Inilah Langkahnya, 5 Tips Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

29/11/2019

Melihat penjualan mobil bekas yang kian meningkat, tentu pembaca setia juga harus tahu tips membeli mobil bekas supaya tidak tertipu. Akan dijelaskan banyak hal sehingga Anda tidak salah memilih dan merasa puas merasakannya. Untuk selengkapnya, berikut kita simak tips membeli mobil bekas.

Tips Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas adalah pilihan terbaik jika Anda berbicara soal harga yang terjangkau. Tapi selama prosesnya, banyak konsumen yang dituntut untuk jeli meneliti mobil bekas tersebut sehingga tidak tekor saat memilikinya.

Pasalnya, jika Anda hanya tergiur dari harga dan tampilan luar, khawatir akan ada banyak komponen lain yang luput dari pantauan. Alih-alih punya mobil berkualitas, Anda malah harus membayar biaya tambahan untuk reparasi komponen-komponen yang rusak. Maka dari itu, dibutuhkan tips membeli mobil bekas yang tepat sehingga tidak mudah tertipu oleh oknum penjual.

1. Pertimbangkan Tempat Anda Membeli Mobil Bekas

Dengan dunia yang semakin berkembang, proses dalam membeli mobil kini terbagi menjadi beberapa metode baru seperti membeli lewat diler mobil bekas, transaksi awal pada jual-beli online hingga lewat perantara. Tapi hal yang paling baik adalah membeli dari orang yang benar-benar ingin menjual mobilnya secara langsung.

Tips Membeli Mobil Bekas adalah terkait soal tempat membelinya yang mana direkomendasikan untuk membeli dari penjual yang memang ingin menjual mobilnya secara langsung tanpa perantara atau diler

Metode membeli mobil bekas cukup beragam seperti membeli di Showroom, Person to Person dan metode lainnya

Menariknya lagi, apabila orang tersebut adalah kenalan Anda sehingga Anda bisa mengetahui segala kendala mobil baik dari segi perawatan hingga komponen mobil yang bermasalah. Selain itu, Anda juga melakukan negosiasi harga lebih mudah dengan cara kekeluargaan.

>>> Simak harga pasaran dari mobil Toyota selengkapnya di sini

2. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Salah satu langkah yang selalu dilakukan pertama kali oleh calon pembeli adalah melakukan pengecekan terhadap kondisi eksterior mobil. Hal yang sering terjadi adalah soal baret pada bodi, bekas dempul atau pelat bodi yang renggang.

Mengecek eksterior mobil khususnya pada kondisi baret hingga karat pada sisi bawah mobil

Pantau pula kondisi eksterior mobil lebih detail

Selain bodi, Anda juga perlu mengecek kondisi ban apakah masih dalam kondisi baik atau malah sudah tipis. Begitu juga soal sisi kaca atau lampu, perhatikan kondisinya, khawatir mengalami retak pada salah satu sisinya. Jika semua dirasa baik-baik saja, mari kita mulai ke tips membeli mobil bekas berikutnya.

>>> Dapatkan ulasan terlengkap dan ter-update untuk Toyota di sini

3. Amati Fitur Dan Kondisi Interior Mobil

Tak sedikit mobil bekas juga telah mengalami modifikasi pada kabin interior-nya. Untuk mengetahui hal ini, Anda juga bisa menanyakan pada pemilik akan modifikasi apa yang sudah dilakukan. Jika Anda merasa cocok dengan modifikasi, maka tak ada masalah.

Memantau interior mobil dirasa sangat perlu, khawatir adanya komponen yang rusak atau fitur yang tidak berfungsi baik

Pengecekan kondisi interior juga dirasa penting

Tak lupa pula kami menyarankan untuk mencoba semua tombol dan fiturnya, apakah berjalan normal atau malah tidak berfungsi. Jika dari pantauan Anda ada yang tidak berfungsi, maka dipastikan Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk memperbaikinya.

Komponen interior mobil yang harus Anda pantau lebih lanjut adalah kesejukan dari AC, fitur pergeseran dan pelipatan kursi, kenyamanan jok kursi, tombol lampu utama, sistem audio serta fitur lainnya.

>>> Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih Dan Mengkilap

4. Mesin Mobil Dituntut Prima

Tips membeli mobil bekas yang keempat adalah soal mesin. Salah satu cara terbaik untuk mengecek kondisi mesin mobil adalah melakukan Test-Drive alias uji coba mobil. Langkah pertama adalah hidupkan mesin menggunakan starter, apakah berjalan mulus atau susah hidup.

Kedua adalah soal suara yang dihasilkan oleh mesin. Perlu diketahui bahwa mesin mobil yang punya kondisi prima adalah mesin dengan suara halus dan tidak kasar. Setelah itu, lakukan Test Drive dan rasakan performanya di berbagai kondisi jalan.

Mesin Mobil yang prima bisa didengar dari suaranya yang halus dan tidak berisik

Salah satu cara terbaik mengecek kondisi mesin mobil adalah dengan melakukan Test Drive

Dalam proses ini, Anda dituntut untuk lebih peka merasakan setiap gejala pada mobil. Seperti halnya pada transmisi, akselerasi hingga manuver. Jangan lupa pula untuk sekali-sekali melepaskan tangan dari setir dan pastikan apakah mobil berjalan lurus atau tidak.

>>> Tarikan Avanza Berat? Simak Tips Agar Tarikan Avanza Enteng

5. Dokumen Resmi Mobil

Tips membeli mobil bekas yang terakhir, akan membahas soal dokumen resmi mobil. Pastikan semua surat-surat kendaraan dicek keasliannya seperti STNK serta BPKB. Cara mudahnya adalah melihat nama pemilik dari kedua dokumen tersebut, jika keduanya punya nama sama dan cocok dengan plat nomor kendaraan, maka bisa dipastikan dokumen tersebut adalah versi asli.

>>> Ikuti terus informasi mengenai jual beli mobil hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Abdul

    Membeli mobil baru memang sesuatu yang membanggakan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti servis berkala 1 bulan pertama. Kadang muncul sebuah pertanyaan mengenai hal tersebut, mobil baru kenapa harus servis di bulan pertama?

  • Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Abdul

    Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.

  • 5 Alat Bantu Membersihkan Door Trim Mobil Toyota Dengan Mudah

    5 Alat Bantu Membersihkan Door Trim Mobil Toyota Dengan Mudah

    Fatchur Sag

    Door trim tak sekadar penutup sisi dalam pintu mobil dengan beragam fungsi, tapi juga bermanfaat sebagai estetika dan menambah kenyamanan berkendara. Karenanya, kondisi kebersihannya harus dijaga. Toyota Astra Motor membagikan 5 alat yang bisa digunakan untuk membersihkan door trim mobil Toyota dengan mudah.