Ingin Pasang Peredam Suara Mobil? Ketahui Kelebihan Dan kekurangannya Lebih Dulu

11/10/2018

Setiap masalah ada solusinya, hal ini juga berlaku pada kabin mobil yang terasa bising. Solusinya adalah dengan memasang peredam suara mobil supaya lebih hening dan senyap. Kebisingan dalam kabin mobil dapat mengganggu kenyamanan berkendara, sehingga hal ini perlu mendapatkan perhatian. Banyak pemilik mobil yang melakukannya dikarenakan untuk menjadikan suara audio di dalam mobil menjadi lebih mantap.

Untuk memasang peredam suara mobil dapat dilakukan dengan harga cukup terjangkau. Akan tetapi yang perlu diketahui adalah kelebihan dan juga kekurangan yang didapat saat memasang peredam pada mobil.

Gambar ini menunjukkan beberapa lembar peredam aspal automat yang ditumpuk

Untuk memasang peredam membutuhkan biaya yang cukup terjangkau

Para pemilik kendaraan biasanya memasang peredam dengan menggunakan bahan yang padat dan mempunyai jenis aspal. Apalagi bahan jenis ini mempunyai harga cukup terjangkau dan untuk memasangnya juga terbilang mudah. Jadi salah satu kelebihan yang dimiliki peredam suara jenis ini adalah mudah dipasang. Dari segi bentuk berupa lembaran yang terdapat perekat atau lem sehingga mudah untuk ditempel di bagian dinding ataupun lantai kabin mobil. Apalagi saat sudah menempel peredam tidak akan bergeser atau bergerak karena telah menempel dengan kuat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil Toyota terbaru

Untuk melakukan pemasangan diharapkan untuk teliti, dengan begitu akan terlihat rapi dan hasil maksimal. Jadi setelah ditempelkan pada dinding ataupun lantai, barulah sobat bisa melapisinya dengan karpet untuk menutupinya. Peredam bahan aspal ini digunakan sebagai pelapis dasar dan dapat menjadikan suara audio di dalam kabin menjadi lebih jelas dan suara dari luar mobil akan diminimalisir.

Gambar ini menunjukkan peredam jenis aspal dipasangkan pada pintu Mobil

Dengan menambahkan peredam dapat membuat kabin mobil lebih hening

>>> Lihat juga, Mengenal Jenis Freon AC Mobil Yang Penting pada Sistem Pendinginan Kabin Mobil

Memang beberapa keuntungan didapatkan dengan memasang peredam suara mobil. Akan tetapi perlu diperhatikan pula kekurangannya. Jangan sampai karena tidak tahu menjadi kecewa setelah usai dipasang. Kekurangan yang didapat seperti menambah bobot mobil. Jadi 1 lembar aspal mempunyai ketebalan 2 mm dengan berat mencapai 2 kg. Tinggal pemakaiannya berapa lembar, apabila 1 pintu memakai 3 lembar aspal maka 4 pintu 12 lembar dan bobot menjadi 24 kg untuk peredam pintu saja. Belum lagi jika pada memasang peredam lantai dan firewall, tentu bobot menjadi bertambah sampai 30 kg.

Apabila beban bertambah membuat kinerja mesin kendaraan menjadi lebih berat, dengan begitu akan ada efek sampingnya. Meskipun tidak terlalu banyak, namun konsumsi bahan bakar menjadi lebih dibandingkan dengan sebelum memasang peredam.

Beberapa masalah memasang peredam suara mobil yang banyak dikhawatirkan oleh pemilik kendaraan adalah hilangnya garansi mobil. Padahal jika dilihat, pemasangannya tidak  terlalu memiliki pengaruh karena tidak ada perubahan pada bagian mesin, sistem kelistrikan dan juga bodi mobil. Jadi pemasangan ini sifatnya menambahkan bukan modifikasi.

>>> Baca juga, Langkah Mudah Memasang Peredam Jenis Aspal Pada Mobil Toyota Yang Bisa Dicoba

Gambar ini menunjukkan lantai depan mobil yang diberi peredam

Pemasangan peredam jenis aspal dapat menambah bobot kendaraan

Sebagai tambahan informasi, untuk harga peredam aspal ini dijual lembaran. Yang mana untuk harganya sekitar 100 ribu sampai 200 ribuan. Selain itu kadang ada pula toko yang memberikan diskon saat membeli dalam jumlah tertentu. Tidak hanya itu saja, ada juga toko yang memberikan bonus pemasangan tanpa dipungut biaya hanya membayar jumlah lembaran aspalnya saja. Pilihlah toko penjual yang terpercaya dan telah memiliki reputasi yang baik. Sobat juga bisa menanyakan diskon atau potongan ketika berniat melakukan pemasangan.

Melihat hal tersebut, tinggal sobat berniat memasang atau tidak. Pertimbangkan segala sesuatunya supaya tidak ada kekecewaan di kemudian hari. Demikianlah informasi mengenai memasang peredam suara mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik Toyota lainnya

Abdul
 
Berita sama topik

Mungkin Anda ingin baca

  • Berniat Membeli Toyota Vios Eks Taksi, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!

    Berniat Membeli Toyota Vios Eks Taksi, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu!

    Abdul

    Mobil bekas bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki sebuah kendaraan dengan budget pas-pasan. Sobat bisa mengunjungi showroom mobil bekas untuk bisa memboyong salah satu kendaraan second ataupun membeli Toyota Vios eks taksi yang umumnya dijual oleh blue bird.

  • Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Solusi Untuk AC Toyota Calya Yang Tidak Sampai Baris Belakang

    Abdul

    Toyota Calya merupakan mobil LCGC yang irit bahan bakar dan juga terkenal akan ramah lingkungan. Selain itu harganya yang terjangkau membuatnya banyak diminati. Fitur di dalamnya memang terbatas, seperti AC yang tidak terlalu terasa untuk penumpang baris kedua dan juga ketiga. Akan tetapi jangan risau, terdapat solusi untuk mengatasi AC Toyota Calya yang tidak sampai baris belakang.

  • Begini Cara Mengaktifkan Fitur Panic Mode Toyota Calya Untuk Mencegah Pencurian

    Begini Cara Mengaktifkan Fitur Panic Mode Toyota Calya Untuk Mencegah Pencurian

    Abdul

    Salah satu segmen mobil yang banyak digemari oleh masyarakat adalah LCGC. Yang mana segmen ini terkenal akan keiritan bahan bakar dan juga ramah lingkungan. Daya tampung yang dimiliki juga cukup banyak yaitu 7 penumpang. Toyota Calya misalnya yang telah disematkan beberapa fitur menarik di dalamnya. Seperti fitur panic mode Toyota Calya yang berguna untuk mencegah pencurian kendaraan.