Inilah Modifikasi Audio Mobil Toyota Avanza Supaya Lebih Mantap

24/09/2018

Audio Mobil merupakan salah satu fitur yang terdapat pada Mobil. Hampir setiap kendaraan di jaman sekarang pasti memilikinya, entah bawaan pabrik ataupun dilakukan pemasangan. Selain itu, ada pula yang melakukan modifikasi audio Mobil Toyota Avanza sehingga membuatnya sesuai dengan yang diinginkan. Untuk melakukannya bahkan biaya berapapun rela untuk dikeluarkan.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk modifikasi audio Mobil Toyota Avanza supaya lebih bagus dalam hal suaranya.

1. Tentukan anggaran

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menarik beberapa uang dari amplop

Budget adalah salah satu hal yang perlu diperhitungkan

Sebelum melakukan beberapa ubahan atau modifikasi, sebaiknya siapkan anggarannya terlebih dahulu. Dengan begitu akan ada pandangan apa perangkat audio yang mau diganti. Selain itu, bisa juga memilih produk yang mahal atau murah.

>>> Baca juga, Perhatikan Beberapa Masalah Mobil Saat Di Jalan Tol Yang Kerap Terjadi

2. Membeli komponen

Gambar ini menunjukkan sebuah toko audio Mobil dan terlihat banyak barang di dalamnya

Carilah komponen audio sesuai budget dan selera

Saat berniat membeli komponen untuk modifikasi audio Mobil Toyota Avanza, sebaiknya pilihan yang tepat. Lihat dulu tempat dimana akan diletakkan pada kendaraan yang dimiliki. Jangan sampai membeli komponen yang tidak sesuai dengan Toyota Avanza kesayangan. Pada umumnya untuk Toyota Avanza menggunakan subwoofer dengan minimal 12 inchi. Terdapat pilihan lainnya yakni dengan membeli subwoofer slim yang untuk letaknya bisa di bawah kursi. Dengan begitu bagian interior tetap nyaman dan enak dilihat.

Sebelumnya cek suara yang dihasilkan sebelum membawa pulang. Apakah sudah sesuai keinginan atau  belum. Karena jika tidak, dapat menimbulkan kekecewaan setelah selesai melakukan pemasangan.

3. Menyesuaikan dengan selera musik

Gambar ini menunjukkan seorang wanita memegang kaset cd di dalam Mobil

Selera musik tiap orang berbeda-beda

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, ada yang suka musik pop, rock, jazz dan lainnya. Saat ingin modifikasi audio Mobil Toyota Avanza hal ini juga perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan setiap komponen pada audio mempunyai karakter tersendiri, seperti misalnya bassnya atau treblenya yang kencang. Apabila sobat menyukai musik dengan bass yang kencang maka disarankan untuk memilih amplifier dan juga subwoofer dengan aliran SPL.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

4. Mengganti head unit

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Avanza dan terlihat kisi-kisi AC di atasnya

Pergantian head unit bisa dilakukan sesuai keinginan pemilik kendaraan

Penggantian head unit diperlukan karena bagian ini dapat dibilang sebagai otak audio. Jadi kualitas stereo yang bagus bisa dipengaruhi oleh penggunaan head unit. Sobat bisa memilih yang hanya untuk mendengarkan musik saja atau memilih yang Double Din yang biasanya telah terdapat layar monitor.

Kalau bisa dan budget mencukupi sebaiknya memilih yang komplit. Yang mana terdapat fitur CD, VCD, DVD, MP3, WAV, AAC. Selain itu bisa juga dengan melihat video dan bisa tersambung USB. Apabila hanya untuk mendengarkan musik saja bisa menggunakan Single Din. Sesuaikanlah dengan selera dan budget yang dimiliki supaya tidak ada kecewa di kemudian hari.

5. Menggunakan amplifier yang terbaik

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang panel audio di dashboard Mobil

Penggantian komponen audio diharapkan yang memiliki kualitas yang baik

Apabila ingin audio pada Mobil lebih baik dan mengeluarkan suara bass yang bagus bisa menambahkan amplifier. Apabila mengandalkan speaker bawaan Mobil saja tentu hasilnya kurang memuaskan. Jika ingin membelinya sebaiknya memilih yang memiliki kualitas yang terbaik, dengan begitu suara yang dihasilkan akan lebih memuaskan.

>>> Baca juga, Ingat! Ini Alasan Harus Servis Secara Berkala Pada Mobil Toyota

6. Memasang subwoofer

Gambar ini menunjukkan 2 subwoofer yang dipasangkan dalam kabin Mobil bagian belakang

Penambahan subwoofer dapat menghasilkan suara musik lebih mantab

Bagi yang sangat menyukai suara bass kuat bisa mencoba menambahkan subwoofer. Pasalnya suara yang dihasilkan lebih baik dan memuaskan dibandingkan hanya speaker saja. Pada komponen ini juga memiliki karakter sendiri-sendiri. Ada yang menghasilkan suara bass kuat dan ada juga yang halus, tinggal sobat mau pilih yang mana.

Selain itu memperhatikan tempat juga diperlukan, jika tidak ingin memakan banyak tempat, maka sobat bisa memilih yang model slim.

7. Mengganti speaker Mobil

Gambar ini menunjukkan 2 buah speaker warna hitam dan terlihat sedikit gulungan kabel di belakangnya

Mengganti speaker diharapkan dapat mengeluarkan suara sesuai selera

Adapun yang terakhir dalam modifikasi audio Mobil Toyota Avanza adalah dengan mengganti speaker. Hampir setiap kendaraan telah dibekali dengan speaker standar, namun dari segi kualitas banyak yang menyimpulkan masih kurang. Oleh sebab itu sobat bisa melakukan penggantian dengan kualitas yang lebih baik.

Banyak pilihan yang dijual di pasaran, hanya saja saat membeli sama dengan lainnya yakni menyesuaikan budget dan juga selera.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Belum Tahu Teknologi VSC Dan HSA Pada Mobil Toyota, Berikut Penjelasannya!

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan ternama asal Jepang yang memasarkan produk-produknya di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya mengutamakan keselamatan dan keamanan untuk para pemilik mobil Toyota dengan memberikan fitur berteknologi mumpuni. Beberapa teknologi yang berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal adalah VSC dan HSA pada mobil Toyota.

  • Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Hari-Hati, Ada Peringatan Di Fitur SRS Airbag Pada Toyota Fortuner Yang Tidak Boleh Dilakukan

    Abdul

    Berkendara menggunakan mobil tentu menginginkan selamat sampai tujuan tanpa ada masalah. Apalagi kecelakaan yang bisa menimbulkan cedera parah ataupun kematian. Oleh sebab itu dari pihak produsen memberikan fitur SRS Airbag pada Toyota Fortuner. Dengan adanya fitur ini menjadikan pengendara lebih tenang selama perjalanan.

  • Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

    Ternyata Memberi Pelumas Karet Support Toyota Yaris Itu Penting!

    Abdul

    Beberapa masalah pada kendaraan tentu ada penyebabnya. Seperti misalnya pada ban kempes, itu bisa disebabkan karena ada kebocoran baik lubang yang kecil atau besar. Bisa juga karena lama tidak digunakan sehingga angin pada ban menjadi hilang sedikit demi sedikit. Seperti halnya pada mobil hatchback satu ini, yang mana karet support Toyota Yaris mengalami masalah.