Ini Dia Produk Cairan Perawat Kompartemen Mesin Agar Selalu Bersih

18/02/2019

Mau tau produk apa saja yang bisa digunakan untuk merawat komponen di dalam mesin sehingga terlihat selalu bersih? Langsung saja cek produk dan cara aplikasinya berikut ini.

Kami bisa yakini, dari area mobil Toyota yang paling sering dibersihkan, area mesin mobil menjadi bagian yang paling luput dari perhatian.

Ada berbagai macam alasan mengapa sektor kompartemen mesin paling luput dari perhatian. Contohnya adalah ketakutan untuk membersihkan area kompartemen mesin karena kemungkinan korsleting, atau karena kemalasan dan lebih sering mempercayakan kebersihan ruang kompartemen mesin kepada teknisi bengkel resmi Toyota di Kota Anda.

Padahal, Anda bisa melakukan perawatan kompartemen mesin tanpa perlu harus ke bengkel resmi. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa produk dan cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan kompartemen mesin.

1. Engine Degreaser

Membersihkan ruang mesin sejujurnya bukanlah perkara sulit, bahkan tergolong praktis. Di supermarket modern, banyak dijual berbagai macam engine degreaser. Mulai dari yang model kaleng bertekanan ataupun model cairan yang tinggal disemprotkan.

Pembersihan ruang mesin menggunakan engine degreaser

Penggunaan engine degreaser bisa membuat ruang mesin lebih kinclong

Untuk model engine degreaser di dalam kaleng bertekanan, Anda lebih dipermudah karena fungsionalnya mirip dengan cat semprot, dimana Anda tinggal menekan tombol dan cairan pun keluar. Ada juga model engine degreaser yang menggunakan botol yang harus ditekan terus menerus untuk mengeluarkan cairan. Oh ya, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan pendukung selain engine degreaser. Contohnya kuas atau sikat gigi, yang digunakan untuk menjangkau celah-celah sempit serta lap secukupnya.

Sebelum memulai, pastikan kondisi mesin mobil dalam kondisi hangat dan tidak panas! Lalu semprotkan cairan engine degreaser pada bagian yang kotor. Diamkan sejenak, bila perlu dibantu dengan kuas atau sikat gigi untuk menjangkau celah sempit. Bila sudah, silahkan bilas menggunakan lap basah.

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

2. Washer fluid

Cairan Washer Fluid

Fungsi Washer Fluid berguna untuk membersihkan kotoran pada kaca depan mobil

Kondisi hujan seperti saat ini tentu membutuhkan washer fluid yang cukup. Jangan sampai disaat Anda ingin membersihkan kaca depan mobil, washer fluid justru tidak keluar. Bisa-bisa kotoran yang tersapu wiper tanpa ada air mengakibatkan kaca baret.

Di pasaran sudah banyak cairan washer fluid yang sudah mengandung detergen dan material khusus khusus. Ada pula yang hanya menjual konsentrat saja, jadi Anda bisa mencampur dengan air di rumah. Jangan lupa pastikan perbandingan antara air dan konsentrat sesuai petunjuk pemakaian.

>>> Ini lho fitur pada Toyota kekinian yang membuat rasa fun to drive semakin mencuat

3. Air Radiator/Radiator Coolant

Penggantian Air Radiator / Radiator Coolant

Pergantian Air Radiator atau Radiator Coolant penting dilakukan per 10 ribu km

Idealnya, setiap pergantian air radiator dilakukan setiap 10 ribu km. Ada baiknya sebelum sampai penggunaan per 10 ribu km, perlu diperhatikan kondisi cairan air radiator atau disebut juga sebagai radiator coolant, apakah masih normal atau sudah berkurang.

Cek juga tabung reservoir apakah posisi radiator coolant sudah di batas aman. Karena, bila luput bisa-bisa mobil jadi overheat yang berakibat pada rusaknya beberapa part internal mesin. Kalau kondisi masih optimal, maka fungsi pendinginan mesin bisa dipastikan tetap optimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

4. Belt Dressing

Penggunaan Belt Dressing untuk fan belt

Merawat fan belt bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan belt dressing

Biasanya setiap pabrikan sudah memperhitungkan kekuatan belt. Namun tak ada salahnya jika Anda melakukan perawatan agar usianya tetap sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan. Caranya bisa dengan menyemprotkan cairan berupa belt dressing.

Bila fan belt mulai mengeluarkan suara berdecit, hal ini biasanya antara puli dan belt tidak bergerak serentak atau biasa disebut selip. Dengan menggunakan belt dressing ini, akan meminimalisir hal tersebut. Selain itu juga, dengan menyemprotkan cairan belt dressing ini mampu menjaga belt dari keausan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Hafizh Fauzan
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca