Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

22/03/2019

Cara menggunakan Cruise Control Toyota terbilang mudah, Anda hanya perlu memahami setiap fungsi dari tuasnya. Jika boleh jujur, fitur satu ini hanya dimiliki oleh mobil Toyota yang memiliki harga menengah ke atas loh sobat. Nah, di artikel kali ini, HargaToyota.com akan membahas segala hal terkait fungsi Cruise Control.

Apa Itu Cruise Control?

Cruise Control adalah sebuah teknologi terkini pada mobil yang berguna untuk membatasi kecepatan sesuai keinginan pengendara tanpa perlu menginjak pedal gas.

Cruise Control Pada Mobil berfungsi untuk melajukan kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas

Cruise Control umumnya selalu berada di kemudi setir

Fungsi Cruise Control nantinya dapat membuat Anda lebih fleksibel dan tidak mudah lelah. Injakan kaki pada pedal gas sudah tidak lagi diperlukan ketika Cruise Control aktif. Tak heran, apabila fitur ini banyak digunakan ketika melewati jalan tol atau bebas hambatan.

>>> Apabila Anda tertarik, Anda juga bisa melihat harga mobil Toyota terbaru di sini

Apakah Cruise Control Aman?

Dulunya, Cruise Control direkomendasikan untuk digunakan di jalan bebas hambatan saja dan tidak dapat diaplikasikan di area ramai dikarenakan berpotensi tinggi mengakibatkan kecelakaan.

Namun, pada versi baru-baru ini, Cruise Control sudah dilengkapi dengan sensor khusus yang mampu membuat laju mobil berhenti ketika sistem mendeteksi adanya objek dari arah depan.

Bagaimana Cara Menggunakan Cruise Control?

Cara mengaktifkan Cruise Control cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol ON/OFF pada tuas kemudi. Nantinya, akan muncul lambang panah berwarna hijau pada Speedometer yang menandakan Cruise Control sudah aktif.

>>> Ingin membaca ulasan mobil terbaru dan terlengkap, silahkan klik di sini

Berikutnya, Anda hanya tekan tombol SET dan atur kecepatan sesuai keinginan lewat tombol “+” (menambah kecepatan) dan “-” (mengurangi kecepatan). Semisal, Anda memilih 40 Km/Jam maka mobil akan melaju konstan di kecepatan 40 Km/Jam tanpa perlu menginjak pedal gas.

Jika sudah aktif, Anda bisa mulai melepas pedal gas perlahan-lahan dan biarkan mobil melaju secara otomatis di kecepatan konstan 40 Km/Jam. Mungkin bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Cruise Control, ada perasaan aneh yang timbul namun ada baiknya Anda tetap tenang dan mulai beradaptasi dengan teknologi mutakhir ini.

Cara Kerja Cruise Control terbilang tidak rumit, hanya perlu menekan tombol SET dan atur tingkat kecepatan

Cruise Control membuat Anda melaju secara konstan sesuai pilihan tingkat kecepatan yang sudah Anda atur

Perlu juga kami ingatkan, meski mobil sudah berjalan secara otomatis lewat fitur Cruise Control, Anda harus tetap waspada memperhatikan gerak-gerik kendaraan lain. Dikhawatirkan ada kendaraan lain yang menyerobot dari arah berbeda.

>>> Ingin merasakan Cruise Control? Toyota Yaris TRD Sportivo sudah menghadirkannya, simak harga selengkapnya di sini

Lalu, Bagaimana Cara Mematikan Cruise Control?

Ada dua cara mematikan Cruise Control yang keduanya sama-sama praktis dan mudah dipahami. Pertama, Anda bisa menekan tombol CANCEL pada tuas Cruise Control. Yang kedua adalah dengan menginjak rem atau pedal gas.

Cara mematikan Cruise Control bisa dengan menginjak pedal gas atau rem

Salah satu cara mudah mematikan Cruise Control adalah dengan menekan tombol Cancel

Sebagai catatan juga bahwasannya fitur Cruise Control hanya bisa diaktifkan ketika mobil melaju di atas 40 Km/Jam. Apalagi, dari penyampaian tentang cara kedua mematikan Cruise Control yakni menginjak rem, membuat fitur ini hanya bisa diaplikasikan pada jalan bebas hambatan saja. Bisa dibayangkan bukan, apabila mobil melaju di area ramai dan Anda akan melakukan banyak pengereman yang tentu saja membuat Cruise Control non-aktif. Hal paling bijaknya adalah mengetahui kapan dan dimana fitur Cruise Control bisa digunakan.

Daftar Mobil Toyota Yang Memiliki Cruise Control

Tak ada salahnya bagi Anda untuk merasakan teknologi canggih satu ini. Di beberapa mobil Toyota misalnya, fitur Cruise Control banyak disematkan untuk mempermudah Anda ketika melewati jalan tol.

Sejatinya, hampir semua mobil Toyota sudah dibekali fitur canggih ini. Berikut daftar mobil Toyota yang memiliki Cruise Control yang terdiri dari Toyota Yaris TRD Sportivo, Toyota Voxy, Toyota Camry, Toyota CH-R, Toyota Corolla Altis hingga Toyota Venturer.

>>> Simak juga tips menarik tentang mobil hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

    Hafizh Fauzan

    Untuk bisa merawat panel interior mobil Toyota dengan baik dan benar ternyata tidak sulit, dan inilah cara-caranya.

  • Mudik Ingin Lebih Hemat? Simak Langkah-Langkahnya

    Mudik Ingin Lebih Hemat? Simak Langkah-Langkahnya

    Franky Pratama

    Memasuki bulan Ramadhan, tentu momen paling ditunggu-tunggu adalah mudik ke kampung halaman. Sejatinya, ini sudah menjadi tradisi dari masyarakat Indonesia yang banyak bekerja keluar kota dan memanfaatkan liburan Lebaran untuk kembali ke rumah. Namun, tahukah Anda bahwa ada tips berkendara lebih hemat saat mudik? Berikut kita simak informasi selengkapnya.

  • Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Tips Mudik Dengan Toyota Calya, Ini Hal Yang Harus Anda Tahu

    Franky Pratama

    Mudik dengan Toyota Calya? Siapa takut? Itulah kesan yang harus disimpan dalam ingatan teman-teman semua, mengenai ketangguhan mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini. Toyota Calya adalah salah satu mobil keluarga yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Namun, masih saja ada yang mempertanyakan apakah Toyota Calya bisa diajak untuk mudik dalam perjalanan jauh. Berikut hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan.