Jangan Takut, Begini Tips Melewati Tanjakan Ekstrim Dengan Mobil Toyota Matik!

05/01/2019

Jalanan yang dilewati kendaraan tidak semuanya lurus dan membelok saja. Kadang akan dihadapkan jalanan yang menanjak atau turunan yang tajam. Sehingga dapat membuat pengemudi enggan untuk melintasi wilayah dengan kondisi jalan tersebut. Biasanya jalanan dengan tanjakan atau turunan curam akan ditemui di wilayah pegunungan dengan pemandangan yang luar biasa. Lantas bagaimana jika melewati tanjakan ekstrim dengan mobil Toyota matik?

Pada saat liburan banyak yang berbondong-bondong untuk pergi ke tempat wisata yang diinginkan, tidak terkecuali daerah pegunungan. Oleh sebab itu mau tidak mau jika ingin sampai tujuan harus melintasi tanjakan yang cukup ekstrim. Apalagi pada momen tersebut biasanya mobil akan full karena dimuati oleh orang dan barang. Sehingga mobil terasa mendongkrak atau bagian depan terangkat. Apalagi saat ingin melewati tanjakan ekstrim dengan mobil Toyota matik seperti daerah pegunungan, tentunya harus ekstra hati-hati.

Gambar ini menunjukkan tanjakan yang ekstrim menuju arah pegunungan

Melintasi jalanan ekstrim harus ekstra waspada dan butuh kesabaran

Dalam kondisi tersebut banyak yang bimbang, apakah bisa atau tidak, karena sangat rawan sekali mobil terangkat ke belakang. Hal tersebut dikarenakan ketika melewati tanjakan ekstrim maka distribusi akan pindah ke belakang. Semakin curam tanjakan yang dilewati maka beban akan semakin jauh ke belakang. Namun tentu ada strategi tertentu untuk bisa melintasinya supaya dapat sampai ke tujuan.

Pada mobil dengan sistem penggerak roda depan tentunya akan terbilang cukup sulit. Karena ban depan bisa saja kehilangan traksi dengan mudah. Namun ternyata hal tersebut malah bisa menjadi salah satu makanan empuk bagi mobil dengan penggerak roda belakang. Karena daya cengkramnya bertambah akibat tumpuannya yang pindah ke belakang.

Nah berikut ini terdapat strategi yang dapat dilakukan untuk melewati tanjakan ekstrim dengan mobil Toyota matik yang bersumber dari Toyota connect.

>>> Lihat Juga, Ingin Tahu Masalah Transmisi Mobil Matic, Ini Gejalanya Yang Kerap Terjadi!

Pada saat melewati tanjakan diharapkan pengemudi dapat mengail torsi dengan baik. Selain itu juga harus menjaga supaya tidak sampai momentum habis saat sedang melintasi tanjakan. Apalagi untuk mobil sistem matik yang mempunyai mechanical lost yang terbilang cukup tinggi. Apabila memakai mobil matik konvensional, untuk menjaga supaya torsinya tepat cukup mudah. Untuk caranya dengan menempatkan tuas transmisi pada posisi 1 atau L dan gigi akan bertahan di posisi 1. Jangan lupa untuk mematikan AC mobil supaya beban pada mesin menjadi lebih ringan.

Setelah itu dilanjutkan dengan menekan pedal gas yang dilakukan secara halus dan membiarkan ban mendapatkan daya cengkram maksimal. Perlu diingat, dalam hal ini jangan sampai menekan pedal gas sampai habis karena dikhawatirkan  mobil semakin mendongkrak ke atas. Jika sampai terjadi maka gaya dorong pindah ke belakang dan ban bagian depan sulit untuk bisa mendapatkan traksi.

Gambar ini menunjukkan barang bawaan yang ditempatkan pada bagasi mobil

Saat bepergian untuk liburan biasanya membawa barang bawaan yang cukup banyak

Tahanlah injakan pedal gas berkisar setengahnya saja dan membiarkan mobil tetap melaju di tanjakan dengan memanfaatkan momentum yang telah didapat. Apabila terasa kekurangan daya maka bisa menambah sedikit, begitu juga saat terlalu kuat meluncur maka perlu dikurangi. Dalam melewati tanjakan ekstrim dengan mobil Toyota matik dibutuhkan kesabaran dan menjaga irama mesin sampai tanjakan berhasil dilewati.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Apabila sudah sampai pada ujung tanjakan dan jalanan sudah rata bisa memindahkan transmisi pada posisi D. Bahkan untuk mobil dengan transmisi CVT juga kerap memakai pola tersebut untuk melintasi tanjakan ekstrim. Hanya saja perbedaannya adalah harus lebih meningkatkan kesabaran karena respons dari transmisinya relatif lebih lambat. Pada intinya, yang menjadi kunci adalah bagian roda depan yang perlu mendapat traksi yang tepat dan optimal.

Bagi mobil yang sudah tidak memiliki pilihan gigi 1 atau L dan hanya terdapat mode berkendara, maka bisa memposisikannya pada mode Sport atau S. Selanjutnya mengaktifkan kontrol traksi supaya torsi pada mobil dapat diberikan pada ban dengan menggunakan traksi yang optimal. Selanjutnya adalah melakukan kickdown dan memberikan arahan kepada komputer bahwasanya dalam kondisi saat ini sedang membutuhkan torsi yang besar dengan transmisi pada gigi terendah.

Pada saat mobil sudah berjalan juga harus tetap menjaga irama mesin selayaknya pada mobil matik konvensional. Begitu juga pada mode manual bisa memindahkan gigi terendah atau 1 kemudian lakukan seperti cara yang telah disebutkan di atas.

>>> Baca juga, Wow! Ada 2 Jenis Oli Transmisi Toyota Calya Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Gambar ini menunjukkan mobil warna putih sedang melintasi tanjakan

Jangan grogi saat melintasi tanjakan dan mempraktekkan informasi yang diketahui

Namun sebenarnya jika menempatkan posisi transmisi di D masih tetap dapat menanjak. Untuk langkahnya tinggal kickdown dan lanjut seperti pada tahapan di atas. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah pemilik harus mengetahui karakter perpindahan gigi pada mobilnya. Jangan sampai salah dalam menjaga irama karena dapat berpindah sendiri gigi transmisinya jadi lebih tinggi dan bisa kehilangan momentum.

Hal penting lainnya yang benar-benar diperhatikan adalah jangan sampai grogi. Karena jika terjadi bisa membuat pengemudi lupa akan teori yang diketahui. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah melewati tanjakan ekstrim dengan mobil Toyota matik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca