Ini Dia Komponen Kaki-Kaki Mobil Toyota Perlu Diperiksa Berkala

06/07/2020

Mobil terdiri dari banyak komponen yang mempunyai peran masing-masing. Memang semuanya membutuhkan perhatian, namun yang kami bahas kali ini adalah kaki-kaki mobil Toyota. Jadi terdapat beberapa komponen yang perlu diperiksa secara berkala.

Pemeriksaan pada komponen kaki-kaki mobil yang kita bahas kali ini menjadi sangat penting apabila kendaraan yang digunakan mempunyai jam terbang yang tinggi atau sudah berumur. Jadi seiring pemakaian maka fungsinya dapat mengalami penurunan sehingga kinerjanya kurang maksimal.

Di bagian ini juga kerap mendapatkan tekanan sehingga saat mengalami masalah maka bisa membuat kenyamanan jadi berkurang. Tidak hanya itu saja, pengaruhnya juga terdapat pada keselamatan berkendara. Bila mengabaikan saat ada masalah di bagian ini maka bisa berpotensi menular ke bagian lain kendaraan.

Berikut ini merupakan beberapa komponen kaki-kaki mobil Toyota yang perlu diperiksa secara berkala :

1. Bushing Arm

Gambar ini menunjukkan bushing arm  mobil dalm kondisi dilepas

Bushing arm meredam getaran pada sambungan antar komponen

Adapun komponen pertama yang kita bahas kali ini adalah bushing arm. Fungsinya adalah untuk meredam getaran di bagian sambungan diantara komponen yang terdapat pada kaki-kaki mobil. Untuk bentuknya berupa selongsong besi yang dibantu oleh karet. Bagian ini dijadikan sebagai lengan pencengkeram roda dan titik tumpu roda mobil.

Apabila bagian ini mengalami masalah maka bisa membuat kenyamanan mobil saat dikendarai akan berkurang. Bahkan bisa juga membuat suara berisik yang mengganggu saat mobil digunakan. Dalam melakukan pemeriksaan cukup mengamati laju kendaraan ketika digunakan. Apabila melenceng ke kiri maupun ke kanan maka bisa menjadi tanda bahwa terjadi masalah pada bushing arm.

>>> Ini Alasan Mengapa New Toyota Avanza Lebih Kedap Dari Pendahulunya

2. Bearing

Gambar ini menunjukkan tromol mobil sedang ditarik bearingnya

Bearing bermsalah membuat kenyamanan mobil terganggu

Bearing mempunyai fungsi menjadi bantalan roda dan pengaruhnya pada putaran roda mobil. Hubungan komponen ini juga terhadap kestabilan kendaraan. Bahkan bisa disebutkan bahwa bearing menjadi bagian penting pada roda mobil. Untuk mengetahui kerusakan perlu memperhatikan satu persatu putaran roda mobil. Hal ini dapat dilakukan dengan mendongkrak kendaraan dan memutar roda satu-satu. Bila saat diputar suara gemuruh muncul maka menandakan bahwa bearing mengalami masalah.

>>> Dapatkan harga mobil merek Toyota terbaru dan ter-update disini

3. Shockbreaker

Gambar ini menunjukkan bagian bawah kendaraan dan tampak ban dan shockbreakernya

Shockbreaker meredam getaran pada kendaraan

Komponen kaki-kaki mobil Toyota selanjutnya yang perlu dilakukan perawatan berkala adalah shockbreaker. Fungsinya sebagai peredam saat terjadi guncangan. Bila bagian ini mengalami masalah maka mobil jadi kurang stabil dan mengganggu kenyamanan kendaraan. Penurunan redaman shockbreaker juga bisa disebabkan karena usia pemakaian yang sudah lama. Sehingga akan merasakan limbung ketika mobil melaju dalam kecepatan yang tinggi.

Dalam mengetahui masalah di bagian ini bisa dengan mendengarkan apakah ada suara bising atau tidak saat mobil melaju. Bahkan jika shockbreaker bermasalah juga bisa membuat pengendara merasakan limbung terutama ketika dalam kecepatan tinggi.

>>> Dapatkan berbagai review Toyota sebelum beli mobil baru impian Anda

4. Ban

Gambar ini menunjukkan roda  pada mobil warna putih

Selain keausan ban mobil, tekanan angin juga perlu diperhatikan

Ban mobil juga menjadi salah satu bagian kendaraan yang mendapatkan pengaruh ketika usia kendaraan sudah lama dan juga saat digunakan untuk perjalanan jauh. Hal tersebut disebabkan bagian ini langsung bergesekan dengan aspal jalanan. Bahkan bagian ban mobil juga menjadi komponen yang melakukan kinerja paling keras.

Untuk perawatan dapat dilakukan dengan melakukan rotasi ban mobil. Hal tersebut bisa membuat ban mobil lebih awet dan laju kendaraan juga lebih nyaman. Apabila ban mengalami keausan hanya sebagian maka menandakan bahwa ada masalah di bagian komponen kaki-kaki mobil Toyota.

>>> Ikuti terus tips seputar otomotif menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Odometer Tinggi, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Performa Mobil Toyota

    Abdul

    Pada saat odometer tinggi memungkinkan mobil berpotensi kerusakan dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itulah pemilik perlu lebih waspada, yang terpenting adalah melakukan perawatan secara berkala dengan tertib.

  • Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Beberapa Alasan Mobil SUV Toyota Digemari Di Indonesia

    Abdul

    Mobil SUV menjadi salah satu segmen yang cukup digemari di Indonesia, begitupun untuk besutan Toyota. Kenapa bisa begitu? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa alasan mobil SUV Toyota digemari di Indonesia.

  • Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Ketahui Beberapa Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard

    Abdul

    Seiring berjalannya waktu permintaan mobil premium semakin meningkat. Saat ini mobil premium tidak hanya didominasi oleh mobil tipe sedan. Untuk menunjang jumlah penumpang yang lebih banyak, tak sedikit pabrikan meluncurkan kabin mobil yang lebih lapang, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan untuk segmentasi mobil premium. Kali ini pembahasan mengenai Perbedaan Toyota Vellfire vs Alphard.

International