Jaga Nilai Jual Mobil Tetap Tinggi, Ini Yang Harus Diperhatikan

10/03/2019

Tidak selamanya mobil kesayangan dipertahankan tanpa berpindah tangan. Karena suatu alasan pemilik terkadang tidak punya jalan lain selain menjual ke orang lain. Bila itu yang terjadi, paling diharapkan adalah nilai jual mobil tetap tinggi sehingga uang yang didapat lebih besar dan lebih banyak.

Foto bersama Toyota Kijang Innova di pelataran Candi Prambanan Klaten Jawa Tengah

Puuhan tahun Toyota menemani keluarga Indonesia

Sebagian orang bermimpi memiliki mobil pribadi demi menunjang aktifitas sehari-hari dan mempercepat proses mobilitas dari satu tempat ke tempat lain. Sebagian lagi berusaha mempertahankan mobil yang telah dimiliki karena alasan yang sama. Namun, perjalanan nasib tidak dapat diketahui. Ibarat pepatah mengatakan 'maksud hati memeluk gunung apa daya gunung meletus', inginnya orang punya mobil dalam waktu lama tapi situasi terkadang memaksa untuk menjualnya. Bisa jadi karena alasan kebutuhan seperti berobat, bayar hutang, bayar uang sekolah dan yang lain, bisa jadi juga karena alasan keinginan seperti ingin ganti mobil merek lain atau mobil baru, dijual karena kebanyakan mobil dan yang lain.

Apapun alasannya semua orang pasti sepakat kalau nilai jual mobil tetap tinggi adalah yang paling diharapkan. Karena dengan itu uang yang diterima dari hasil penjualan juga lebih besar dan kebutuhan bisa lebih mudah dipenuhi. Pada kenyataannya tidak semua harapan jadi kenyataan. Mobil yang diharapkan punya nilai jual tinggi justru tidak segera laku karena harga yang dipatok dianggap terlalu tinggi. Dan mau tidak mau pemilik terpaksa menjual dengan harga di bawah keinginan, bahkan mungkin di bawah harga pasar.

>>> Ini Kelebihan Toyota Camry Yang Membuat Mobil Laris Manis

Tips Menjaga Nilai Jual Mobil Tetap Tinggi

Mengantisipasi hal itu terjadi, bagi Anda pemilik mobil Toyota sebaiknya mempersiapkan diri sejak jauh hari. Jaga nilai jual mobil tetap tinggi dengan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Rutis servis

Foto aktifita servis di bengkel resmi Toyota

Servis berkala memastikan mobil dalam kondisi terbaik

Servis rutin diperlukan untuk menjaga mobil selalu dalam kondisi yang terbaik. Caranya cukup mudah sebab jadwal servis sudah tertera di buku servis. Anda tinggal bawa ke bengkel resmi sesuai jadwal atau jarak tempuh yang telah dicapai, mekanik bakal memeriksa seluruh bagian mobil. Anda juga bisa melaporkan berbagai keluhan yang Anda rasakan pada mobil Anda sehingga mekanik bisa melakukan pemeriksaan lebih spesifik. Kalau mobil yang Anda miliki adalah mobil bekas, Anda bisa memulainya dengan membawa ke bengkel resmi. Untuk berikutnya lakukan servis rutin sesuai yang disarankan bengkel.

>>> Ternyata Ini Pentingnya Servis Berkala Tiap 6 Bulan Pada Mobil Toyota

2. Ganti saringan udara

Foto saringan udara mobil Toyota

Bila sudah tak bagus, ganti saringan udara biar tidak ngos-ngosan

Dalam jangka waktu tertentu saringan udara perlu diganti dengan yang baru karena kondisinya sudah tidak layak, seperti terlalu banyak kotoran menyumbat dan yang lain. Ibarat paru-paru yang kalau saluran tersumbat bisa bikin Anda sesak nafas, saringan udara yang tersumbat juga bisa membuat mobil ngos-ngosan tidak bertenaga, boros bahan bakar, suara mesin kasar dan mesin tersendat-sendat. So pasti, dalam kondisi seperti ini tidak mungkin nilai jual mobil tetap tinggi.

>>> Review mobil Toyota terupdate dan terlengkap hanya ada di sini

3. Ganti oli

Foto ganti oli mobil Toyota

Pilih oli original sesuai rekomendasi pabrik

Terdengar sangat sederhana, namun Anda perlu memasukkan ganti oli mobil dalam planning aktifitas Anda. Kualitas oli mempengaruhi kondisi mesin mobil, makin lama oli tidak diganti makin mengkhawatirkan dampak buruk yang bakal timbul. Bahkan bila sampai lupa sama sekali bisa menyebabkan kegagalan mesin yang membutuhkan biaya besar untuk memperbaiki. Tidak hanya oli mesin, cairan-cairan penting lain juga perlu dilakukan penggantian bila sudah sampai batas waktunya.

>>> Ketahui 5 Jenis Oli Pada Mobil Toyota Yang Perlu Diperhatikan

4. Periksa tekanan ban

Seseorang sedang memeriksa tekanan angin ban

Tekanan ban jangan kelebihan atau kekurangan biar ban awet

Hal yang sering kali diabaikan dalam menjaga nilai jual mobil tetap tinggi adalah memeriksa tekanan ban. Padahal ini penting dan sangat vital sebab berkaitan dengan performa kendaraan dan keselamatan pengendara. Dengan melakukan pemeriksaan tekanan ban, Anda bisa mengetahui apakah tekanannya kurang atau lebih. Anda juga jadi tahu bagaimana kondisi ban, masih bagus atau ada yang tidak beres seperti retak-retak, ada beling menancap dan yang lain. Pada Toyota .... tekanan ban bisa diketahui lewat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang ditampilkan di layar MID. Lihat mana ban yang tekanannya kurang atau lebih.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Cuci secara teratur

Foto Toyota Venza tampak samping depan dan kinclong

Biar bernilai jual tinggi mobil harus selalu bersih dan kinclong

Tak kalah penting untuk menjaga nilai jual mobil tetap tinggi yaitu mencuci secara teratur dan jangan biarkan mobil kotor yang membuat mobil tak elok dipandang, baik kotoran berupa debu, serangga mati, kotoran burung dan yang lain. JIka Anda tidak punya waktu untuk hal yang satu ini, Anda bisa membawanya ke car wash atau tempat cuci mobil dan detailing seminggu sekali, setengah bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Kesimpulan, sayangi mobil Toyota Anda dengan agar nilai jualnya tetap tinggi dan jangan biarkan dia terabaikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Fatchur Sag
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

    Kenali Fungsi Cruise Control Pada Mobil Toyota

    Franky Pratama

    Cara menggunakan Cruise Control Toyota terbilang mudah, Anda hanya perlu memahami setiap fungsi dari tuasnya. Jika boleh jujur, fitur satu ini hanya dimiliki oleh mobil Toyota yang memiliki harga menengah ke atas loh sobat. Nah, di artikel kali ini, HargaToyota.com akan membahas segala hal terkait fungsi Cruise Control.

  • Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Ingin Pasang Plat Nomor Cantik? Ini Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui

    Franky Pratama

    Dewasa ini, plat nomor mobil atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) bukan saja sebagai identitas kendaraan namun juga mampu menyiratkan kesuksesan dari pemiliknya. Ya, memang seperti itu kenyataannya. Di Indonesia misalnya, kita mengenalnya dengan sebutan ‘plat nomor cantik’ yang notabene harus membutuhkan biaya tambahan daripada plat nomor pada umumnya. Ingin tahu tarifnya? Berikut biaya memasang plat nomor cantik

  • Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Tips Modifikasi untuk Membuat Toyota Sienta Anda Semakin Garang dan Sporty

    Padli Nurdin

    Toyota Sienta adalah salah satu Multi-Purpose Vehicle (MPV) dengan tampilan khusus keluarga dan pengendaraan sehari-hari. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda berikan untuk memberikan MPV ini tampilan yang lebih gahar dan menarik.