Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize

23/05/2022

Dari sisi manapun SUV kompak ini menarik diperhatikan. Inilah kelebihan dan kekurangan Toyota Raize yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan membeli.

Line up Toyota Indonesia bertambah dengan hadirnya Raize, SUV 5 penumpang berdimensi kompak. Dengan panjang hanya 4 meter lebih sedikit dan lebar tak sampai 1,8 meter, mobil ini bisa jadi sarana mobilitas paling pas buat jalanan perkotaan hingga gang-gang kecil di perumahan. Apakah mobil ini juga sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut kelebihan dan kekurangan Toyota Raize yang perlu diketahui.

1. Sekilas Toyota Raize

 

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize

Toyota Raize, SUV kompak dengan desain berkarakter

 

Sebelum kehadirannya di Indonesia pada 30 April 2021, Toyota Raize sudah lebih dulu diluncurkan di Jepang di ajang Tokyo Motor Show 2019 sebagai Daihatsu Rocky. Laris manis di negeri sakura tersebut, Raize dan Rocky lantas dibawa ke tanah air. Mobil ini langsung mendapat respon positif. Terbukti dari pemesanan yang mencapai ribuan unit dan membuat antrean panjang untuk menerima unit.

Tidak dipungkiri bahwa Raize menarik karena banyak hal. Seperti desainnya yang unik, mesin hemat BBM, fitur TSS, hingga harga kompetitif. Poin terakhir ini bahkan sebelas dua belas dengan Toyota Rush. Harga Raize termahal adalah Rp 301,9 juta, sedangkan Rush paling mahal adalah Rp 301 juta OTR Jakarta April 2022. Anda tak perlu bingung untuk memilih karena keduanya punya plus minus sendiri-sendiri.

Ada 10 varian Raize ditawarkan ke konsumen dengan 1.0T GR CVT TSS Two Tone sebagai yang tertinggi. Apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Raize tersebut? Simak ulasan berikut!

2. Kelebihan Toyota Raize

  • Desain berkarakter

Dari sisi penampilan SUV Toyota Raize benar-benar berkarakter. Bagian depannya terkesan tegak serta penuh dengan garis-garis patah. Grill besar, headlamp sipit kekinian menambah kesan gagah.

Dari samping atap berkesan floating berkat blackout pada pilar A dan B. Bagian kaki-kaki juga menunjukkan karakter SUV berkat ground clearance tinggi, ban besar berukuran 205/60 R17 dan velg warna hitam glossy.

  • Kabin lapang

Raize memiliki kabin yang cukup lapang untuk 5 penumpang. Bahkan buat penumpang dewasa dengan postur tubuh tinggi masih bisa mendapatkan headroom dan legroom cukup lega.

  • Bagasi luas fleksibel

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize 2

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize

Selain lapang untuk penumpang, Raize juga menyediakan bagasi luas untuk membawa barang bawaan. Bagasi dilengkapi partisi penutup atas berbahan soft. Partisi ini bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Di bagian bawah lantai bagasi bisa dikonfigurasi rata bibir pintu atau lebih ke bawah. Jika bagasi masih kurang luas, Anda bisa menambah dengan cara melipat kursi baris ketiga.

  • Ada pilihan mesin turbo

Kelebihan Toyota Raize berikutnya yaitu adanya pilihan mesin turbo. Raize sendiri memiliki dua pilihan mesin, yaitu 1.000 cc turbo dan 1.200 cc non turbo. Mesin 1.000 cc turbo menghasilkan tenaga 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm. Sedangkan mesin 1.200 non turbo menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

  • Fitur keselamatan canggih

Hal paling menarik dari Toyota Raize adalah adanya fitur keselamatan canggih Toyota Safety Sense (TSS) yang cukup lengkap. Di dalamnya meliputi Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Pedal Missoperation Control, Pre-Collision Warning and Pre Collision Braking, Adaptive Cruise Control, dan Front Departure Alert.

Fitur TSS tersebut melengkapi fitur standar lain seperti Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), sistem pengereman ABS, immobilizer, airbag dan yang lain.

  • Velg ban serep sama dengan yang asli

Berikutnya kelebihan Toyota Raize adalah ban cadangan punya velg yang sama dengan aslinya. Jadi, saat penggantian ban langsung serasi dengan yang lain.

3. Kekurangan Toyota Raize

  • Setir belum teleskopik

Kekurangan atau kelemahan Toyota Raize yang pertama adalah tidak memiliki fitur teleskopik. Setirnya sudah Tilt untuk pengaturan tinggi rendah, namun tidak bisa diatur maju mundur menyesuaikan kenyamanan pengemudi.

Secara dengan harga tembus Rp 300 juta tidak adanya fitur teleskopik menjadi kekurangan yang cukup signifikan. Sedangkan model lain yang harganya lebih murah ada yang dilengkapi fitur tersebut, misalnya Suzuki Baleno Hatchback.

  • Tidak memiliki fitur TPMS

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Raize 3

Toyota Raize belum dilengkapi fitur Telescopic Steering

Fitur pemantau tekanan ban atau Tire Pressure Monitoring System (TPMS) mulai banyak tersedia pada mobil-mobil terkini. Dengan fitur ini tekanan ban bisa diketahui lewat layar MiD di dashboard. 

Sayang, data spesifikasi Toyota Raize tidak menunjukkan adanya fitur TPMS. Untuk memantau tekanan ban Anda harus melakukan secara manual. Turun dari mobil, lalu ukur ban menggunakan alat khusus bernama Tire Pressure Gauge.

  • Tidak ada fitur Android Auto dan Apple CarPlay

Sistem multimedia Toyota Raize cukup sederhana. Bahkan tidak ada Android Auto dan Apple CarPlay meski keduanya sangat dibutuhkan. Untuk konektivitas hanya ada bluetooth dan hp mirroring.

  • Harga tidak murah

Toyota Raize dijual mulai Rp 229,8 juta untuk varian terendah 1.2 G M/T One Tone hingga Rp 301,9 juta untuk varian tertinggi GR CVT TSS Two Tone. Harga tersebut kompetitif, namun tidak bisa dibilang murah. Di rentang harga itu Anda memiliki banyak pilihan model, baik 5 seater maupun 7 seater.

4. Kesimpulan Toyota Raize

Kelebihan dan kekurangan Toyota Raize di atas belum seluruhnya. Namun setidaknya yang telah disebutkan bisa jadi bahan pertimbangan apakah SUV kompak ini sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Fatchur Sag
 

FAQ umum

1. Berapa kecepatan Toyota Raize?

Maksimum 160 km/jam

2. Toyota Raize mobil jenis apa?

Toyota Raize termasuk jenis mobil Compact SUV

3. Berapa tenaga Raize turbo?

Tenaga Toyota Raize turbo yaitu 98 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm.

4. Berapa cc Toyota Raize 2021?

1.000 cc turbo dan 1.200 cc non turbo

Mungkin Anda ingin baca

International