Ini Rahasianya, Tips Merawat Aki Mobil Langsung Dari Toyota

25/07/2019

Seperti yang kita tahu bersama, aki atau yang dikenal accu merupakan komponen utama dalam mobil. Fungsinya adalah sebagai penyuplai dan penyimpan arus listrik yang nantinya dialirkan ke fitur-fitur mobil. Mulai dari klakson, Power Window hingga panel audio, semuanya bergerak menggunakan listrik. Lantas, bagaimana cara merawatnya? Ini dia tips merawat aki dari Toyota.

Dalam hal kelistrikan, aki mobil tak bekerja sendirian. Alternator hadir sebagai komponen yang menjaga stabilitas tegangan listrik. Menanggapi hal ini, halaman resmi Toyota memaparkan tips merawat aki mobil sehingga dapat lebih awet dan mencegah terjadinya kerusakan.

1. Matikan Komponen Listrik Sebelum Mematikan Mesin

Seringkali para pengguna mobil mematikan mesinnya, tapi posisi audio dan AC hidup. Ini adalah hal sepele dan salah jika terus diterapkan. Mereka yang sering melakukan kesalahan ini umumnya akan merasakan gejala aki tidak kuat menyalakan mesin khususnya di pagi hari.

Mematikan audio mobil sebelum mematikan mesin, mampu mengurangi beban pada aki ketika mesin dihidupkan kembali

Hayo, sahabat semua jangan lagi lupa untuk mematikan audio ya sebelum mematikan mobil

Maka dari itu, pastikan untuk mematikan kelistrikan mobil seperti audio, AC dan lampu, sebelum mematikan mesinnya. Jika ini dilakukan maka aki akan menjadi lebih tahan lama, mengurangi muatan listrik saat mesin dihidupkan kembali.

>>> Waspadalah, Ini Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Wajib Diketahui

2. Mobil Jarang Dipakai? Jangan Lupa Dihidupkan

Banyak anggapan umum bahwa mobil yang jarang dipakai adalah mobil yang punya mesin awet dan memiliki kilometer rendah. Jangan salah dulu, mobil jarang digunakan bukan berarti aktivitas kelistrikan juga mati. Pasalnya, ada komponen kelistrikan yang masih aktif meski posisi mesin mati seperti halnya alarm mobil.

Solusi dari fenomena tersebut adalah menghidupkan mesin minimal 5 – 10 menit setiap 3 hari sekali. Hal ini dilakukan supaya aki dapat terisi alur listrik. Direkomendasikan untuk menjalankannya meski dalam tempo waktu singkat, mengitari komplek perumahan misalnya.

Menghidupkan mesin mobil perlu dilakukan selama 5 - 10 menit, sebelum akhirnya berjalan dan beraktivitas

Jika jarang mengendarai mobil Anda, pastikan untuk selalu memanaskan mesin

>>> Ada rencana untuk ganti mobil baru? Coba simak harga Toyota Avanza di pasaran berikut ini

3. Pantau Level Aki Secara Berkala

Apabila Anda melaju di genangan air terlalu sering, pastikan untuk mengecek level ketinggian aki. Tak melampaui batas atas dan juga tak melewati batas terendah. Apabila aki melewati batas maksimal maka aki akan meluap saat mobil bergerak. Di sisi lain, jika aki berada kurang di batas bawah, itu tandanya aki kering dan akan cepat rusak. Jadi,  pastikan selalu aki berada di ketinggian menengah di antara kedua batas tersebut.

4. Perhatikan Terminal Aki

Aki adalah Liquid yang juga rentan terhadap debu atau kotoran. Jika setelah dicek, aki terlihat keruh, maka bisa dipastikan arus listrik akan menurun performanya. Cara membersihkannya cukup mudah yakni menggunakan sikat kawat dilapisi gemuk supaya melindungi dari potensi karat.

Adapun terminal aki harus dicek dan pastikan tidak kendur. Pasalnya, akan terjadi percikan api jika terkena arus pendek, apabila terminal aki kendur.

>>> Hati-Hati, Jangan Asal, Ini Tips Mengganti Aki Mobil

5. Lakukan Pengecekan Pengikat Aki

Komponen yang harus dicek berikutnya adalah pengikat aki. Apabila pengikat aki tidak lagi kuat, maka air aki bisa bergeser jika mobil bergerak. Jika itu terjadi akan berdampak pada kualitas aki tersebut menjadi tidak awet. Potensi arus pendek pun juga bisa terjadi jika kepala aki bergeser pada permukaan logam.

Mengecek aki mobil penting dilakukan khususnya pada terminal aki, ketinggian batas aki serta pengikat aki

Pastikan untuk mengecek kondisi aki lebih lanjut secara berkala

6. Kasus Langka, Kebocoran Aki

Di antara tips merawat aki di atas, paling langka adalah fenomena kebocoran aki. Namun tak menutup kemungkinan, hal ini bisa terjadi pada kendaraan Anda. Alasannya dikarenakan berbagai faktor seperti pengunaan aki yang tidak berkualitas hingga tertusuk benda tajam. Jikalau di masa depan hal ini terjadi pada Anda, solusinya adalah menggantinya dengan aki baru. Jadi tak perlu khawatir ya sobat.

>>> Simak juga tips dan trik seputar mobil menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Franky Pratama
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International