Jangan Asal Saat Melepas Aki Mobil Toyota, Begini Caranya!

23/11/2018

Aki merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang fungsinya cukup penting. Sebelum komponen lain melakukan tugasnya aki sudah terlebih dahulu bekerja. Adapun tugas pertamanya adalah memberikan energi listrik pada kontak sehingga mesin dapat dihidupkan. Namun pemilik kadang melakukan pelepasan untuk mengeceknya atau melakukan penggantian. Yang perlu diketahui adalah bahwa tidak boleh melepas aki mobil Toyota sembarangan.

Melepas aki mobil Toyota biasanya dilakukan untuk menggantinya karena kinerjanya sudah tidak maksimal. Selain itu bisa juga untuk menambahkan cairan elektrolit pada aki sehingga dapat kembali bekerja dengan baik. Baik dalam mencopotnya ataupun pemasangan tidak boleh asal-asalan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Apabila dalam melakukan pelepasan serta pemasangan aki sembarangan maka beresiko putaran idle mesin menjadi error atau menjadi tidak stabil. Dalam hal ini berlaku pada mobil besutan Toyota dalam keluarga sedan dan juga untuk Yaris.

Gambar ini menunjukka sebuah tangan memegang aki mobil warna hijau

Pastikan aki mobil bekerja dengan baik karena fungsinya sangat penting

Jadi pada saat melepas aki mobil maka putaran mesin berubah menjadi tidak stabil. Hal tersebut dikarenakan Engine Control unit (ECU) melakukan learning ulang idle-nya. Apalagi untuk mobil yang telah menggunakan teknologi throttle-by-wire, agar ECU tidak melakukan learning maka dibutuhkan tegangan setidaknya 5 volt.

Jadi bagi sobat Toyota semua diharapkan lebih hati-hati dalam melepas aki mobil Toyota ataupun melakukan pemasangannya. Namun bagi sobat yang mempunyai mobil jenis hatchback keluaran Toyota jangan khawatir. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan supaya tidak terjadi proses idle learning yang membuat putaran mesin berubah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi seputar harga Mobil Toyota terbaru

Berikut ini merupakan langkah untuk melewati proses idle learning yang perlu diperhatikan.

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyalakan mesin. Jadi dalam proses penggantian aki dilakukan dalam kondisi mesin sedang hidup. Namun apabila ternyata aki sudah tidak kuat untuk menyalakan mesin mobil karena sudah aus maka membutuhkan kabel jumper yang dihubungkan dengan aki lain yang masih bagus dan bekerja dengan baik. Namun kalau masih bisa dinyalakan dengan normal maka lebih baik gunakan cara ini saja yang lebih mudah.

Gambar ini menunjukkan sebuah kunci ditempatkan pada kutub positif pada aki mobil

Saat melepas kabel aki kutub negatif terlebih dahulu

>>> Baca juga, Beberapa Tanda Aki Bermasalah Yang Perlu Diperhatikan

Selanjutnya setelah mesin hidup sebaiknya segera melakukan pelepasan aki dengan melepas bautnya yang terdapat pada kepala aki. Umumnya baut yang digunakan adalah ukuran 10 mm, jadi kunci yang dibutuhkan juga ukuran 10. Dalam pelepasannya diharapkan teliti, yang pertama dilepas adalah baut pada kutub negatif (-), kemudian dilanjutkan dengan kutub positif (-).

Dalam proses pelepasan diharapkan untuk berhati-hati, karena apabila kutub positif menyenggol ground maka akibatnya bisa fatal. Masalah yang bisa saja terjadi adalah terjadi kerusakan pada bagian ECU. Untuk langkah keamanan sobat bisa mengajak teman untuk memegangnya dalam proses melepas aki mobil Toyota ataupun melakukan pemasangan.

Setelah terlepas sobat bisa menggantinya dengan yang baru dengan langkah hati-hati juga. Untuk pemasangan kabel yang perlu didahulukan adalah kutub positifnya. Tujuannya adalah supaya lebih aman dari yang namanya short ground. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan kabel negatif.

>>> Baca juga, Ingin Memperpanjang Umur Aki Mobil, Begini Caranya!

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegang kunci diletakkan pada kutup negatif aki mobil

Memasang kabel aki kutub positif terlebih dahulu

Kencangkan baut pada kepala aki dengan maksimal, jangan sampai ada celah yang dapat berakibat kurang maksimalnya suplai listrik pada komponen kendaraan. Selain itu dapat juga membuat munculnya serbuk putih yang mengganggu kinerja dari aki mobil.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah melepas aki mobil Toyota dan juga cara memasangnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya