Jangan Sembarang Pilih Oli, Ini Tips Memilih Oli Mesin Dari Auto2000

12/09/2019

Oli adalah sebuah pelumas penting bagi komponen mesin di mobil Toyota. Maka dari itu, Anda juga dituntut untuk memahami mana oli terbaik untuk tiap-tiap mobil Toyota yang Anda miliki. Menjawab hal tersebut, Auto2000 memberikan tips memilih oli mesin mobil Toyota yang benar.

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Toyota

Banyak dari kita tinggal percaya-percaya saja kepada teknisi di bengkel-bengkel favorit Non-Official. Bahkan, tak sedikit yang memilih oli mobil berdasarkan tingkat popularitas atau harga yang mahal. Tapi bukan itu patokan aslinya. Setidaknya, Anda perlu tahu tentang spesifikasi oli yang berbeda-beda untuk tiap jenis mobil.

Di halaman resminya, Auto2000 memberikan tips memilih oli mesin mobil Toyota yang benar. Sehingga, Anda menjadi lebih yakin akan kualitas dan spesifikasi oli yang diaplikasikan pada mobil kesayangan.

1. Membaca Buku Manual Resmi

Sudah saatnya bagi teman-teman untuk mulai membaca buku manual Toyota. Di sana akan tertera informasi lengkap seputar pelumas yang cocok untuk kebutuhan mobil kesayangan Anda. Pastikan untuk mengetahui spesifikasi mesin dan jenis oli yang sesuai.

Buku Manual Toyota tergolong sangat penting untuk melihat oli pelumas apa yang cocok untuk mobil Anda

Buku manual Toyota selalu berisi tentang segala hal lengkap yang perlu diketahui konsumennya

>>> Inilah Teknik Toyota Agar Oli TMO Tidak Dipalsukan

2. Lakukan Pengecekan SAE

Bagi Anda yang kurang Familiar dengan sebutannya, Society of Automotive Engineers (SAE) adalah indikator pertama yang digunakan dalam memilih jenis oli mobil. Umumnya, SAE selalu dituliskan dalam format 0W-20, 0W-40, 20W-50, 10W-40 dan sebagainya.

SAE Oli Mobil bermacam-macam dan harus disesuaikan dalam memilih jenis oli yang tepat untuk spesifikasi mesin

Salah satu contoh SAE pada kemasan oli mobil

Cara membaca kode SAE pada oli mesin Toyota cukup mudah. Semisal tertulis tertulis 0W-40, maka oli tersebut punya kekentalan SAE 0 di suhu dingin serta punya kekentalan SAE 40 di suhu panas.

3. Periksa Secara Detail Akan Sertifikasi Oli

Jangan sekali-sekali memilih oli yang tidak punya sertifikasi. Tiap oli yang tersertifikasi adalah oli yang sudah teruji kualitas dan terjamin standar, diuji langsung oleh lembaga kredibel. Pada umumnya, sertifikasi oli yang diberikan adalah ILSAC, JASO, API dan ACEA.

>>> Baca juga: Simak harga pasaran mobil-mobil Toyota baru dan bekas selengkapnya di sini

4. Gunakan Oli Sintetis

Dari pasaran, tersedia dua jenis oli meliputi oli mineral dan oli sintetis. Untuk spesifikasi mesin modern Toyota, dituntut untuk memilih oli sintetis karena punya kadar penguapan rendah, tahan akan gesekan, mencegah karat, daya pembersih tinggi dan melumasi setiap komponen dengan sempurna.

Beda Oli Sintetis dan oli mineral terlihat dari bentuk dan kegunaannya dalam dunia otomotif, yang mana oli sintetis lebih cocok untuk spesifikasi mesin mobil Toyota modern

Bisa diamati perbedaan dari oli sintetis dan oli mineral

Sedangkan oli mineral adalah hasil ekstraksi dari minyak bumi dan lebih alam. Tapi, oli jenis ini tidak memenuhi kebutuhan dari mesin mobil Toyota modern. Sehingga, pilihan terbaik adalah oli sintetis.

5. Pahami API Service

American Petroleum Institute (API) adalah lembaga yang menetapkan kualitas tingkat kemampuan oli dalam menjaga performa dan ketangguhan mesin. Ada beberapa barometer yang jadi patokan klasifikasi seperti masa pakai, jenis, teknologi dan berbagai paramater lainnya. Perlu dicatat agar Anda tidak menggunakan kode API Service oli yang lebih dari apa yang sudah ditetapkan oleh Toyota. Pasalnya, jika itu terjadi maka mesin tidak bisa awet untuk jangka panjang.

>>> Simak tips dan trik merawat mobil Toyota lainnya hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

    Mengetahui Dokumen Jual Beli Mobil Bekas, Jangan Ada Yang Kurang Ya

    Abdul

    Membeli serta menjual mobil bekas harus dilakukan semuanya dengan cermat agar rencana yang sudah kamu atur berjalan sepenuhnya. Salah satunya berkaitan dengan legalitas atau kelengkapan dokumen jual beli mobil bekas yang dimiliki oleh sebuah mobil.

  • Mengetahui Fitur Toyota Fortuner Generasi Pertama Yang Cukup lengkap Di Zamannya

    Mengetahui Fitur Toyota Fortuner Generasi Pertama Yang Cukup lengkap Di Zamannya

    Abdul

    Toyota Fortuner diperkenalkan pertama kali tahun 2005 oleh PT TAM (Toyota Astra Motor). Yang mana mobil ini masuk dalam kelas big SUV tangguh dan siap dipakai untuk melintasi jalanan segala medan. Nah kali ini kami akan membahas tentang fitur Toyota Fortuner generasi pertama.

  • Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Mengenal Lebih Banyak Fungsi Dari Kaca Spion Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota menjadi salah satu produsen mobil yang cukup ternama di Indonesia. Beragam fitur diberikan pada mobilnya untuk mendukung kenyamanan berkendara. Setiap bagian pada mobil mempunyai fungsi masing-masing. Untuk segmen kali ini kami akan membahas mengenai fungsi kaca spion mobil.

International