Ini Perbedaan Toyota Camry Hybrid Dan Standar Dari Karakternya

28/12/2020

Di pasar otomotif Indonesia produsen mobil Toyota sudah menghadirkan mesin hybrid cukup lama. Akan tetapi untuk ketersediaannya hanya diberikan pada kendaraan mewah seperti Camry. Tentunya saat mendengar nama camry akan ada rasa penasaran terkait perbedaan Toyota Camry Hybrid dan Standar.

Toyota Camry versi standar dan hybrid tentu ada perbedaan. Kali ini kami membahas tentang karakter yang dimiliki dilansir dari laman Carmudi. Dari segi fitur tergolong lengkap dan tidak mengalami pengurangan. Sementara dilihat segi tampilan cukup agresif berkat penggunaan platform TNGA. Berikut ini merupakan perbedaan Toyota Camry Hybrid dan Standar.

Gambar ini menunjukkan Toyota Hybrid Standar tampak depan dan samping

Kalau tampilannya sama-sama keren dan menarik

>>> Baca Juga, Sistem Infotainment Ini Bisa Didapatkan pada Head Unit Toyota Camry Anda

1. Perbedaan Di Tarikan Awalnya

Untuk perbedaan awalnya telah diketahui semua yaitu teknologi hybrid yang diberikan. Dengan adanya hal tersebut tentunya ada pengaruhnya yakni pada akselerasi awal yang dimiliki keduanya.

Pada Toyota Camry Hybrid menjadi tipe termahal dari semua varian Camry. Pada saat berada dalam kecepatan rendah Camry Hybrid akan mengandalkan sumber motor listrik, meskipun begitu kadang mesin kadang juga menyala saat putaran rendah jika daya baterai rendah supaya dapat mengisi. Dengan adanya motor listrik maka bahan bakar menjadi lebih irit.

Untuk tarikan awal yang dimiliki versi hybrid terbilang galak dan agresif ketika pedal gas di kickdown. Hal tersebut karena salah satu karakter dari motor listrik yang tenaga puncaknya bisa didapatkan dengan instan. Dengan bodinya terbilang bongsor ketika dalam kondisi jalanan macet mobil ini dapat melakukan akselerasi dengan bantuan motor listrik.

Jadi karakter dari mesin hybrid pada Camry sangat bersahabat walaupun tenaga yang dimiliki cukup galak. Tarikan halus diberikan oleh motor listrik apabila pengendara berniat melaju dengan santai dan kalem.

Selain itu, handling yang dimiliki juga responsif sehingga lincah saat digunakan di jalanan. Menariknya lagi, hal tersebut didukung dengan bantingan suspensi yang terbilang empuk sehingga dapat memberikan kenyamanan selama berkendara.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Hybrid tampak samping dan belakang

Tarikan awalnya lebih maknyus versi hybrid

>>> Lihat Juga, Tips Perawatan Toyota Camry Hybrid Agar Tetap Optimal

2. Tarikan Camry Standar Masih Kalah Dengan Hybrid

Perbedaan Toyota Camry Hybrid dan Standar adalah tarikan yang dimiliki. Jadi jika dibandingkan dengan versi hybrid, untuk varian standar memiliki tarikan yang agak berat. Hal tersebut cukup wajar karena memiliki body yang berat dan besar sehingga saat melakukan akselerasi mesin perlu bekerja lebih keras.

Untuk akselerasi perlahan diisi oleh tenaganya dan saat mobil sudah mulai bergerak maka akan terisi makin cepat pada saat kickdown pada pedal gas. Jadi obil bergerak santai dan deselerasinya juga lebih lembut karena penggunaan mesin konvensional. Selain itu mobil standar dari Camry ini juga tidak ndut-ndutan seperti pada Camry versi hybrid.

Seperti pada tipe V nya, memang dari segi pergerakan masih kalah karena lebih lincah versi hybrid. Namun dengan kemewahan yang diberikan dan kalem saat melakukan akselerasi menunjukkan kenikmatan mengendarai sebuah mobil sedan saloon yang sesungguhnya.

Pada saat melaju dalam kondisi zig-zag untuk Camry tipe V terasa kurang responsif dan agak limbung walaupun untuk menekan pedal gas dilakukan dengan teknik mengayun supaya saat bermanuver mendapatkan tenaga yang lebih. Sementara untuk versi hybridnya sangat lincah ketika melintasinya.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mesin dan baterai pada Toyota Camry Hybrid

Dengan adanya motor listrik tentu versi hybrid lebih hemat BBM

3. Mesin Yang Digunakan

Perbedaan Toyota Camry Hybrid dan Standar adalah mesin yang digunakan. Pada mobil All New Toyota Camry tipe V dan juga G menggunakan mesin 2AR-FE dengan kapasitas 2.494 cc 4 silinder. Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mesin tersebut adalah 183 Ps/6.000 Rpm dan torsi maksimalnya mencapai 23.9 kgm/4.100 Rpm.

Kemudian untuk varian Hybrid menggunakan mesin A25A-FXS yang mempunyai kapasitas silinder 2.487 cc berpadu dengan penggunaan motor elektrik. Dengan menggunakan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 178 Ps/5.700 Rpm dan torsi maksimalnya mencapai 22.5 kgm/3.600-5.200 Rpm, sementara motor listriknya dapat menghasilkan torsi 20.6 kgm.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mengenal Kondensor AC Mobil Toyota, Ini Fungsi Dan Cara Merawatnya

    Mengenal Kondensor AC Mobil Toyota, Ini Fungsi Dan Cara Merawatnya

    Abdul

    Mobil memiliki AC yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan di dalam kabin mobil. Jadi kabin lebih sejuk membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan. Di dalam AC terdapat kondensor AC mobil yang memiliki fungsi penting pada komponen tersebut.

  • Langkah Untuk Mengecek Koil Mobil Injeksi Toyota Dengan Mudah

    Langkah Untuk Mengecek Koil Mobil Injeksi Toyota Dengan Mudah

    Abdul

    Mobil perlu dilakukan pengecekan dan perawatan pada komponennya dengan melakukan servis berkala. Namun sobat juga bisa melakukan pengecekan sendiri di rumah seperti di bagian mesinnya. Pada mobil Injeksi pengecekan juga perlu dilakukan seperti pada bagian koil. Lantas bagaimana cara mengecek koil mobil injeksi Toyota?

  • Beberapa Cara Membersihkan Injektor Mobil Toyota, No 1 Dapat Dilakukan Sendiri

    Beberapa Cara Membersihkan Injektor Mobil Toyota, No 1 Dapat Dilakukan Sendiri

    Abdul

    Injektor merupakan salah satu komponen mobil yang bertugas sebagai alat untuk mengabutkan bahan bakar yang disalurkan ke bagian ruang mesin. Fungsinya terbilang begitu krusial karena menjadi salah satu pemasok bahan bakar. Kinerjanya perlu dipastikan maksimal supaya bisa melakukan tugasnya dengan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah membersihkan injektor mobil Toyota.

International