Jangan Sampai Lupa Merawat Ban Serep, Ini Kata Toyota

26/06/2019

Banyak orang lupa akan keberadaan ban serep. Malahan, banyak dari mereka tak pernah menyentuhnya sejak hari pertama membeli mobil. Padahal fungsi ban serep atau ban cadangan, memiliki dampak yang cukup positif ketika ban mobil mengalami kebocoran di tengah jalan. Ini kata Toyota tentang cara merawat ban serep.

Sesuai Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009, pasal 57 Ayat (3), ban serep dikategorikan sebagai perlengkapan standar yang harus ada pada setiap mobil. Letaknya sendiri berbeda-beda di setiap mobil. Terkadang ada jenis mobil yang menggantungnya pada bodi belakang, ada juga yang disematkan di bagasi dan paling umum ditempatkan pada kolong mobil.

Tips Merawat Ban Serep

Toyota nyatanya juga mengamati pentingnya ban serep, hal yang banyak disepelekan oleh orang. Di halaman resminya, Toyota menyampaikan bagaimana cara merawat ban serep yang baik dan benar. Sejatinya, proses tak jauh berbeda dengan merawat ban mobil pada umumnya.

1. Tekanan Angin

Tentu karena ban serep jarang digunakan, lama-kelamaan akan tekanan angin akan menyusut dengan sendirinya alias kempes. Jika dibiarkan, sedangkan Anda mengalami kebocoran ban tengah jalan, sudah dipastikan ban cadangan tersebut tidak bisa digunakan. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk mengecek tekanan angin dari ban serep menggunakan alat pengukur bernama Tyre Pressure Gauge.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca review mobil terbaru di sini

Tyre Pressure Gauge berfungsi untuk mengetahui tekanan angin pada ban mobil

Langkah awal bisa dilakukan dengan mendeteksi tekanan menggunakan Tyre Pressure Gauge

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa juga mengecek secara berkala sebulan sekali. Perhatikan tekanan anginnya, apakah sudah mulai menyusut atau tidak. Jika iya, maka Anda hanya perlu datang ke bengkel terdekat untuk mengisi tekanan. Pentingkan juga kami ingatkan untuk mengisi tekanan lebih tinggi 2 hingga 5 psi dari ukuran standar tekanan pabrikan.

Mengisi tekanan angin pada ban cadangan direkomendasikan melebihi 2 hingga 5 psi dari ukuran standar pabrikan

Pastikan untuk mengisi tekanan angin pada ban serep secara berkala

>>> Simak juga daftar harga pasaran dari mobil Toyota yang dijual di Indonesia

2. Kebersihan Ban Serep

Tidak lucu bukan, apabila ban serep Anda dipenuhi kotoran atau bahkan ada karat di sana. Hal ini sering terjadi umumnya pada model ban serep yang disematkan di kolong mobil. Alasannya cukup sederhana yakni ketika melewati genangan air hujan dan juga kondisi lembab, sehingga menyebabkan adanya korosi. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengecek dan menjaga kebersihan ban serep.

Ban Serep harus dijaga dan dirawat supaya dapat berfungsi baik ketika dibutuhkan

Pantau juga kebersihan ban serep dari kotor maupun karat

3. Kondisi Ban Serep

Hal penting lainnya adalah memantau kondisi dari ban serep. Khawatir kondisinya tidak memungkinkan lagi untuk digunakan, karena sudah tak lama digunakan. Umumnya, elastisitas ban menjadi berkurang. Untuk menyiasatinya, Anda bisa melapisi ban dengan semir secara merata.

>>> Ikuti terus informasi tips merawat mobil terbaru hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca