Ini Dia Kegunaan Spion Tanduk Pada Toyota Rush Lama

11/04/2019

Spion tanduk bukan hanya untuk gagah-gagahan semata, namun juga ada kegunaannya. Ini dia kegunaan spion tanduk pada Toyota Rush lama yang tidak lagi Anda temui di All New Toyota Rush

Apa sih sebenarnya fungsi dan kegunaan spion tanduk pada SUV seperti Toyota Rush lawas? Spion ini biasannya diletakkan pada ujung kiri kap mesin serta begitu menonjol kearah luar dan menghadap kebawah. Pada All New Toyota Rush sudah tidak ada lagi spion seperti ini. Lalu sebenarnya apa sih fungsi dan juga kegunaan spion tanduk pada Toyota Rush lawas? Enggak jarang juga pemilik mobil yang mencopot spion ini karena dinilai merusak estetika mobil, padahal spion tanduk ini amat sangat berguna bagi Anda apalagi jika Anda mengendarai Toyota Rush lama.

>>> Enggak perlu ribet, ini cara merawat lampu kabut Toyota Anda

Tampak Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo 7 2016

Toyota Rush sebelum generasi All New Rush masih mengadopsi spion tanduk

Ternyata, spion tanduk pada Toyota Rush berfungsi untuk mengetahui posisi ban depan sebelah kiri, karena pada saat parkir, blind spot yang paling besar ada pada ban depan sebelah kiri tersebut. Dengan adanya spion tanduk, ban dapat terhindar dari menginjak batu, atau bahkan masuk ke selokan atau kubangan. Tentu repot sekali dong, jika Anda enggak sengaja masuk selokan akibat tidak dapat memprediksi letak ban depan secara presisi. Cara ini memang unik dan oldskool, namun demikian, kami dari Hargatoyota.com lebih suka dengan cara seperti ini dibandingkan kamera 360 atau bird view yang ketika rusak akan mahal sekali dalam memperbaikinya.

>>> Nih, cara mudah merawat mobil Toyota versi Auto2000

Tampak Ban dan pelek Toyota Rush G 2015

Dengan adanya spion tanduk, Anda dapat lebih mudah memprediksi bagian ban depan kiri secara presisi

Kegunaan tambahan spion tanduk pada Toyota Rush ini adalah dapat digunakan sebagai patokan Anda melihat posisi paling kiri dari mobil, karena biasanya spion tanduk itu diletakkan pada ujung paling luar mobil. Sehingga jika Anda kebutulan hendak berpapasan digang sempit atau jalan yang ukurannya mini, Anda tidak perlu takut bodi mobil Anda akan menggesek sehingga baret atau bahkan penyok, karena ketika tembok atau benda lain bersentuhan di bodi paling kiri mobil Anda, area pertama yang bergesekan adalah tangkai spion tanduk tersebut. Sayangnya, pada All New Toyota Rush, fitur ini tidak disematkan lagi. Karena selain tidak sesuai dengan bentuk bodi, juga ternyata spion tanduk ini tidak ramah terhadap pedestrian atau pejalan kaki. So, kalau Anda punya Toyota Rush lama, jangan copot spion tanduknya ya.

>>> Jangan lupa tips terlengkap dari konsultan mobil hanya di situs HargaToyota.com

Arfian Alamsyah
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Freon AC Mobil Toyota Sudah Habis atau Belum? Begini Cara Mengeceknya

    Padli Nurdin

    Sebagai salah satu komponen paling disukai di daerah perkotaan seperti Jakarta yang panasnya seringkali mendidih, AC mobil adalah kebutuhan paling penting bagi sebagian besar orang. Namun jika kesejukan mobil berkurang, bisa jadi freon AC mobil Toyota Anda mulai menipis.

  • Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Banyak Cara Buat Punya Mobil, Ini Kelebihan Membeli Mobil Bekas di Diler

    Fatchur Sag

    Mobil bekas memang tak sempurna seperti mobil baru. Meski demikian Anda tak perlu risau sebab Anda masih bisa mendapatkan mobil-mobil bekas berkualitas baik dari penjual individu maupun di diler. Berbicara soal kelebihan dan kekurangan sudah pasti ada, yang penting harus berhati-hati saat menentukan pilihan. Lalu apa kelebihan membeli mobil bekas di diler?

  • Ternyata Merawat AC Mobil Toyota Bisa Buat Bahan Bakar Lebih Hemat

    Ternyata Merawat AC Mobil Toyota Bisa Buat Bahan Bakar Lebih Hemat

    Abdul

    Mempunyai kendaraan yang hemat bahan bakar tentu banyak diinginkan banyak orang. Namun dalam hal ini pihak produsen telah memperhitungkannya sehingga sudah sesuai dengan yang diatur. Akan tetapi dari pihak pemilik bisa membuat lebih hemat bahan bakar dengan melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan perilaku berkendara. Salah satunya adalah dengan merawat AC mobil.