Ini Dia Caranya Memahami Kode Aki Mobil Toyota Anda

18/03/2019

Dengan memahami kode tertera di aki mobil, membuat Anda lebih bisa merawat sekaligus menjaga usia aki mobil lebih lama.

Aki mobil pada dasarnya berfungsi sebagai sumber kelistrikan di dalam mobil. Biasanya ada tiga jenis utama yang digunakan, yakni aki jenis kering, aki jenis basah, dan aki jenis hybrid. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi tetap diperlukan perawatan yang baik agar kualitas aki tetap terjaga baik. 

Pentingnya perawatan aki
Masa usia pakai aki mobil Toyota bisa diperpanjang jika dirawat secara rutin di bengkel resmi

>>> Baca Juga: Ingin Memperpanjang Umur Aki Mobil, Begini Caranya!

Sayangnya dalam beberapa kasus, aki tidak mengalami perawatan yang sebaiknya sehingga sering memicu mobil mogok. Belum lagi jika pengguna mobil Toyota main pasang aksesori yang  menggunakan banyak beban listrik, ini juga bisa mempengaruhi masa umur aki jadi berkurang.

Nah salah satu cara untuk merawat aki adalah dengan memahami terlebih dahulu standarisasi penamaan aki. Secara garis besar, ada dua versi standarisasi penamaan aki, yakni standar Jepang atau JIS (Japanese Industrial Standards) dan Jerman dengan DIN (Deutsches Institut fur Normung). 

Aki untuk mobil Jepang seperti Toyota biasanya ditandai dengan kombinasi huruf dan angka, misalnya NS60. Sedangkan aki mobil Eropa hanya ditandai dengan angka saja, misalnya 54533.

Informasi Kode Aki Mobil Toyota
Setiap aki mobil Toyota memiliki kode sesuai standar JIS

>>> Cari tempat terpercaya untuk membeli mobil bekas dan baru buatan Toyota? Jangan ragu klik di sini

Bicara soal standarisasi JIS, biasanya banyak yang mengira angka pada kode aki menunjukkan besarnya daya aki. Jika ditelaah lebih jauh masih banyak kode yang mewakili informasi besarnya daya pada aki.  Apabila sampai salah menerka, bisa-bisa aki mobil menjadi over charge karena menggunakan aki yang kekecilan, atau malah kekurangan daya pasok listrik jika menggunakan aki yang mempunyai daya yang besar karena altenator yang masih standar. 

Untuk membacanya, coba kita mulai dari kode yang mudah. Misalnya N40, artinya aki mobil ini mempunyai daya 40 Ah. Lalu ada  NS40,huruf S disini menunjukan pengurangan daya jadi sekitar 32 Ah, sehingga dari bentuk ukurannya lebih kecil. Dan yang terakhir NS40Z, huruf Z dibelakang menunjukan penambahan daya dari dari huruf S, jadi totalnya 35 Ah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat penjelasan dibawah ini. 

Contoh jenis aki NS40ZL

Ilustrasi aki dengan kode NS40ZL

Contoh AKI : NS40ZL

  • N : Huruf N di awal kode menunjukkan bahwa aki ini diperuntukkan untuk mobil Jepang.

  • S : Huruf S yang pertama menunjukan adanya pengurangan daya aki sekitar 20% dari daya utama aki.

  • 40 : Angka ini menunjukan daya utama aki (Ah)

  • Z : huruf Z ini menunjukan penambahan daya sekitar 20% setelah dikurangi daya  pada S yang pertama

  • L : Huruf L disini menunjukan posisi kepala aki. Cara lihatnya, bila aki mobil menghadap kita maka untuk seri L kepala positif berada di sisi kanan, bila tidak ada huruf L atau polos, berarti yang positif ada disebelah kiri. 

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Hafizh
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

International