Jangan Salah, Ini Sebab Transmisi CVT Banyak Dipakai Mobil Toyota

06/08/2019

Banyak mobil di zaman sekarang yang mengandalkan transmisi CVT terutama di Indonesia. CVT sendiri merupakan kepanjangan dari Continous Variable Transmission dan untuk Toyota produk yang telah menggunakan model tersebut meliputi Toyota Voxy, Camry generasi terbaru, Vios dan juga Toyota Yaris.

Apabila dilihat dari konstruksinya, transmisi CVT mobil Toyota menggunakan sabuk baja yang proses pemutarannya dilakukan oleh puli. Bagian ini bertugas untuk meneruskan daya yang berasal dari mesin menuju ke bagian roda. Memang untuk konstruksinya cukup ringan dan ringkas, hal tersebut karena tidak adanya deretan rasio gigi seperti pada mobil matik konvensional.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris warna putih dengan transmisi CVT

Banyak mobil Toyota yang menggunakan transmisi CVT

>>> Baca Juga, Berbeda Dengan Transmisi Matic Biasa, Ini Dia Cara Merawat Transmisi CVT Toyota Anda

Ruang mesin yang kompak dirancang oleh insinyur Toyota berkat desain yang ringkas sehingga dapat dikompensasikan untuk membuat ruang kabin yang lebih lega dan menimbulkan rasa nyaman di dalam mobil ikut bertambah.

Namun tahukah sobat bahwa saat kemunculan pertama kali transmisi model CVT ada keluhan yang masuk. Keluhan tersebut meliputi terdapatnya delay pada respons daya sabuk baja dan juga saat berada di putaran rendah terasa lemah. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu pengembangan dilakukan pada bagian material dan sektor computer mesin. Hasilnya untuk respons semakin sigap dan juga lincah dalam mengikuti keinginan dari pengemudi.

Jadi transmisi CVT pada mobil Toyota menjadi lebih cekatan dan juga responsif saat berada di jalan. Bahkan isu yang beredar mengenai daya yang lemah membuat bahan bakar tambah boros bisa ditekan. Untuk sekarang mobil Toyota yang menggunakan transmisi model CVT dalam membaca karakter berkendara semakin mumpuni dan dalam penyaluran tenaga juga tambah optimal.

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca review mobil terbaru di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mesin yang menggunakan transmisi CVT

Transmisi model CVT telah dikembangkan sedemikian rupa sampai mampunyai banyak peminat

>>> Begini caranya memaksimalkan transmisi otomatis Toyota Avanza ala tester Hargatoyota.com

Sementara untuk outputnya, Transmisi model CVT pada mobil Toyota dapat melakukan pengaturan dalam menyalurkan tenaga menggunakan metode yang efisien dan juga seresponsif mungkin. Oleh sebab itulah untuk transmisi model CVT saat ini sangat sigap dan juga sangat bertenaga. Begitu juga untuk konsumsi bahan bakar lebih hemat saat pengendara melakukan perjalanan dengan santai.

Pada umumnya transmisi pada kendaraan membutuhkan beberapa saat dalam melakukan pembacaan karakter berkendara. Jadi sangat disarankan dalam melakukan pengaturan irama berkendara dibiasakan untuk selalu konsisten. Tujuannya adalah agar komputer yang mengatur transmisi paham akan keinginan pengendara dan dalam pemberian output daya dapat keluar sesuai keinginan.

Sebelumnya transmisi CVT pada mobil Toyota memang ada keluhan, namun untuk sekarang sudah mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Hasilnya banyak pengguna mobil Toyota yang sekarang menyenangi transmisi model ini.

>>> Cek daftar harga mobil buatan Toyota ditawarkan di sini sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi CVT yang terdapat pada mobil toyota

Terdapat kelebihan tersendiri untuk mobil transmisi CVT

Hal tersebut juga termasuk pada bagian perawatan karena struktur serta desain yang dimiliki sangat simple dan juga ringkas. Bahkan terasa seperti tidak terdapat oli yang merendam roda gigi. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai sebab transmisi CVT banyak digunakan pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Simak juga tips dan trik seputar mobil menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 

Mungkin Anda ingin baca