Jaga Performa Kendaraan Dengan Membersihkan Filter Udara Pada Mobil Toyota

10/01/2019

Salah satu bagian pada mobil Toyota yang mempunyai peranan penting adalah filter udara. Fungsinya sendiri adalah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Dengan menggunakan udara yang berkualitas dapat menghasilkan performa yang baik dan lebih optimal. Sangat berbeda jika udara yang masuk tidak baik, maka dapat mengganggu performa kendaraan. Oleh sebab itu membersihkan filter udara pada mobil Toyota sangatlah diperlukan.

Filter udara rawan sekali terkena kotoran dan debu, apalagi saat musim kemarau. Debu yang berterbangan dapat masuk ke dalam filter dan mengganggu kinerjanya. Oleh sebab itu pengecekan bagian ini sangatlah diperlukan. Jika diketahui adanya kotoran maka membersihkan filter udara pada mobil Toyota harus segera dilakukan.

Untuk melakukan pembersihan sebenarnya terdapat banyak cara yang dilakukan. Kadang di beberapa bengkel menggunakan cara yang berbeda. Untuk kali ini akan diberikan informasi mengenai pembersihan filter dengan kompresor dan juga direndam pada air dan shampo.

Gambar ini menunjuk sebuah tangan menunjuk rumah filter pada mobil

Lepaskan filter udara dari rumah filter baru dibersihkan

Pada langkah menggunakan kompresor yang perlu dilakukan adalah dengan menyemprotnya. Sebelumnya lepas dahulu komponen filter udara dari tempatnya. Setelah itu dilakukan penyemprotan sampai terlihat bersih, kemudian sobat bisa memasang kembali filter ke rumah filter pada mobil Toyota. Sangat mudah dan simpel bukan untuk membersihkannya dengan alat kompresor.

>>> Baca Juga, Jangan Asal, Begini Cara Membersihkan Plafon Mobil Bahan Fabric Yang Baik Dan Benar

Apabila ingin menggunakan cara selanjutnya yakni dengan mencuci memakai air dan sampo haruslah berhati-hati. Hal tersebut dikarenakan filter udara mempunyai bahan material karton yang mudah mengalami kerusakan.

Lantas bagaimana cara membersihkan filter udara pada mobil Toyota dengan air dan shampo agar tidak rusak?

Sebenarnya dalam hal ini tidak perlu bingung, asal tidak terlalu lama dalam perendaman maka akan baik-baik saja. Jadi untuk prosesnya adalah dengan mencampur air dan shampo pada ember atau baskom. Setelah itu rendam filter udara cukup selama 2 menit saja, kemudian dilanjutkan dengan menggoyang-goyangkan filter agar kotoran dapat rontok.

Gambar ini menunjukkan  sebuah tangan  memegang alat penyemprot angin diarahkan ke filter udara

Menyemprot dengan kompresor merupakan cara praktis bersihkan filter udara

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi seputar harga Mobil Toyota terbaru

Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama dalam proses perendaman ataupun pembersihan. Hal tersebut dikarenakan  elemen pada filter udara mudah mengalami kerusakan. Apabila tahapan tersebut telah selesai segera keringkan dengan meletakkan di tempat yang berangin dan teduh. Jangan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Apabila kondisi filter udara sudah tidak layak pakai atau telah habis masa pakainya maka sebaiknya segera dilakukan penggantian. Jangan menunggu sampai mengalami kerusakan parah karena dapat mengurangi performa mobil dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Dalam proses pembersihan filter umumnya tergantung dari pemakaian kendaraan dan juga jalanan yang kerap dilewati. Seperti mobil yang kerap digunakan di wilayah perkotaan, maka pembersihan karton ataupun kertas cukup dengan menyemprotnya saja memakai kompresor setiap menempuh jarak 1000 km dan dilakukan penggantian setiap 5.000 km. Sementara untuk filter udara dengan bahan busa mempunyai umur yang lebih panjang yakni setelah 15.000 km untuk penggantian dan pembersihannya setiap 1.000 km.

>>> Baca Juga, Jangan Asal Saat Melepas Aki Mobil Toyota, Begini Caranya!

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang filter udara direndam di dalam air di baskom

Dalam proses perendaman tidak boleh terlalu lama

Pemilik mobil diharapkan benar-benar memperhatikan masalah membersihkan filter udara pada mobil Toyota. Tujuannya adalah performa mobil tetap terjaga dan nyaman digunakan untuk menempuh perjalanan baik dekat ataupun jauh. Bahkan banyak yang mengatakan, jika filter udara tidak bekerja dengan maksimal bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Demikianlah informasi mengenai tips membersihkan filter udara pada mobil Toyota. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

    Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

    Franky Pratama

    Cara menggunakan Cruise Control Toyota terbilang mudah, Anda hanya perlu memahami setiap fungsi dari tuasnya. Jika boleh jujur, fitur satu ini hanya dimiliki oleh mobil Toyota yang memiliki harga menengah ke atas loh sobat. Nah, di artikel kali ini, HargaToyota.com akan membahas segala hal terkait fungsi Cruise Control.

  • Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Franky Pratama

    Dewasa ini, plat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya. Ya, memang seperti itu kenyataannya. Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya. Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

  • Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Padli Nurdin

    Toyota Sienta adalah salah satu Multi-Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan khusus keluarga dan pengendaraan sehari-hari. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda berikan untuk memberikan MPV ini tampilan yang lebih gahar dan menarik.