Inilah 3 Jenis Bahan Dasar Cat Mobil Toyota yang Perlu Diketahui

09/06/2018

Tampilan Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Seperti yang diketahui bahwa ketika melihat kendaraan dan menentukan bagus atau tidaknya berawal dari tampilan luarnya. Pada bagian tersebut mempunyai cat bodi yang membutuhkan perawatan supaya kondisinya tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan cairan pengkilap supaya tampilannya lebih menarik. Selain itu, apakah Anda tahu Bahan Dasar cat Mobil yang kerap digunakan?

Jadi setiap kendaraan biasanya menggunakan Bahan Dasar cat Mobil yang berbeda. Seperti antara Mobil pick-up dan juga kendaraan keluarga. dengan perbedaan tersebut memunculkan karakter tersendiri pada setiap kendaraan.

Berikut ini merupakan beberapa Bahan Dasar cat Mobil yang perlu diketahui sebagai tambahan informasi buat para pembaca.

1. Nitro Cellulose

Yang pertama adalah bahan Nitro Cellulose yang pada umumnya digunakan untuk kelas Mobil sederhana seperti truk , pick-up dan kendaraan angkutan lainnya. tentunya bahan dasar cat ini mempunyai kelebihan tersendiri, yakni mempunyai sifat yang instan. Oleh sebab itu dalam melakukan prosesnya tidak membutuhkan waktu lama.

Gambar ini menunjukkan bahan dasar cat Mobil merek Propan dengan jenis Nitro Cellulose

Jenis Nitro Cellulose biasanya digunakan pada Mobil Truk dan Pick up

Cat untuk bahan dasar yang satu ini memang menjadi salah satu favorit dari bengkel umum. akan tetapi terdapat kelemahan yang perlu diketahui, yakni warnanya yang terbilang kurang mengkilap serta cepat pudar. Jadi sebaiknya melakukan pertimbangan yang matang dalam pemilihan cat dasar Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tips dan trik yang bermanfaat lainnya

2. Poly Urethane

Bahan Dasar cat Mobil selanjutnya adalah Poly Urethane. Yang mana untuk satu ini mempunyai harga yang terbilang cukup mahal. Dalam proses pengeringan jika menggunakan bahan dasar Poly Urethane harus dilakukan melalui proses oven. Oleh sebab itu cat bahan dasar ini sering disebut dengan cat oven.

Gambar ini menunjukkan bahan dasar cat mobil merek glossy dengan jenis Poly Urethane

Bahan dasar cat Mobil jenis Poly Urethane mempunyai harga yang cukup mahal dengan kualitas mumpuni

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh Bahan Dasar cat Mobil Poly Urethane adalah mempunyai ketahanan luar bisa dan juga memiliki kilat yang tinggi pula. Selain itu, dengan menggunakannya akan lebih tahan terhadap goresan yang kerap terjadi disekitar tanpa diketahui.

Akan tetapi setiap barang atau benda pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kelemahan yang dimiliki oleh cat bahan dasar Poly Urethane adalah proses pengeringannya. Akan tetapi dengan memasukkannya ke dalam oven maka prosesnya menjadi lebih cepat.

>>> Baca juga, Cara Menemukan Kode Warna Cat pada Mobil Ford yang ditawarkan oleh cintamobil.com

3. Lacquer

Adapun yang terakhir adalah Bahan Dasar cat Mobil Lacquer. Yang mana bahan ini mempunyai harga paling murah dibandingkan 2 bahan di atas. namun kalau bisa menghindari menggunakannya karena jenis cat ini tidaklah awet dibandingkan 2 jenis di atas. bahan dasar cat Lacquer terbilang mudah kusam dan paling lama berkisar satu sampai dua tahun saja.

Gambar ini menunjukkan bahan dasar cat mobil merek Suzuka dengan jenis Lacquer

Bahan dasar cat Mobil jenis Lacquer banyak digunakan bengkel cat umum

Dengan mengetahui 3 bahan dasar cat di atas, tentunya dapat dijadikan referensi dan mengenal tipe karakter cat Mobil. selain itu, ketika akan melakukan pengecatan ulang dapat disesuaikan dengan bahan dasar cat pada Mobil.

>>> Mungkin tertarik, Pilihan Ban Untuk Mobil Toyota Yang Direkomendasikan

Akan tetapi, sebenarnya untuk masalah keawetan dan ketahanan cat Mobil dipengaruhi oleh perawatan dan perlindungan yang dilakukan oleh pemilik Mobil. Meskipun cat yang digunakan memiliki kualitas yang mumpuni, tapi tidak ada perawatan apapun pastinya akan mudah kusam juga. Oleh sebab itu, entah baik atau buruk bahan cat yang digunakan pada Mobil, alangkah baiknya melakukan perawatan dan juga perlindungan supaya tetap mengkilap dan awet.

Demikianlah informasi mengenai Bahan Dasar cat Mobil yang dapat dijadikan referensi dan  tambahan informasi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Ingin beli Mobil bekas dengan harga bagus, kunjungi situs jual beli cintamobil.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Ketahui Mesin Diesel Common Rail Pada Toyota Hilux, Bagaimana Cara Kerjanya?

    Abdul

    Sekarang sudah masuk zaman modern, yang mana teknologi semakin canggih. Begitupun pada mobil yang telah dilengkapi fitur dan mesin modern yang membuatnya bekerja lebih maksimal. Salah satunya adalah mesin diesel common rail pada Toyota Hilux.

  • Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Ingin Membeli Mobil Toyota Fortuner Bekas, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Kecewa

    Abdul

    Fortuner merupakan salah satu mobil besutan Toyota yang masuk dalam segmen SUV. Tampilannya yang tangguh dan gagah membuatnya digemari banyak orang. Apalagi mobil pada segmen tersebut sudah terkenal akan kehandalannya dalam melintasi jalanan segala medan. Nah bagi sobat yang mau membeli mobil Toyota Fortuner bekas, sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Beberapa Penyakit Yang Dapat Mengganggu Ketika Mengemudi Perlu Diwaspadai

    Abdul

    Mengemudi mobil diharapkan dalam kondisi fit supaya perjalanan tetap aman dan nyaman. Bahkan jika sedang terkena penyakit sangat tidak disarankan untuk mengemudi. Apalagi bagi orang yang punya penyakit kambuhan, tentunya lebih baik mencari sopir demi keamanan. Lantas apa saja penyakit yang dapat mengganggu ketika mengemudi?