Ini Dia Caranya Merawat Panel Interior Agar Terlihat Bersih dan Mengkilap

21/05/2019

Untuk bisa merawat panel interior mobil Toyota dengan baik dan benar ternyata tidak sulit, dan inilah cara-caranya.

Ruang interior mobil pasti memerlukan kebersihan khusus dibandingkan eksterior mobil. Selain berkaitan dengan kenyamanan selama perjalanan, area interior yang bersih juga menunjang kesehatan penumpang selama berada di dalam mobil.
 
Nah salah satu area interior yang perlu diperhatikan ialah pada area panel, lebih khusus pada area panel dasbor, door trim, kisi-kisi AC, hingga panel pada setir. Jika mengacu pada line-up mobil Toyota di kisaran harga 300 juta ke bawah masih menggunakan material plastik, namun di atas harga tersebut seringkali sudah diberikan sentuhan material kulit dan kayu yang menambah kemewahan di dalam kabin.

Contoh dashboard dengan noda kotor

Noda kotoran di dashboard jika membandel bisa merusak estetika dan kebersihan kabin 

 
Hanya saja tidak selamanya material panel interior bersih dari debu dan kotoran. Selain karena tidak terlihat jelas, seringkali bermunculan kotoran di panel interior yang disebabkan lemak sidik jari, dan tak jarang karena terkena cairan minuman atau material kotor lainnya. Jika panel interior tidak dirawat, tidak menutup kemungkinan kondisi panel akan kusam dan terlihat kotor.
Memang seberapa baik rentang waktu yang dibutuhkan untuk setiap pembersihan panel interior. Faktanya untuk pembersihan panel interior sangat direkomendasikan per sebulan sekali agar kebersihan bisa selalu terjaga prima. Dan Anda sebagai pemilik mobil Toyota bisa melakukan perawatan panel interior dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Pembersih jok dengan leather cleaner

 Perawatan jok kulit menggunakan leather cleaner 

Apabila panel interior menggunakan material kulit dan kayu, bentuk perawatannya bisa berbeda. Pada material kulit diperlukan produk pembersih leather cleaner dengan konsentrasi kimia rendah, atau bisa di substitusi menggunakan sabun bayi. Sedangkan pada wood panel, direkomendasikan menggunakan spray wax dan compound halus, agar permukaan wood panel tetap aman dan terlihat mengkilap. Terus apakah perawatan panel interior menggunakan material plastik lebih mudah? Jawabannya tepat, karena cara perawatannya cukup menggunakan lap microfiber yang lembap, kemudian dibersihkan lagi oleh lap microfiber kering. 

Pembersih kisi-kisi ac dengan cotton bud

 Perawatan kebersihan kisi-kisi ac dengan cotton bud

>>> Review mobil Toyota terlengkap dan terupdate hanya ada di sini

Panel lainnya yang tak kalah penting adalah kisi-kisi AC. Jika diperhatikan sekilas, kisi-kisi AC terlihat bersih. Padahal kotoran maupun debu sering hinggap. Silakan usap pakai jemari Anda. Jika tertimbun kotoran atau debu, segera bersihkan. Agar menjangkau bagian yang sulit, gunakan cotton bud untuk membersihkannya. Proses pembersihan kisi-kisi AC membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Namun, jika kondisi cukup parah dengan kotoran dan debu bisa sampai 30 menit.
Tak hanya itu saja, perhatikan juga lokasi cup holder. Baik di center cluster atau pun doortrim. Anda bisa gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu pada permukaan cup holder. Selebihnya, perawatan bisa dilakukan dengan menggunakan all purpose cleaner. Jika Anda menggunakan parfum mobil, usahakan meletakkan dengan sempurna. Jangan sampai cairan dari parfum mengenai panel tersebut. Karena bisa membuat noda dan bercak yang membandel. Jika tumpah, solusinya segera lap pakai lap basah dan lanjutkan proses pengeringan secara sempurna dengan lap kering.  

Cara membersihkan setir dengan lap

Perawatan setir mobil bisa dilakukan dengan menggunakan lap

>>> Tips Mudik Ala Toyota, Membawa Banyak Barang Bawaan Di Dalam Bagasi

Terakhir adalah bagian setir. Perawatannya pun tak jauh beda. Bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit, cukup cairan pembersih interior, lap chamois, lap microfiber dan juga alat pembersih untuk sela-sela yang sulit dijangkau oleh lap. 

Tahap pertama tentu saja bersihkan lingkar kemudi dengan lap chamois yang sudah dibersihkan dengan air terlebih dahulu. Lap semua sisi setir hingga debu hilang dari lingkar kemudi. Sementara bagian-bagian yang sulit dijangkau bisa gunakan alat khusus yang biasa digunakan untuk membersihkan kisi-kisi. Bersihkan juga debu-debu yang menempel di sekitar emblem.

>>> Mulai tertarik nih sama mobil-mobil Toyota? Coba simak harga selengkapnya di sini yuk

Hafizh Fauzan
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Mobil SUV Keren Toyota Rush 2019, Apa Yang Berubah?

    Abdul

    Di Indonesia pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) sudah dimulai sejak tahun 1980. Hanya saja untuk Toyota Rush dihadirkan pertama kali pada tahun 2006. Sampai saat ini sudah dilakukan beberapa pembaruan sehingga tampil semakin modern dan juga menarik. Lantas apa yang baru pada Toyota Rush 2019?

  • Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Servis Berkala 1 Bulan Pertama Di Bengkel Resmi Toyota Pentingkah?, Ini Alasannya

    Abdul

    Membeli mobil baru memang sesuatu yang membanggakan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti servis berkala 1 bulan pertama. Kadang muncul sebuah pertanyaan mengenai hal tersebut, mobil baru kenapa harus servis di bulan pertama?

  • Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Utamakan Keselamatan, Begini Tips Menghindari Pohon Tumbang Saat Musim Hujan

    Abdul

    Memasuki musim hujan tentu akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada saat kondisi tersebut akan ada potensi yang bisa membahayakan seperti pohon yang tumbang atau objek lain yang ukurannya besar. Apalagi kondisinya dibarengi dengan angin yang kencang, maka resikonya jadi semakin tinggi. Bagi pengendara mobil sebaiknya menghindari pohon tumbang untuk keamanan.