Jangan Mengganti Lampu Rem Toyota Avanza Sembarangan, Ternyata Ada Resikonya Lho!

03/12/2018

Melakukan perubahan pada mobil Toyota Avanza boleh-boleh saja, kan mobil milik sendiri. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai melakukan upgrade atau perubahan namun mengganggu kinerja dari mobil itu sendiri. Selain itu juga tidak boleh membuat pengendara lain terganggu akibat modifikasi yang dilakukan seperti mengganti lampu dengan yang terlalu terang sehingga mengganggu pandangan pengendara lain. Begitu juga saat mengganti lampu rem Toyota Avanza juga tidak boleh sembarangan.

Mungkin banyak yang sudah melihat di jalanan mengenai Avanza. Yang mana pemiliknya telah mengganti lampu rem Toyota Avanza dengan lampu aksesoris yang didesain menyala berkedip-kedip. Tujuannya adalah agar kendaraan tampil beda dan terlihat lebih menarik.

Namun bersamaan dengan masalah tersebut, banyak pemilik mobil juga mengeluhkan Toyota Avanza yang dimiliki kehilangan tenaga secara tiba-tiba saat diinjak pedal gas.  Dalam hal ini dari pihak Imron selaku Technical Leader Toyota Auto2000 Krida, Pasar Minggu, Jakarta Selatan juga memberikan ungkapan yang sama.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Avanza warna biru dengan bagian lampu belakang sebelah kiri dilingkari

Lampu  rem berfungsi sebagai penanda bahwa mobil sedang melakukan pengereman

"Udah ada kita itu empat mobil, mobil Avanza yang sering ya kasih lampu itu (kedap-kedip). Saat di gas ngempos," ujar Imron.

>>> Baca juga, Inilah Modifikasi Audio Mobil Toyota Avanza Supaya Lebih Mantap

Dengan begitu dari pihak Imron juga melakukan pengecekan pada bagian yang dianalisis menjadi penyebab tenaga berkurang saat di gas dan akhirnya menemukan hasil.

"Tapi kita cek semua lampu enggak ada masalah. Kita diagnosa, ke switch stoplamp data di komputernya itu ngerem terus dan kita cek ternyata lampu sudah tidak standar pakai IC dalamnya," lanjutnya.

Jadi permasalahannya adalah ECU mobil yang dimiliki Toyota Avanza ternyata sudah error. Adapun penyebabnya adalah lampu rem yang digunakan ternyata bukan standarnya, akan tetapi yang telah didesain menyala berkedip-kedip ketika dilakukan pengereman. Jadi sebaiknya tidak mengganti lampu rem Toyota Avanza dengan lampu yang tidak sesuai dengan rekomendasi pihak pabrikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Avanza dan terlihat logo Toyota dan lampu belakang bagian kanan

Gunakan lampu rem sesuai standard pabrikan dan spesifikasi kendaraan

"Kalau direm dia kedip-kedip IC nya dia masih menyimpan arus, saat tidak di rem ngasih input ke ECU, pas di gas bukannya lari malah ngedrop enggak mau lari," jelas Imron kembali.

>>> Mungkin tertarik, Mengetahui Perbedaan Toyota Avanza Semua Tipe Yang Perlu Diperhatikan

Utamakanlah kondisi mobil tetap baik dan prima, karena mengganti lampu rem dengan lampu LED yang dapat berkedip-kedip mempunyai efek tidak baik. Dalam hal ini bukannya tidak boleh, namun alangkah baiknya melakukan modifikasi atau penggantian komponen yang tidak ada efek yang bisa merugikan diri sendiri. Namun apabila sobat melakukan penggantian komponen dengan lebih keren dan menarik tanpa ada efek yang merugikan, hal tersebut tidak masalah.

Apabila sudah terlanjur tidak masalah, untuk mengatasi masalah mobil kehilangan tenaga saat di gas juga cukup mudah dan simpel. Jadi pemilik hanya perlu mengganti lampu rem dengan yang standar dan spesifikasi kendaraan sudah bisa membuat tenaga kembali seperti semula.

Bahkan dalam akun instagram @polantasindonesia ada sebuah pertanyan mengenai masalah lampu rem yang berkedip-kedip.

>>> Baca juga, Beberapa Solusi Untuk Pintu Belakang Toyota Avanza Yang Berisik

Gambar ini menunjukkan seseorang memegang sebuah alat di belakang Mobil Toyota Avanza yang terlihat bagian lampunya

Hindari mengganti lampu kelip-kelip pada lampu rem mobil

"Bapak Polisi izin bertanya,, apakah penggunaan lampu rem seperti ini diperbolehkan? Karena menurut saya ini membahayakan,, fungsi lampu rem adalah memberikan sinyal untuk pengemudi di belakangnya. Bukan sebagai ajang lampu diskotik pak. Mohon penjelasannya pak," Pertanyaan yang diajukan oleh pemilik akun instagram @agungsetiabudi kepada @polantasindonesia.

"JAWAB: TIDAK BOLEH, sesuai aturan bahwa lampu yang menyala kelap-kelip hanyalah LAMPU SEIN," Jawab akun @polantasindonesia dengan menyertakan pertanyaan.

Dengan begitu alangkah baiknya untuk mematuhi peraturan yang telah diberikan. Hal tersebut juga demi keamanan bersama dan menciptakan rasa nyaman sesama pengendara di jalan. Mungkin ada beberapa pemilik yang tidak masalah dengan mengganti lampu rem Toyota Avanza menjadi berkedip-kedip. Namun ada juga yang kesal melihat lampu model tersebut.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

  • Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

  • Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Melirik Kelebihan Toyota Hilux S-Cab, Mobil Dengan daya Angkut Yang Besar

    Abdul

    Toyota Hilux S-Cab merupakan kendaraan komersial yang kerap digunakan untuk bisnis. Jadi dengan menggunakan mobil ini dapat membawa barang untuk kegiatan bisnis atau pindahan rumah. Mobil besutan ini sudah hadir di Indonesia beberapa puluh tahun lalu dengan menggunakan mesin yang cukup tangguh. Banyak kelebihan Toyota Hilux S-Cab sehingga banyak orang yang menyukainya.