Ini Alasan Pintu Geser Toyota Sienta Bisa Menutup Sendiri

06/02/2019

Mungkin bagi Anda pemilik Toyota Sienta dibawah tipe V, tepatnya tipe E dan G pernah berpikir mengapa pintu geser mobil Anda dapat menutup sendiri dengan rapat ketika tuas pintu luar kendaraan ditarik. Ternyata ini alasannya.

Pintu geser elektrik merupakan fitur yang diberikan oleh PT Toyota Astra Motor terhadap Toyota Sienta di Indonesia. Fitur ini sudah dapat dinikmati dari Toyota Sienta tipe G (kiri belakang saja), hingga tipe V dan Q yang mendapat fitur pintu geser elektrik dilengkapi dengan motor elektronik untuk menggerakkan kedua pintu belakangnya.

>>> Ini dia alasan Toyota Sienta disukai oleh mamah muda

Tampak tombol pintu geser elektrik Toyota Sienta

Tombol pintu geser elektrik untuk pintu kanan dan kiri hanya tersedia di Toyota Sienta tipe V dan Q

Namun uniknya, meski tidak digerakan lewat motor power sliding door untuk Toyota Sienta tipe G dan E, dengan hanya bermodalkan sedikit sentuhan pada tuas pintu luar, pintu geser mobil Toyota Sienta tipe G dan E Anda dapat tertutup dengan rapat serta sempurna. Mengapa demikian?

>>> Ini cara mudah merawat pintu geser Toyota Sienta

Tampak Pintu geser elektrik Toyota Sienta sangat memudahkan Anda

Pintu geser elektrik pada Toyota Sienta akan memudahkan Anda

Jawabannya adalah karena desain dari rel pintu geser belakang pada Toyota Sienta. Dari awal desainnya mobil ini di Jepang sana (karena Toyota Sienta memang sangat laris di Jepang), sudah mendesain rel pintu geser lebih miring beberapa derajat ke bagian bawah.

>>> Ini dia kelebihan dan kekurangan Toyota Nav1 yang merupakan kakaknya Toyota Sienta

Tampak Rel pada pintu geser Toyota Sienta

Rel bagian bawah pada Toyota Sienta tidak dirancang miring seperti rel pada bagian tengah pintu

Meski desain kemiringan rel pintu geser ini tidak curam, namun dengan bobot pintu yang lumayan berat, akan menghasilkan gaya tarik meski kecil, alhasil pintu dapat tertutup sempurna hanya dengan satu sentuhan, tidak perlu ditarik atau digeser menggunakan tenaga sama sekali.

>>> Ini dia kelebihan utama All New Toyota Camry 2019

Tenryata Juga terdapat fitur vakum pintu pada Toyota Sienta

Vakum pintu pada masing-masing pintu geser tengah menjamin semua pintu tertutup rapat

Apalagi di Toyota Sienta terdapat fitur vakum pintu yang menjadi standar di semua tipe, fitur ini memiliki kemampuan menarik pintu ke posisi tertutup rapat. Fitur vakum pintu ini bukan hanya mempermudah hidup Anda, namun juga berguna sebagai peranti safety, karena hampir sulit untuk pintu dengan sengaja tidak tertutup rapat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Arfian Alamsyah
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca