Jangan Asal, Begini Cara Membersihkan Plafon Mobil Bahan Fabric Yang Baik Dan Benar

31/10/2018

Mobil adalah kendaraan yang terdiri dari beberapa bagian supaya dapat berjalan dan aman serta nyaman ketika dikendarai. Seperti misalnya mesin, bodi, ban, pintu jok dan masih banyak lagi. Semuanya harus dirawat supaya kondisi mobil tetap prima, begitupun plafon mobil. Membersihkan plafon mobil bahan fabric sangat dibutuhkan supaya di dalam kabin tetap nyaman.

Plafon bahan fabric atau bisa disebut juga dengan kain berserat merupakan bagian dalam dari atap kendaraan. Sobat bisa melihatnya saat bersandar pada jok mobil dan sedikit melihat ke atas. Apabila kondisinya kotor tentunya akan kurang enak saat dipandang. Plafon sendiri ada yang menggunakan bahan fabric ataupun beludru. Untuk membersihkan plafon mobil bahan fabric dapat dilakukan dengan tips yang akan dijelaskan di bawah.

Gambar ini menunjukkan plafon mobil dengan bahan fabric dan terlihat beberapa bagian terdapat bulatan kecil

Bahan material yang digunakan pada plafon mobil bermacam-macam ada beludur, fabric dan lainnya

>>> Lihat juga, Ternyata Ini Pentingnya Servis Berkala Tiap 6 Bulan Pada Mobil Toyota

Penggunaan plafon dengan bahan fabric membuat desain interior tampak lebih mewah dan mempunyai kesan yang ekslusif. Pada umumnya penggunaannya berpadu dengan kelir warna terang sehingga dapat memberikan highlight yang berasal dari serat tipisnya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahan fabric cukup rentan terkena sentuhan. Namun bukan berarti tidak boleh disentuh, akan tetapi jika dalam menyentuhnya dengan tekanan yang cukup kuat dapat berakibat serat halus yang dimiliki menjadi rontok.

“Bisa saja plafon dipegang dengan tekanan terlalu kuat, bahkan paling tidak jarang tergores kuku. Dengan cara tidak sengaja tersentuh benda tumpul, semacam payung,” urai Daniel Saputra dari Show Car Garage. Rontoknya serat halus membikin plafon terkesan botak.

Apabila dalam membersihkan plafon mobil bahan fabric tidak dilakukan dengan menggunakan teknik yang benar, maka dapat beresiko membuatnya semakin kotor. Jadi harus benar-benar hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Dalam proses pembersihan dijelaskan oleh Yasin dari Restu Plafon yang berlokasi di H.Nawi, Jakarta Timur.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain warna putih diusapkan pada plafon mobil

Dalam membersihkan plafon bahan fabrik harus berhati-hati

"Plafon mobil bahan fabric atau kain cara membersihkannya apabila berdebu adalah dengan sikat halus, cukup sikat plafon dengan lembut tanpa air," ucap Yasin.

Selanjutnya apabila plafon mobil terkena noda dalam kategori ringan, maka untuk proses penghilangannya cukup mudah. Bahan yang digunakan adalah sikat yang lembab dan juga cairan khusus. Jadi prosesnya adalah sikat yang dibasahi dengan air kemudian ditambahkan sedikit cairan khusus pembersih fabric yang dapat didapatkan di toko otomotif. Kemudian sikat secara perlahan noda ringan yang terdapat pada plafon mobil.

>>> Baca juga, Musim Penghujan Telah Tiba, Begini Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Apabila noda yang menempel pada plafon adalah noda pekat atau kategori yang membandel, maka perlu menggunakan cairan khusus pembersih fabric. Dalam prosesnya tidak langsung dilakukan penyemprotan pada noda di plafon. Karena jika hal tersebut dilakukan bukannya bersih namun malah membuat permukaan plafon menjadi kotor.

Dalam prosesnya membutuhkan kain microfiber. Jadi cairan pembersih disemprotkan pada kain kemudian barulah diusapkan pada plafon mobil yang mempunyai noda membandel. Dalam proses pengerjaannya dilakukan dengan langkah searah untuk pergerakan pengusapan. Selain itu jangan terlalu menekan terlalu kencang karena bisa menjadikan plafon mobil menjadi lembab dan basah.

>>> Sebelum membeli mobil, jangan lupa update harga mobil terbarunya di sini

 

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain warna biru diusapkan pada plafon mobil

Penggunaan kain halus seperti kain microfiber untuk menjaga kondisi plafon mobil

Penggunaan kain microfiber pada saat membersihkan plafon mobil bahan fabric bertujuan untuk menjaga kondisi plafon mobil agar tidak mudah kotor ataupun rusak. Karena kain jenis ini bahannya halus dan tidak menimbulkan goresan saat dilakukan pengelapan atau pengusapan. Setelah permukaan plafon telah kering, maka langkah terakhir dalam prosesnya adalah dengan melakukan pengelapan menggunakan kain microfiber untuk membuat serat pada plafon menjadi rapi kembali.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Siap-siap, Toyota Supra Terbaru Segera Hadir di Indonesia

    Fatchur Sag

    Mobil sport dua pintu Toyota Supra generasi terbaru rupanya akan segera hadir dan meramaikan pasar otomotif dalam negeri. Meskipun informasi dan harga masih belum terungkap, namun TAM sudah benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya seiring dengan sudah terdaftarnya mobil tersebut di Permendagri dan informasi resmi Samsat DKI Jakarta sejak awal 2019.

  • Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Mana Lebih Baik? Menjual Mobil ke Diler Mobil Bekas atau ke Konsumen Langsung

    Fatchur Sag

    Menjual mobil bekas menjadi alternatif bagi pemilik mobil yang sudah tidak ingin menggunakan mobilnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menyebabkan pemilik menjual mobilnya ke pihak lain. Namun sebagian pemilik mobil masih bingung harus menjual mobilnya ke mana. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak pilihan tempat menjual mobil, baik di diler mobil bekas, jejaring sosial, dan penjualan online.

  • Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Ini Dia 3 Cara Mudah Melipat Bangku Baris Ketiga New Toyota Avanza

    Arfian Alamsyah

    Untuk memperbesar ruang bagasi mobil dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa menambah roof box, hingga melipat bangku. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah melipat bangku baris ketiga New Toyota Avanza ini. Ini dia caranya