Ingin Rawat Layar Audio Touchscreen di Mobil Toyota? Simak Tips Berikut ini

29/10/2019

Salah satu penyakit umum yang membuat audio touchscreen terlihat kotor ialah sidik jari dan debu. Lalu bagaimana caranya agar komponen fitur hiburan di mobil Toyota ini tetap bersih?

Sistem audio mobil saat ini bisa dikatakan semakin modern. Seperti pada mobil Toyota, untuk mobil seperti Toyota Yaris saja sudah menggunakan audio dengan touchscreen dan memiliki konektifitas canggih. 

Meski demikian, terkadang layar sentuh pada sistem audio bisa menjadi tempat besemayam debu dan sidik jari. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini tidak menjadi masalah. Tapi di sisi lain, hal ini bisa mengganggu estetika dan memberikan kondisi kabin menjadi lebih kotor.

Kondisi Layar Touchscreen Toyota Yaris yang masih terdapat sidik jari

Kondisi head unit touchscreen bisa kotor akibat sidik jari dan debu

>>> Ingin membeli mobil terbaru? Baca review mobil terbaru di sini

Jika Anda merasa kondisi audio touchscreen kotor mengganggu Anda saat berkendara, berikut kami tawarkan tips untuk menghilangkan bekas sidik jari sekaligus merawat layar head unit touchscreen.

Salah satu cara mudah membersihkan layar touchscreen audio adalah menggunakan lap microfiber. Meski demikian, sering ditemukan adanya sisa-sisa kotoran yang masih menempel, terutama debu yang terselip di bagian ujung-ujung layar monitor.

alat pembersih layar Cleaning Screen Kit

Alat pembersih Screen Cleaning Kit

>>> Baca Juga, Berbeda Dengan Transmisi Matic Biasa, Ini Dia Cara Merawat Transmisi CVT Toyota Anda

Jika dirasa hal ini belum cukup, Anda masih bisa memanfaatkan produk Screen Cleaning Kit yang tersedia di toko home appliance atau di situs jual beli produk e-commerce. Dalam produk tersebut, terdapat cairan cleaning solution, cleaning brush, lap microfiber serta pouch untuk menyimpan semua barang di atas ketika selesai digunakan.

Fungsi Cleaning Brush adalah membersihkan debu di audio touchscreen. Kemudian semprot cairan Cleaning Solution ke layar monitor. Sebisa mungkin jarak antara layar monitor tidak terlalu dekat saat Anda menyemprot cairan. Setidaknya beri jarak 15 cm agar semprotannya bisa merata. Semprotkan cairan tersebut hingga merata ke seluruh bagian monitor dan diamkan sejenak.

simulasi pembersihan layar touchscreen menggunakan lap microfiber

Lap microfiber bertugas mengangkat cairan dari Screen Cleaner kit

Selanjutnya, lipat lap microfiber jadi beberapa bagian kecil. Hal ini berguna agar tidak semua lapisan lap menjadi basah. Usap lap hingga merata dan cairan mulai mengering. Tahap selanjutnya, gunakan sisi lain dari lap yang masih kering. Lalu usap kembali ke layar monitor. Tahapan ini bisa diulang kembali jika sidik jari masih tersisa di layar monitor.

>>> Simak juga tips dan trik seputar mobil menarik lainnya hanya di HargaToyota.com

Hafizh Fauzan
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca