Inilah Kinerja Mesin Hybrid Dari Toyota C-HR Terbaru`

02/09/0019

Mungkin ada sebagian pembaca belum mengerti betul bagaimana kinerja mesin Hybrid. Sama seperti Toyota C-HR yang baru-baru ini meluncurkan versi Hybrid, diklaim ramah lingkungan dan juga irit bahan bakar. Wah kok bisa? Berikut penjelasan lengkap mengenai kinerja mesin Hybrid Toyota C-HR.

Toyota C-HR Hybrid

Memasuki tahun 2019, tak disangka PT. Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan varian baru dari Sport Utility Vehicle (SUV) yakni C-HR Hybrid. Banyak pembaruan yang ditampilkan dibanding versi standar-nya, mulai dari eksterior, interior hingga performa mesin Hybrid terbaru.

Toyota C-HR Hybrid berubah dalam hal mesin yang menggabungkan mesin utama dan motor listrik

Toyota C-HR Hybrid yang dirilis di tahun 2019, menawarkan keunggulan baru soal keiritan bahan bakar dan ramah lingkungan

>>> Lihat juga harga lengkap dari Toyota Land Cruiser baru dan bekas di sini

Kinerja Mesin Toyota C-HR Hybrid

Perlu diketahui sebelumnya bahwa teknologi Hybrid adalah perpaduan antara kinerja mesin konvensional (bensin) dan motor listrik. Kedua komponen tersebut menjadi jantung pacu untuk menggerakan rodanya. Dari pihak TAM sendiri menyebutnya Toyota Hybrid System (THS).

1. Akselerasi Putaran Bawah

Tak perlu kaget setelah menghidupkan mesin dan mulai maju perlahan, Toyota C-HR Hybrid nyaris tak mengeluarkan suara sedikitpun. Pasalnya, yang bekerja hanya motor listrik saja. Yap, mirip-mirip dengan mobil listrik pada umumnya, yang nyaris tak bersuara.

Hal serupa juga ditemui ketika kondisi jalanan sedang macet, lalu Anda menginjak pedal gas perlahan, tepatnya di kecepatan rendah 0-40 Km/Jam. Motor listrik akan bekerja penuh untuk menggerakkan rodanya.

>>> Jangan menyalakan AC saat pertama kali mesin dihidupkan, kenapa?

2. Motor Listrik Dan Mesin Bergerak Bersamaan

Barulah ketika memasuki fase lebih dari 40 Km/Jam, motor listrik dan mesin bensinnya bergerak bersamaan. Dalam fase ini, mesin utama akan mendongkrak tenaga ke roda, mendukung kinerja dari motor listrik.

Mesin Toyota C-HR Hybrid akan meningkatkan keiritan bahan bakar dan lebih ramah lingkungan ketimbang mesin konvensional

Mulai dari kecepatan 40 Km/Jam, mesin utama dan motor listrik bekerja bersamaan

Di saat yang bersamaan, pergerakan dari mesin utama akan mengisi daya dari baterai motor listrik. Canggih? Yap, memang inilah kinerja mesin Toyota C-HR Hybrid, tatanan baru bagi mobil masa depan. Barulah pada kecepatan 80-100 Km/Jam, mesin utama dan motor listrik bekerja secara maksimal.

>>> Simak juga daftar lengkap dari seluruh model Toyota

3. Bagaimana Cara Mengisi Daya Baterai Toyota C-HR Hybrid?

Ketika mobil memperlambat laju atau deselerasi, seperti saat melakukan pengereman atau melepas gas, putaran roda akan menjadi penyuplai motor listriknya, disimpan di baterai Hybrid. Jadi, konsepnya sangatlah berbeda dengan mobil listrik yang butuh stasiun pengisian (POM) khusus untuk Charging baterai. Bisa dikatakan, motor listrik Toyota C-HR Hybrid menggunakan metode Self-Charging, dari deselerasi.

Kinerja mesin Hybrid Toyota C-HR mengandalkan motor listrik dan mesin utama, di sisi lain daya baterainya bisa terisi dari deselerasi

Skema lengkap tentang kinerja mesin Hybrid Toyota

Ada momen khusus pula yang penting untuk dijadikan catatan. Jika saat melaju, baterai Hybrid tidak punya simpanan daya, maka mesin utama akan memutar motor listrik (MG1). Nantinya, listrik yang dihasilkan akan digunakan untuk menggerakan roda kembali.

Kelebihan Mesin Hybrid Toyota C-HR

Lewat proses inovatif tersebut, PT. TAM berani mengklaim bahwa Toyota C-HR Hybrid mampu menghemat bahan bakar hingga 62 persen dibanding penggunaan mesin konvensional. Adapun pencapaian positif lainnya terletak pada emisi gas buang, 12 persen menjadi lebih ramah terhadap lingkungan.

>>> Simak juga tips dan trik menarik lainnya hanya di Konsultan Mobil HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengenal Rem Cakram Pada Mobil Toyota Dan Perawatannya

    Mengenal Rem Cakram Pada Mobil Toyota Dan Perawatannya

    Abdul

    Sistem pengereman pada mobil terdapat 2 jenis yakni cakram dan tromol. Untuk rem cakram merupakan beberapa bagian dari unit kampas dan piringan cakram yang terbuat dari baja. Cara kerjanya piringan akan dijepit sehingga putaran roda akan berhenti perlahan. Rem cakram pada mobil masih terbagi jadi 2 sistem yakni hidrolik dan mengandalkan minyak rem.

  • Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Mau Membeli Mobil, Pikirkan Juga Garasinya Guys!

    Fatchur Sag

    Jangan asal punya mobil, Anda juga harus memikirkan garasinya saat berencana membeli mobil baru agar tidak jadi masalah di kemudian hari buat masyarakat umum.

  • Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Mengenal Perbedaan Mesin Hybrid Dan Plug-in Hybrid Pada Mobil Toyota

    Abdul

    Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil ternama yang memasarkan produknya ke berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Bahkan Toyota juga menjadi pionir mobil ramah lingkungan yang terus melakukan inovasi dalam menciptakan mesin yang mempunyai efisiensi cukup tinggi. Seperti misalnya Toyota Prius yang menggunakan mesin Hybrid. Pembahasan kali ini adalah perbedaan mesin Hybrid dan Plug-in Hybrid?