Inilah Fungsi Prosesor Audio Mobil Dan Cara Merawatnya

17/03/2021

Salah satu pabrikan mobil yang terkenal akan produknya yang tangguh dan handal adalah Toyota. Produknya dibekali dengan beragam keunggulan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan untuk para konsumennya. Meskipun begitu, tidak sedikit orang masih melakukan modifikasi dengan memberikan beberapa tambahan, salah satunya adalah prosesor audio. Lantas apa sih sebenarnya fungsi prosesor audio mobil?

Salah satu mobil yang Toyota yang telah mendapatkan sistem audio dengan kualitas premium adalah Toyota All New Fortuner. Namun ada pula yang memberikan tambahan prosesor audio atau dikenal juga dengan sound processor. Jadi dengan mengandalkan fungsi prosesor audio mobil digadang-gadang bisa membuat suara jadi lebih jernih dan kencang.

Beberapa fungsi Prosesor Audio Mobil

Sebelum masuk pembahasan fungsi, audio processor merupakan sebuah alat yang menjadi tambahan untuk melakukan modifikasi dengan tujuan head unit lebih dimaksimalkan. Jadi pada umumnya untuk head unit yang diberikan pabrikan mobil mempunyai pengaturan suara yang standar. Akan tetapi kadang pemilik yang suka akan musik dengan suara yang sangat bagus membuatnya terasa kurang. Oleh sebab itulah supaya lebih merdu dan bisa disesuaikan keinginan maka di pasangkanlah alat tersebut.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil Toyota Fortuner

Prosesor audio merupakan tambahan yang bisa diberikan pada mobil

>>> Baca Juga, Ingin Rawat Layar Audio Touchscreen di Mobil Toyota? Simak Tips Berikut ini

Berikut ini beberapa fungsi prosesor audio  yang bisa dipasangkan pada mobil supaya kualitas audio lebih maksimal.

1. Melakukan Pengolahan Pada Sinyal Suara Yang Dihasilkan

Mengolah sinyal suara menjadi salah satu fungsi utama dari sound processor. Jadi suara yang dihasilkan oleh head unit atau perangkat audio lain akan dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Setelah itu nantinya hasilnya bisa sesuai yang keinginan dan dilanjutkan menuju ke bagian speaker kendaraan yang membuat pengendara bisa menikmatinya.

2. Dapat Mengatur Equalizer dan Time Alignment

Pada saat melakukan pengolahan suara yang berasal dari head unit, terdapat beberapa hal yang akan dilakukan penyesuain. Hal tersebut dilakukan oleh sound processor yang meliputi equalizer dan time alignment. Jadi pada head unit bawaan pabrikan, kedua fungsi tersebut tidak dimiliki. Oleh sebab itulah pemilik mobil melakukan modifikasi dengan menambahkan audio prosesor pada mobilnya.

Adapun fungsi dari time alignment yaitu temu suara akan ditentukan waktunya sehingga dapat sesuai dengan lokasi pengendara yang menjadi pendengar musik di dalam mobil. Sementara untuk equalizer mempunyai fungsi sebagai pengatur pada setiap band frekuensi suara dari head unit secara mendetail. Bahkan para pendengar bisa menyesuaikannya dengan selera masing-masing karena dalam penyetelan suaranya mempunyai 30 band frekuensi.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

gambar ini menunjukkan prosesor Audio mobil warna merah

Terdapat beragam prosesor audio yang dijual di pasaran dengan harga bervariasi

>>> Lihat Juga, Ini Alasan Mengapa Kualitas Audio Veloz Lebih Baik Dari Avanza

17/10/2019

3. Saat Sinyal Masih Flat Akan Diperbaiki

Jadi sinyal flat yang asalnya dari mixer akan dilakukan perbaikan oleh sound processor. Dengan begitu pengendara bisa mendapatkan suara musik yang sesuai dengan keinginan. Dalam proses yang terjadi dalam hal ini adalah pemerataan frekuensinya dan juga frekuensi dilakukan pembagian dengan berdasarkan jenis speaker yang digunakan. Selain itu, adanya pengompresan, penambahan efek suara dan juga dapat mencegah kliping yang berlebih. Alhasil suara yang dihasilkan oleh head unit melalui speaker bisa lebih maksimal sesuai keinginan.

