Jangan Salah, Ini Fungsi Spoiler Mobil Yang Perlu Diketahui

08/06/2020

Banyak yang mengaku paham dan menguasai mobil namun tidak mengerti beberapa fungsi dari komponen mobil itu sendiri. Salah satunya cover yang sering kali dicap sebagai aksesoris atau pelengkap estetika pada mobil saja.

Pengertian spoiler mobil

Seperti dikutip dari berbagai sumber, spoiler mobil adalah salah satu komponen mobil yang tidak hanya berfungsi sebagai estetika atau pemanis tampilan, tetapi juga menjaga keadaan mobil tetap stabil saat melaju kencang. Spoiler biasanya berada di bagian belakang, samping dan depan bodi mobil.

Gambar ini menunjukkan beberapa spoiler mobil dengan beragam warna

Terdapat beragam jenis spoiler yang dijual dipasaran dengan harga beragam dan disesuaikan dengan mobilnya

>>> Baca Juga, Perhatikan Hal Ini, 4 Tips Membeli Toyota Alphard Bekas

Fungsi spoiler mobil

Menurut ahli dari dealer Toyota, fungsi spoiler pada mobil sejatinya membuat keadaan mobil menjadi baik dan stabil, seperti dapat mengurangi daya angkat (lift) ketika mobil dalam keadaan kecepatan tinggi.

Daya angkat yang terjadi dalam kecepatan tinggi dapat menimbulkan gangguan seperti turbulensi dan kurang stabil, dengan adanya spoiler dapat memberikan gaya ke bawah atau downforce sehingga membuat mobil lebih stabil. Selain itu, kehadiran spoiler mampu membuat pengendalian (handling) terhadap mobil menjadi maksimal.

Kamu yang sering otak-atik mobil jangan sembarangan ketika memasang spoiler pada mobil, hal yang harus dicermati adalah menjaga keseimbangan antara masing-masing bagian depan, belakang dan samping. Jika tidak, akibatnya bisa fatal.

Ketika mobil melaju kencang maka beban hanya akan fokus pada satu titik sehingga mobil berjalan dengan arah yang tidak menentu dan dengan mudah berubah haluan (oleng) yang secara otomatis akan membahayakan seluruh penghuni di dalamnya. Karena itu pastikan pemasangan spoiler dilakukan oleh orang-orang yang sudah paham mengenai komponen ini.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan spoiler mobil dan kaca belakang yang dibekali wiper

Ada juga spoiler yang dibekali dengan rear stop lamp

>>> Baca Juga, Berikut Beberapa Aksesoris Toyota Calya Yang Memiliki Manfaat Lebih

Hal lain yang tidak disarankan juga yaitu menggunakan spoiler mobil  yang terlalu berat. Saat ini banyak spoiler yang dijual bebas (aftermarket) di pasaran dan menjadi salah satu objek penting untuk dimodifikasi. Namun hindarilah pemilihan spoiler yang terlalu berat, karena selain memaksakan mesin memikul lebih banyak beban tentunya lebih boros bahan bakar.

Saat ini di pasaran kamu dapat menemukan berbagai jenis spoiler, bahkan berkat teknologi modern membuat spoiler semakin canggih. Salah satunya spoiler yang dapat mengembang otomatis ketika pengendara memacu kendaraannya dengan kecepatan di atas 100 km/jam, hal ini bertujuan agar mobil lebih stabil dengan kecepatan tersebut.

Penempatan spoiler pada mobil

Setiap mobil penggunaan spoiler ini bisa ditempatkan di berbagai sudut. Jika pada mobil sedan spoiler terlihat besar dan diletakkan di atas pintu bagasi, berbeda dengan mobil jenis hatchback yang diletakkan di atap belakang atau di atas kaca belakang.

Sementara di bagian depan, rata-rata spoiler diletakkan di bawah bumper yang berfungsi meminimalkan angin yang masuk dan dapat mengurangi daya melayang. Sedangkan pada bagian samping biasanya diletakkan di bawah pintu mobil sebagai tempat embusan angin.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan  bagian belakang mobil Toyota dengan spoiler sedang dipegang

Jika mobil tidak memiliki spoiler bisa melakukan pamasangan

Pada mobil balap sendiri komponen ini disebut sebagai wing yang memiliki fungsi sama dengan spoiler. Karena kecepatan mobil balap lebih tinggi daripada rata-rata mobil biasa, wing didesain dengan ukuran yang lebih besar dan berat.

Itulah berbagai fungsi spoiler mobil. Spoiler diciptakan tidak hanya menambah kesan bagus dan elegan pada bodi mobil tetapi juga dapat menjaga mobil agar tetap stabil dan tidak mudah oleng saat dipacu dalam keadaan kecepatan tinggi. Nah, semoga artikel ini bermanfaat dan pastikan kamu tidak salah langkah dalam penggunaan spoiler ini ya.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International