peralatan untuk keadaan darurat. Biasanya sudah disediakan pada produsen saat membeli mobil dalam kondisi baru. Akan tetapi alangkah baiknya menambahkan beberapa kunci lain untuk langkah jaga-jaga saat terjadi masalah di jalan.

Perlu diketahui, bahwa kunci Inggris mempunyai 3 jenis, apakah itu? Ini penjelasannya.

>>> Baca juga, Waspada Pencurian Ban Mobil, Begini Tips Yang Dapat Dilakukan!

Gambar ini menunjukkan 5 buah kunci sabit dengan berbagai ukuran

Kunci sabit banyak digunakan di perumahan untuk memperbaiki masalah kecil seperti keran air, gagang pintu dan lainnya

1. Kunci Sabit

Kunci model ini berbentuk seperti sabit dan kerap digunakan untuk mengatasi pekerjaan rumahan seperti keran air, gagang pintu dan lainnya. Penggunaannya juga mudah sehingga banyak pemilik rumah yang memilikinya untuk berjaga-jaga jika ada masalah kecil.

2. Kunci Monyet

Untuk kunci jenis ini terbilang populer dan dikenal dengan nama grip gas, banyak digunakan untuk proyek dan bengkel juga ada. Pegangannya lurus panjang dan terkenal awet dan tangguh. Bahkan ukurannya bermacam-macam, ada yang mencapai 3 inchi.

3. Kunci pipa

Untuk jenis kunci Inggris yang terakhir adalah kunci pipa yang kerap dikenal dengan kunci Stillson. Untuk jenis ini banyak digunakan oleh tukang ledeng untuk memperbaiki pipa yang bermasalah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Putaran Mesin Toyota Agya Tidak Stabil, Begini Solusinya!

    Putaran Mesin Toyota Agya Tidak Stabil, Begini Solusinya!

    Abdul

    Mempunyai sebuah mobil dengan performa yang baik serta nyaman tentu merupakan harapan pemilik. Akan tetapi kadang semuanya tidak seperti yang diinginkan, beberapa masalah kadang menghampiri. Salah satu masalah yang terjadi adalah putaran mesin Toyota Agya tidak stabil.

  • Bagian Kabin Toyota Agya Bising, Begini Solusinya!

    Bagian Kabin Toyota Agya Bising, Begini Solusinya!

    Abdul

    Mobil jenis LCGC terbilang cukup laku di pasaran. Hal tersebut dikarenakan harganya cukup murah dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan harga yang bersahabat pastinya tidak akan menguras kantong dan banyak konsumen yang menginginkannya. Salah satu mobil dalam segmen ini adalah Agya. Tapi tahukah sobat bahwa ada yang mengklaim bahwa kabin Toyota Agya bising, benarkah itu?

  • Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Abdul

    Toyota Calya merupakan mobil LCGC yang irit bahan bakar dan juga terkenal akan ramah lingkungan. Selain itu harganya yang terjangkau membuatnya banyak diminati. Fitur di dalamnya memang terbatas, seperti AC yang tidak terlalu terasa untuk penumpang baris kedua dan juga ketiga. Akan tetapi jangan risau, terdapat solusi untuk mengatasi AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang.