Inilah Perbedaan Lampu Halogen, HID dan LED Pada Mobil

23/11/2019

Pernahkah Anda mengamati setiap lampu pada mobil? Tentu jika Anda melihat secara detail, akan terlihat banyak sekali perbedaan. Nah, supaya tak lagi bingung, di artikel kali ini HargaToyota.com akan menjelaskan perbedaan lampu Halogen, HID dan LED pada mobil.

Perbedaan Lampu Halogen, HID dan LED

Di pasaran, lampu utama pada mobil atau lebih dikenal Headlamp, nyatanya terbagi menjadi tiga kelompok yakni Halogen, HID serta LED. Ketiganya punya perbedaan fungsi, cara kerja serta bentuk. Lebih daripada itu, tiap-tiap lampu mobil punya kelebihan masing-masing. Inilah informasi selengkapnya tentang perbedaan lampu halogen, HID dan LED pada mobil.

  • Lampu Halogen

Yang pertama akan dibahas adalah soal lampu halogen. Lampu pijar satu ini dilengkapi dengan filamen Wolfram yang kemudian dilindungi oleh kaca transparan dan diisi unsur halogen layaknya iodin atau bromin.

Selama prosesnya, lampu Halogen membutuhkan daya listrik yang kemudian akan memanaskan filamen. Alhasil, intensitas cahaya yang dihasilkan tergolong tinggi. Tak heran, hal ini akhirnya menjadi kelebihan lampu halogen yang sanggup menerangi perjalanan meski dalam kondisi gelap sekalipun. Mobil Adventure umumnya selalu menggunakan lampu jenis ini.

Lampu Halogen adalah lampu pijar yang dibalut kaca transparan dan diisi unsur halogen di dalamnya

Inilah rupa dari lampu halogen

Meski begitu, kekurangan lampu halogen juga bisa ditemui seperti bohlam lampu yang menjadi cepat buram akibat kinerjanya yang mudah panas. Tak hanya itu, lampu halogen juga mengkonsumsi aki lebih banyak daripada lampu lainnya.

>>> Ada rencana ganti mobil? Coba intip harga mobil Toyota di seluruh modelnya di sini

  • Lampu HID

High Density Discharge atau disingkat menjadi lampu HID, adalah lampu yang terbuat dari campuran bahan logam serta gas. Cahaya yang dihasilkan sangat terang berwarna putih. Kekurangan lampu HID sendiri adalah soal penerangan yang akan menyilaukan pengendara lain sehingga dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Lampu HID atau lampu Xenon adalah lampu yang punya intensitas cahaya mumpuni dan punya tingkat konsumsi daya rendah

Lampu HID seringkali disebut dengan lampu Xenon

Berbicara soal kelebihan lampu HID adalah soal intensitas cahaya lebih terang karena menggunakan teknologi Xenon. Daya yang digunakan tergolong cukup rendah sehingga dapat menjadikannya lebih awet.

>>> Tips Memilih Lampu HID Mobil Toyota Yang Benar Dan Sesuai Kebutuhan

  • Lampu LED

Ketiga adalah lampu LED atau yang memiliki kepanjangan Light Emitting Diode. Lampu ini menggunakan semikonduktor yang mana ketika dilewati arus listrik akan menjadi cahaya berwarna putih terang.

Lampu LED atau yang punya kepanjangan Light Emitting Diode adalah lampu semikonduktor yang bisa menghasilkan cahaya ketika dialiri arus listrik

Lampu LED lebih terkenal akan daya listriknya yang hemat

Kelebihan lampu LED antara lain seperti konsumsi listrik yang hemat sehingga memberi keawetan pada aki serta tidak mudah putus. Cahaya yang dihasilkan juga tidak cepat panas layaknya lampu bohlam.

Tapi sayangnya, kekurangan lampu LED lebih ditekankan soal intensitas cahayanya yang kurang mumpuni ketika musim hujan tiba. Dalam hal ini, cahaya yang dihasilkan tidak mampu menembus air hujan.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Abdul

    Di Indonesia pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) sudah dimulai sejak tahun 1980. Hanya saja untuk Toyota Rush dihadirkan pertama kali pada tahun 2006. Sampai saat ini sudah dilakukan beberapa pembaruan sehingga tampil semakin modern dan juga menarik. Lantas apa yang baru pada Toyota Rush 2019?

  • Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Abdul

    Membeli mobil baru memang sesuatu yang membanggakan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti servis berkala 1 bulan pertama. Kadang muncul sebuah pertanyaan mengenai hal tersebut, mobil baru kenapa harus servis di bulan pertama?

  • Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Abdul

    Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.