4. Membatasi Suara Dan Memilahnya

Adapun fungsi prosesor audio mobil yang terakhir adalah melakukan pemilahan dan juga membatasi suara yang dihasilkan. Untuk pengolahan bunyi terdiri dari hi, mid dan sound bass. Berkat pemilahan dan juga pembatasan yang dilakukan membuat melodi yang dapat didengarkan oleh pengendara yang berasal dari lagu atau musik saat menyala bisa lebih jelas. Dengan begitu kesan menyenangkan dapat dirasakan oleh pengendara dan penumpang di dalam mobil.

Cara Merawat Prosesor Audio Mobil

Saat seseorang melakukan pemasangan bukan berarti dibiarkan begitu saja. Pemilik mobil perlu melakukan perawatan yang dapat dilakukan dengan beberapa hal di bawah ini:

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pada saat berniat ingin keluar mobil sebaiknya mematikan sistem audio pada kendaraan sebelum mesin dimatikan. Hal tersebut bertujuan supaya tegangan aki yang menuju ke bagian audio tetap stabil. Perawatan selanjutnya adalah pada saat memakai CD sebaiknya menggunakan yang kualitasnya baik dan juga versi originalnya.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan pemasangan prosesor audio mobil

Ada banyak fungsi profesor audio pada mobil dan jangan lupa merawatnya

Dalam merawat sound processor, kebersihan juga perlu diperhatikan. Head unit perlu dilakukan pembersihan dengan mengandalkan kain yang bersih dan juga lembut. Jangan lupakan untuk melakukan bagian yang tidak terlihat seperti di celah-celah yang terdapat pada head unit mobil. Setelah itu volume audio mobil juga perlu diperhatikan, supaya tidak mengalami kerusakan maka jangan mengatur volume melebihi batas maksimal. Yang terakhir dalam perawatan adalah melakukan pembersihan pada bagian optik. Hal tersebut dapat dilakukan 1 atau 2 bulan sekali memakai CD Cleaner dengan tujuan supaya bisa tetap bekerja dengan baik.

Tidak dipungkiri untuk fungsi prosesor audio mobil terbilang cukup menarik. Akan tetapi bila berniat melakukan pemasangan sebaiknya melakukan konsultasi kepada pihak bengkel resmi. Dengan begitu nantinya akan didapatkan sound processor yang cocok dengan head unit kendaraan sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Edisi 50 Tahun Toyota Indonesia, Ini Tampilan Toyota Kijang Innova Limited Edition

    Abdul

    Pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah mobil edisi terbatas pada 9 April 2021. Dimana kehadirannya untuk merayakan Toyota Indonesia yang sudah setengah abad. Melihat usianya tersebut, mobil Toyota Kijang Innova Limited Edition hanya dihadirkan sebanyak 50 unit saja.

  • Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Apa Spesifikasi Oli Mesin Toyota Agya Yang Tepat?

    Abdul

    Toyota Agya masuk dalam segmen Hatchback LCGC. Dimana mobil ini terbilang cukup banyak peminat dan siap digunakan untuk menemani aktivitas keseharian bersama keluarga tercinta. Memang kapasitasnya hanya untuk 5 orang penumpang saja, sehingga ditujukan untuk keluarga dengan anggota 5 orang ke bawah. Disamping hal tersebut, perawatan juga diperlukan seperti mengganti oli mesin Toyota Agya.

  • Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Menarik, Ini Keuntungan Dan Cara Tukar Tambah Melalui Auto2000 Digiroom

    Abdul

    Tukar tambah dikenal juga dengan nama trade-in. Dimana hal ini menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan mobil baru dengan melepas mobil lama yang dimiliki. Di Auto2000 juga terdapat layanan tersebut, sehingga bagi konsumen mobil Toyota bisa mempunyai mobil lama dengan menukar mobil lama yang dimiliki. Apalagi terdapat keuntungan tukar tambah melalui Auto2000 Digiroom.

International